May 14, 2018

Membandingkan Keunggulan Huawei Nova 2 Lite dengan Oppo A83 dan Samsung J7 Prime

Penulis: Desmal Andi
Membandingkan Keunggulan Huawei Nova 2 Lite dengan Oppo A83 dan Samsung J7 Prime  

Mobitekno – Di tahun 2018 ini, Huawei ingin terus menunjukkan eksistensinya di dunia smartphone, terutama di Indonesia. Setelah pada tahun lalu meluncurkan Huawei Nova 2i, awal kuartal kedua 2018 Huawei Mobile Indonesia pun melanjutkannya dengan menghadirkan Huawei Nova 2 Lite. Smartphone ini menyasar entry level dan akan bertarung dengan brand-brand lain yang sudah lebih dahulu hadir.

Berbekal desain yang modern, layar 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9, serta ditenagai oleh prosesor Snapdragon 430 berkekuaatan 1,4 GHz, smartphone ini tampaknya berhasil menarik perhatian para “Kids zaman Now” yang sering mengekspresikan dirinya dengan bebas. Meski sudah cukup mandiri dengan prosesor buatan sendiri, chipset Huawei (HiSilicon Kirin) belum tersedia untuk segmen bawah (entry level). Inilah alasannya kenapa Huawei memilih Snapdragon 430.

Kesuksesan Huawei Nova 2 Lite ditunjukkan dengan terjualnya sekitar 6.000 unit nova 2 lite, baik melalui channel online di Lazada.co.id dan Erafone, melalui channel offline di toko-toko tertentu di Jakarta, Surabaya dan Bandung. “Antusiasme para fan huawei ini menunjukkan brand Huawei makin diterima di pasar Indonesia,” ujar Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, menanggapi ramainya penjualan Nova 2 Lite ini.

Biru

Glossy Blue menjadi pilihan warna yang menarik

Padalah, jika diilihat dari ketersediaan warna, Huawei awalnya hanya menyediakan warna Matte Black. Kini, mulai 12 Mei 2018 sudah hadir warna Glossy Blue. Harapannya akan menambah sukses penjualan Nova 2 Lite ini. Varian Glossy Blue ini sudah bisa didapatkan di online channel Lazada.co.id dan di channel-channel offline di seluruh Indonesia.

 

Membandingkan Huawei Nova 2 Lite dengan OPPO A83

Huawei OPPO

Maraknya brand smartphone di entry level, seringkali membuat bingung konsumen yang ingin membeli smartphone. Oleh sebab itu, Mobitekno coba membandingkan smartphone Huawei Nova 2 Lite ini dengan smartphone lainnya di segmen dan harga yang sama. Sebagai pembanding dipilih Oppo A83 yang dibanderol dengan harga sedikit di atas Huawei Nova 2 Lite.

Layar:

Huawei Nova 2 lite memiliki kelebihan di ukuran layarnya. Ukuran layar Huawei Nova 2 Lite adalah 5,9 inci HD+ Display. Sementara OPPO A83 memiliki ukuran 5,7 inci HD+ Display. Dengan ukuran yang lebih besar, layar Huawei Nova 2 Lite mampu memberikan tampilan yang lebih luas. Apalagi rasio layar ke body juga cukup besar sehingga hanya menyisakan bezel yang tipis.

layar

Kamera:

Untuk urusan kamera, Huawei Nova 2 Lite tampil dengan fitur dua kamera belakang dan satu kamera depan. Hal ini berbeda dengan saudaranya Huawei Nova 2i yang memiliki 4 kamera. Jika dibandingkan dengan OPPO A83, tentu saja dua kamera menjadi salah satu fitur yang bisa diunggulkan. Kombinasi kamera belakang 13MP + 2 MP mampu menghasilkan gambar yang bagus, terutama untuk menghasilkan efek bokeh. Sementara untuk OPPO A83 hanya memiliki satu kamera belakang 13 MP. Untuk kamera depannya, semuanya memiliki satu kamera dengan kemampuan 8 MP.

