April 26, 2018

Mulai Tahun ini Penamaan iPhone akan Dibuat Lebih Simpel

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Mulai Tahun ini Penamaan iPhone akan Dibuat Lebih Simpel  

Mobitekno – Setelah merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada tahun 2016, Apple langsung ‘melompat’ dengan meluncurkan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X pada tahun 2017 lalu. Dengan kata lain, Apple melewati (mengabaikan) penamaan produknya dengan label iPhone 7s.

Tidak tertutup kemungkinan, hal sama akan dilakukan kembali oleh Apple pada tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya. Artinya, perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini akan menyederhanakan seri iPhone yang akan dirilis nanti.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Robert Cihra, analis lembaga riset Guggenheim. Kepada AppleInsider, ia juga menuturkan bahwa langkah ini bukan sesuatu yang baru bagi Apple atau industri teknologi secara keseluruhan.

Disebutkan, Apple juga pernah melakukan hal ini terhadap produk lainnya, dalam hal ini iPad. Sebelumnya, rangkaian iPad yang dikembangkan oleh Apple dimulai dengan iterasi bernomor. Namun, beberapa produk terbaru kembali menjadi iPad.

iPhone X

“Saya pikir Apple akan menggunakan siklus penamaan baru ini secara resmi dimulai pada tahun 2018. Mereka akan langsung mengubah penamaan iPhone yang kemungkinan akan muncul setelah pertengahan tahun ini,” jelas Cihra.

Masih menurut analis ini, “iPhone kelas menengah yang akan datang disebut sebagai “iPhone”. Sedangkan model premium akan mempertahankan “X” sebagai akhiran untuk membedakannya dari yang lain.

Menurut Cihra, jika keputusan ini dipilih oleh Apple, dampaknya ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi dapat membantu menyederhanakan skema penamaan untuk perangkat baru, tetapi juga bisa membingungkan konsumen dalam jangka panjang.

Kabar lainnya, Apple disebut-sebut akan meluncurkan tiga model iPhone pada tahun ini. Satu model akan menggunakan layar LCD berukuran 6,1 inci dengan harga terjangkau dan dua model lainnya akan memakai layar OLED 5,8 inci dan 6,5 inci.

Dua model berlayar OLED juga akan datang dengan spesifikasi hardware yang lebih mumpuni. Apabila keduanya diduga akan dibanderol dengan harga fantastis, iPhone berlayar LCD 6,1 inci 6,1 inci mungkin akan disebut sebagai iPhone SE 2. Kita tunggu saja nanti.

Tags: , , , , ,


COMMENTS