September 16, 2019

Review Canon iNSPiC [S]: Solusi Jitu untuk Mencetak Momen Terindah

Penulis: Desmal Andi
Review Canon iNSPiC [S]: Solusi Jitu untuk Mencetak Momen Terindah  

Mobitekno – Anda yang merasakan kehidupan tahun 1980 hingga 1990 mungkin tidak asing dengan kamera yang bisa mencetak foto sesaat setelah objek diambil. Kini, beberapa brand kamera kembali mengeluarkan perangkat mungil yang tidak hanya berfungsi sebagai kamera, tetapi juga mini printer untuk mencetak foto secara instan. Salah satunya adaah Canon yang belum lama ini mengeluarkan iNSPiC [S].

Canon iNSPiC [S] sejatinya merupakan sebuah produk mini printer yang ditambahkan dungsi kamera di dalamnya. Produk yang dikeluarkan PT Datascrip ini memang diproduksi untuk memenuhi permintaan masyarakat yang butuh mencetak hasil foto secara cepat di saat itu juga. Dengan demikian, hasil cetak pun bisa disimpan di meja kerja maupun di ruang keluarga.

Canon iNSPiC [S] hadir melengkapi seri Canon iNSPiC [P] yang sudah hadir terlebih dahulu. Di seri [S] ini, ada banyak fitur yang bisa dirasakan oleh pengguna. Selain bisa terkoneksi ke smartphone, perangkat ini juga dilengkapi kamera 8MP sehingga dapat berfungsi secara mandiri untuk menangkap objek-objek menarik di sekitar. Bahkan, momen-momen tersebut bisa disimpan, berkat adanya slot MicroSD di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, silakan dilihat hasil pengujian Mobitekno berikut ini.

kamera

 

Kelengkapan

Canon iNSPiC [S] ini hadir dalam kemasan yang cukup kompak. Di dalamnya sudah tersedia lengkap berbagai kebutuhan untuk melakukan foto dan mencetaknya, termasuk satu paket kertas foto khusus yang sudah mendukung ZINK Zero Ink, teknologi cetak yang dimiliki iNSPiC [S] tanpa membutuhkan tinta. Selengkapnya, berikut ini item-item yang didapat dalam kemasannya:

  1. Satu unit Canon iNSPiC [S] berwarna putih dengan ukuran kecil
  2. ZINK Photo Paper lengkap dengan Barcode untuk setting awal
  3. Kabel Power untuk proses pengisian daya baterai.
  4. Tali kecil untuk pengaman perangkat
  5. Buku petunjuk singkat dan garansi

KELENGKAPAN

 

Desain

Canon iNSPiC [S] hadir dengan desain yang mungil, sehingga masih muat jika dimasukkan ke saku kemeja sekalipun. Di bagian depannya, desainnya seperti kamera digital saku yang sempat popular beberapa tahun lalu, tetapi dengan ruang lensa yang cukup besar. Bagian ini didesain cukup besar karena berfungsi juga sebagai cermin yang dapat membantu untuk melakukan foto selfie. Selain itu di pinggirannya juga diberi built-in ring light LED yang dapat membantu kecerahan wajah saat selfie.

Jika digunakan untuk melakukan foto selfie, pengguna pun tidak perlu khawatir wajah akan keluar dari frame. Hal ini karena pada bagian cermin sudah diberikan batas frame foto sehingga membantu pengguna agar foto tetap berada di dalam frame.

Beralih ke bagian belakang. Bagian ini sebenarnya lebih berperan untuk akses ZINK Photo paper, kertas foto khusus yang digunakan Canon iNSPiC [S]. Cover belakang bisa dibuka dengan mudah untuk memasukkan kertas foto. Di atasnya, terdapat jendela bidik, jika ingin mengambil foto langsung dengan produk ini, tanpa melalui kamera di smartphone. Di sisi sebelahnya ada opsi untuk ukuran foto yang diambil. Anda bisa memilih 2×2 atau 2×3. Selanjutnya, satu tombol lagi berfungsi sebagai akses untuk cetak ulang (Reprint). Jadi, jika Anda sudah mencetak satu foto dan ingin mencetaknya lagi, Anda cukup menekan tombol Reprint ini. Foto yang terakhir dicetak akan dicetak ulang oleh perangkat ini

belakang

Kini berpindah ke bagian atas. Di sini terdapat tombol shutter, opsi untuk flash dan pengaturan lampu untuk ring light LED. Tombol power jug berada di bagian atas.

atas

Di bagian bawah bodi terdapat satu port micro USB untuk pengisian daya baterai, satu slot microSD untuk memberikan ruang penyimpanan pada perangkat hingga kapasitas 256GB, dan satu akses untuk melakukan reset.

bawah

Jika perangkat membelakangi Anda, di sisi kiri terdapat satu lubang memanjang untuk akses keluar kertas foto yang sudah melalui proses print. Tunggu hingga proses cetak selesai, hasilnya bisa langsung Anda lihat. Hasil foto pun kering dan tidaklengket sehingga bisa langsung dipajang di meja Anda. Sementara di sudut atas terdapat akses untuk tali pengaman agar perangkat bisa lebih nyaman digunakan saat digunakan sambil beraktivitas.