Prosesor dan memori:

Biasanya, Huawei menggunakan prosesor buatannya sendiri, yaitu Kirin. Namun kali ini tidak. Huawei menggunakan Qualcomm Snapdragon 430. Tampaknya Huawei tetap ingin membuka kerjasama dengan perusahaan lain untuk produk-produknya. Prosesor ini masih dibantu dengan memori 3 GB RAM dan internal 32 GB. Sebenarnya banyak yang menyayangkan mengapa Huawei memilih prosesor yang usianya agak lama. Namun sekali lagi Huawei meyakinkan ke konsumen bahwa smartphonenya tetap dapat berjalan cepat dan mulus. Ini disebabkan karena Huawei mampu mengekstra kemampuan Snapdragon 430 secara optimal dan dipadukan dengan Android 8.0 Oreo serta antarmuka EMUI 8.0.

SD vs mt

Bagaimana dengan OPPO A83? Smartphone ini menggunakan Mediatek MT6763T Helio P23 Octacore 2,5 GHz. Memorinya lebih unggul dari Nova 2 Lite dengan membawa RAM sebesaar 4 GB. Begitu juga dengan memori internalnya yang sudah mengusung 64 GB. Berita baiknya, kedua smartphone ini mendukung memori eksternal.

Baterai dan dukungan SIM card:

Baterai Huawei Nova 2 Lite berkapasitas sedikit lebih kecil dibandingkan OPPO A83. Huawei Nova 2 Lite memiliki baterai 3.000 mAh. Sementara OPPO A83 berbaterai 3.180 mAh. Namun, untuk dukungan jaringan, Huawei Nova 2 Lite memiliki 3 slot SIM Card yang bisa digunakan bersamaan.

Harga:

Dengan kemampuan yang didukung Huawei Nova 2 Lite, seperti adanya dual camera, face unlock, ukuran layar 5,9 inci, Huawei Device Indonesia membanderolnya dengan harga Rp2.599.000. Sementara OPPO A83 dibanderol dengan harga lebih mahal, yaitu Rp2.999.000.

harga

 

Membandingkan Huawei Nova 2 Lite dengan Samsung J7 Prime

Huawei samsung

Sekarang bagaimana jika Huawei dibandingkan dengan brand asal Korea, yaitu Samsung, khususnya Samsung J7 prime? Sebenarnya, perbandingan dengan Samsung J7 Prime mirip-mirip dengan OPPO A83. Dari sisi harga misalnya, Samsung J7 prime memiliki harga yang sama dengan OPPO A83. Begitu juga dengan kamera. Samsung J7 prime memiliki kamera belakang 13 MP dan depan 8 MP.

Yang menjadi pembeda, Samsung J7 Prime menggunaan prosesor buatan sendiri, yaitu Exynos 7870 Octacore 1,6 GHz. Namun, untuk kapasitas RAM dan storage internal sama saja, baik Nova 2 Lite maupun Samsung J7 Prime dibekali 3 GB RAM dan 32 GB Storage internal.

Satu lagi yang berbeda juga dari sisi layar. Ukuran layar Samsung 7 Prime lebih kecil yaitu 5,5 inci. Jenis layarnya juga berbeda. J7 Prime menggunakan Full HD TDT Display.

Untuk baterai, Samsung J7 Prime lebih unggul dengan membawa baterai 3.300 mAh. Sementara untuk slot SIM Card, keduanya sudah menggunakan 3 slot SIM Card.

Dengan perbandingan tadi, sekarang kembali kepada konsumen yang menentukan smartphone mana favorit mereka. Namun, Huawei Nova 2 Lite yang hadir belakangan, tentu saja sudah dipersiapkan untuk berbagai aplikasi-aplikasi terbaru dibandingkan pesaingnya yang datang lebih dahulu.

Tags: , , ,

  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares

COMMENTS