May 14, 2019

Penerus Exodus 1, HTC Mulai Singkap Ponsel Blockchain yang Lebih Murah

Penulis: Rizki Romdoni
Penerus Exodus 1, HTC Mulai Singkap Ponsel Blockchain yang Lebih Murah  

Mobitekno – Pabrikan ponsel cerdas asal Taiwan, HTC memperkenalkan smartphone berteknologi blockchain baru bagi penggemar kripto yang memiliki anggaran minim, yaitu Exodus 1s. Exodus 1s merupakan penerus smartphone blockchain generasi pertama, Exodus 1.

Sebagai smartphone blockchain, Exodus 1s dapat menyimpan token dan kunci kriptografi pengguna di sebuah ‘kantong’ yang aman didalam perangkat. Fitur tambahan hadir dalam Exodus 1 yang mungkin juga muncul dalam Exodus 1s termasuk dukungan untuk aplikasi seluler terdesentralisasi dan integrasi dengan browser Crypto Opera. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjual data mereka dalam pertukaran cryptocurrency dan juga membeli barang dengan mata uang virtual.

Phil Chen, Chief Officer HTC mengatakan, “Kami mendemokratisasikan akses ke teknologi untuk dunia yang bebas. Node penuh adalah unsur yang paling penting dalam ketahanan jaringan Bitcoin. Kami juga telah menurunkan penghalang bagi setiap orang untuk menjalankan sebuah simpul, yang hanya komputer, seluler dalam kasus kami, berpartisipasi dalam jaringan Bitcoin global yang menyebar transaksi dan blokir di mana-mana, yang merupakan dasar dari sistem peer-to-peer. ”

Fitur eksklusif Exodus 1 yang menyediakan kapabilitas simpul Bitcoin ditingkatkan di model baru. Agar perangkat dapat bertindak sebagai simpul Bitcoin, ia harus menyimpan log dari seluruh riwayat blockchain, yang berarti perangkat harus menyimpan 200GB data. HTC paham tentang hal ini, dan membekali Exodus 1s dengan metode yang disebut ‘pemangkasan’. Pemangkasan mengurangi ukuran file blockchain dengan margin besar, yakni 200 GB hingga 10 GB.

Berkaitan dengan data dan ketersediaan daya, Chen menjelaskan, “Anda pasti ingin mengoperasikan ini melalui WiFi. Detail yang lebih spesifik akan datang pada waktu peluncuran, tetapi ya, ada sejumlah elemen desain yang berbeda yang perlu dipertimbangkan untuk dapat menangani ini”

HTC Exodus 1s mendukung aplikasi dompet HTC Zion untuk mengirim, menerima atau meminta cryptocurrency seperti Bitcoin, Litecoin, Ether, dan token ERC-20 dan ERC-721 berbasis Ethereum.

HTC juga mengumumkan kemitraan dengan mesin pencari Eropa, Qwant, yang akan tersedia sebagai widget pada bilah pencarian di smartphone Exodus 1s. HTC belum merilis spesifikasi atau label harga Exodus 1s. Bila pendahulunya dibanderol dengan harga US$ 600, bisa saja perusahaan akan meluncurkan Exodus 1s separuh harga dari Exodus 1. Hingga artikel ini ditulis, Mobitekno belum tahu tanggal rilis pasti dari smartphone ini, tetapi perusahaan telah mengisyaratkan rilis pada kuartal ketiga 2019.

Tags: , , , , ,


COMMENTS