SAMPING

Fitur dan Performa

Tidak perlu membutuhkan waktu lama. Begitu paket Canon iNSPiC datang ke meja redaksi, langsung kami bongkar dan kami pelajari isinya. ZINK Photo Paper pun langsung kami manfaatkan untuk mencectak foto.

Namun, agar fungsi pencetakan lebih fleksibel, gunakan aplikasi Canon Mini Print yang bisa didownload gratis dari Google Playstore. Lakukan pairing perangkat dengan smartphone setelah aplikasi dijalankan. Di aplikasi ini ada banyak fitur yang bisa membuat hasil cetak lebih enak dilihat. Untuk melakukan pencetakan, Anda bisa melakukan foto langsung dari perangkat, foto dari smartphone, maupun dari gallery yang ada di smartphone.

Melalui aplikasi Canon Mini Print, efek warna, efek foto, kolase, hingga memilih bingkai bisa dilakukan langsung dari smartphone. Jadi, hasil akhir pencetakan akan lebih terlihat menarik. Bahkan, sejumlah sticker pun disediakan untuk kebutuhan cetak.

Ukuran ZINK Photo Paper adalah 2×3 inci. Walau begitu, Anda bisa memilih pencetakan 2×2 inci dengan menyisakan bagian berwarna putih di luar foto. Di setiap kantong ZINK Photo Paper, terdapat satu Smart Sheet yang berguna untuk mengoptimalkan perangkat sebelum melakukan pencetakan pada kertas foto. Jadi, masukkan Smart Sheet sebagai awal pencetakan supaya perangkat bisa dalam keadaan paling optimal untuk melakukan pencetakan.

smart sheet

Smart Sheet

Hasil cetakannya sendiri terlihat bagus dan jernih. Proses cetak menggunakan teknologi ZINK Zero Ink. Teknologi ini menggunakan teknik pemanasan di kertas foto.

Dari aplikasi Canon Mini Print, Anda juga bisa mengoneksikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Google Photos, dan Dropbox. Jadi, sumber foto yang akan dicetak tidak hanya berasal dari gallery di smartphone saja. Untuk fungsionalitas, suara-suara untuk aktivasi perangkat maupun tombol shutter bisa diganti sesuai dengan selera Anda. Proses cetaknya sendiri berjalan cukup cepat. Untuk satu pencetakan membutuhkan waktu tidak sampai satu menit.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi yang dikandung Canon iNSPiC [S] sehingga dapat menghasilkan hasil cetak yang berkualitas dengan proses yang cepat.

Teknologi Cetak ZINK Zero Ink
Resolusi Cetak 314 x 600 dpi (dots per inch)
Kecepatan Cetak Kurang lebih 50 detik
Rasio Foto 2×2 inci dan 2×3 inci
Resolusi Foto 8MP
Panjang Fokus 25,4 mm
Apperture f/2.2
MicroSD Up to 256GB
Baterai 700mAh
Kapasitas kertas foto 10 lembar + 1 Smart Sheet

Kesimpulan

Bagi Anda yang tidak ingin foto-foto hanya tersimpan di smartphone atau album online, Canon iNSPiC [S] bisa menjadi solusi jitu untuk mencetak foto tanpa ukuran yang terlalu besar. Hasil foto yang hanya berukuran maksimal 2×3 inci bisa disimpan dimana saja, termasuk dompet. Dengan begitu, momen kebahagiaan dalam foto bisa dibawa kemanapun Anda pergi.

kesimpulan

Keuntungan lain menggunakan Canon iNSPiC [S] juga tidak hanya sebagai perangkat printer berukuran kecil, tetapi juga bisa berfungsi sebagai kamera. Hal ini disebabkan di dalam bodinya sudah disematkan kamera berkemampuan 8MP dengan bukaan f/2.2. Walaupun hanya memiliki satu kamera, tetapi untuk kebutuhan selfie juga mudah digunakan. Adanya cermin dan batas frame membuat hasil selfie tidak mudah keluar dari frame foto. Selain itu, adanya built-in ring light LED bisa membuat wajah tetap bersinar, tidak gelap dan kalah dengan cahaya sekitarnya. Efek “Face Glowing” pun bisa didapat.

Canon iNSPiC [S] juga sangat mudah digunakan. Jika baterai terisi penuh, Anda bisa langsung memanfaatkan kameranya untuk mengambil foto, dan hasilnya akan langsung dicetak. Namun, jika menggunakan kamera smartphone, Anda bisa menggunakan aplikasi Canon Mini Print untuk penggunaan yang lebih fleksibel. Kekurangannya hanya jenis kertas foto yang terbatas dan menurut kami harganya masih terbilang mahal. Informasi dari sebuah website toko kamera, ZINK Photo Paper yang didalamnya terdapat 20 lembar kertas foto berukuran 2×3 inci, harganya mencapai RP 198 ribu.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS