May 5, 2018

Akan Bangun Fasilitas Uji Kendaraan Swakemudi yang ‘Menantang’. Ini Tujuan Toyota

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Akan Bangun Fasilitas Uji Kendaraan Swakemudi yang ‘Menantang’. Ini Tujuan Toyota  

Mobitekno – Toyota Research Institute yang merupakan divisi riset dari Toyota saat ini sedang bekerja keras untuk membangun fasilitas pengujian kendaraan swakemudi (autonomous car). Berdiri di atas tanah seluas 24 hektar, fasilitas ini akan berlokasi Michigan Technical Resource Park (MITRP), Ottawa Lake, Michigan, Amerika Serikat.

Pendirian fasilitas pengujian kendaraan swakemudi racikan Toyota ini sendiri sudah sesuai dengan pengumuman terbaru melalui situs newsroom globalnya. Izin untuk mendirikan fasilitas pengujian ini sudah diajukan minggu lalu dan nantinya fasilitas ini sepenuhnya akan digunakan secara eksklusif oleh Toyota Research Institute.

Detail mengenai pengujian kendaraan swakemudi belum dibeberkan oleh Toyota. Namun, kabarnya pengujian yang lebih difokuskan pada bagaimana kendaraan swakemudi saat berada di berbagai skenario kondisi di jalan raya pada umumnya.

Fasilitas diharapkan dapat beroperasi pada bulan Oktober tahun ini. Berkaitan dengan lokasi yang tepat untuk mendirikan fasilitas pengujian tersebut, kemungkinan besar Toyota akan memanfaatkan area di Michigan Technical Resource Park.

Toyota Lexus autonomous car

Selanjutnya, Toyota nantinya akan bertanggung jawab untuk desain, konstruksi, dan pemeliharaan fasilitas selama jangka waktu tertentu. Spesifiknya, dalam fasilitas ini akan dibangun Resource Park’s sebagai jalur pengujian berbentuk oval sepanjang 1,75 mil (sekitar 2,8 km) yang dipadukan dengan teknologi otomotif masa depan.

Fasilitas pengujian ini nantinya akan selalu relevan dengan perkembangan teknologi otomotif yang terjadi saat ini dan masa mendatang. Untuk itu, Toyota akan membangun fasilitas pengujian dengan area yang dirancang bisa mensimulasikan kondisi perkotaan , seperti kemacetan yang tinggi dan jalan raya dengan banyak trek/lintasan (multi-track).

Toyota juga akan melengkapi fasilitas pengujian ini dengan trek yang memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan trek dengan permukaan licin untuk mengetahui sejauh mana kendaraan swakemudi berhadapan dengan kondisi menantang tersebut.

Apa tujuan dari Toyota yang antusias membangun fasilitas ini? Untuk jangka panjang, kendaraan swakemudi menjadi sebuah hal yang menarik bagi sejumlah pabrikan, termasuk bagi Toyota. Namun, Toyota sendiri menegaskan bahwa fasilitas ini dibangun untuk menciptakan kendaraan dengan teknologi semi-autonomous driving yang lebih baik.

Artinya, Toyota ingin menunjukkan komitmen yang tinggi dalam memberikan rasa aman bagi konsumennya dalam mengendarai mobil swakemudi mereka. Selain aman, fitur-fitur semi-otonom yang akan hadir pada kendaraan masa depan Toyota ini juga dijanjikan akan memberikan kenyamanan lebih baik bagi pengendaranya.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES