October 16, 2019

Startup Crowdfunding BenihBaik.com Dorong Masyarakat Berbagi Kebaikan ke Sesama

Penulis: Iwan RS
Startup Crowdfunding BenihBaik.com Dorong Masyarakat Berbagi Kebaikan ke Sesama  

Mobitekno – Crowdfunding atau platform penggalangan dana dapat menjadi salah satu solusi efektif untuk meluncurkan bisnis startup atau misi-misi lainnya yang berjenis nirlaba.

Salah satunya adalah platform baru Benihbaik.com yang digagas oleh Andi F. Noya, Anggit Hernowo, dan Firdaus Juli. Platform yang diluncrukan belum lama ini (4/10/2019) hadir dengan dua fokus kegiatan, yaitu sosial dan sociopreneurship.

Andi F. Noya, CEO Benihbaik.com yang juga uga dikenal sebagai wartawan senior ini menyatakan bahwa platform ini bertujuan untuk mempertemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan orang-orang yang ingin berbuat baik untuk membantu sesama.

“Dari sekitar 260 juta penduduk Indonesia, 10 persen masih hidup di bawah garis kemiskinan. Itu artinya, ada sekitar 26 juta orang masih belum menikmati hidup layak. Mereka perlu dibantu,” ujar host dari acara TV populer ‘Kick Andy’ tersebut.

Selain itu, platform Benihbaik.com juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mempromosikan usahanya.

“Pengusaha-pengusaha kecil dapat memanfaatkan BenihBaik.com untuk menjual produk-produk mereka sekaligus sarana bagi investor untuk mendukung perusahaan-perusahaan setara UMKM yang kami pilih dan tampilkan di BenihBaik.com. Dengan demikian, para pengusaha skala UMKM yang mempunyai dampak sosial juga berpeluang mendapatkan investasi melalui platform ini,” katanya.

Berkaitan dengan proses pendanaan dari para investor, pihak BenihBaik.com mengaku sedang melakukan program bootstrapping. BenihBaik.com telah bekerja sama dengan sejumlah lembaga, diantaranya, Grab, OVO, DANA, LinkAja, Telkomsel, Muslimat NU, dan lainnya.

Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi menyatakan bahwa kolaborasi mereka dengan BenihBaik.com bertujuan untuk menciptakan dukungan sosial, kemanusiaan, dan pemberdayaan UMKM dan wirausahawan mikro di Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, pengguna Grab di delapan negara di Asia Tenggara punya kesempatan untuk dapat berdonasi kepada BenihBaik.com melalui GrabRewards di aplikasi mereka. Harapannya melalui kerja sama ini, Grab dan BenihBaik.com dapat memberikan kesempatan dan juga semangat berbagi dengan sesama,” jelasnya.

“Makin banyak yang bergabung, makin banyak investasi masuk, BenihBaik.com akan semakin besar. Dengan begitu, akan makin besar juga dampak yang bisa kami berikan untuk membantu masyarakat,” katanya. Menurutnya, Benihbaik sejalan dengan karakter penduduk Indonesia yang suka tolong-menolong.

Menurut Andy, fakta menariknya adalah masyarakat Indonesia sudah diakui dunia suka menolong sesama. Terbukti, Indonesia telah dinobatkan sebagai ‘The Most Genereous Country oleh World Giving Index 2018 berdasarkan British Charities Aid Foundation di Inggris.

Tags: , ,


COMMENTS