May 1, 2018

Begini Co-founder Google Tanggapi Pesatnya Kemajuan Teknologi AI

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Begini Co-founder Google Tanggapi Pesatnya Kemajuan Teknologi AI  

Mobitekno – Harus diakui, masa depan teknologi artificial intelligence (AI) sangat cerah. Meski begitu, implementasinya di berbagai aspek kehidupan perlu ditangani dengan penuh ke hati-hatian dan bertanggung jawab. Setidaknya itulah pesan dari Sergey Brin, salah satu pendiri Google.

Sergey Brin sendiri menuliskan hal itu dalam surat tahunan yang diawali dengan kutipan dari Charles Dicken’s “A Tale of Two Cities”. Menurut Presiden Alphabet ini, AI telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat modern.

Namun, Sergey Brin mengingatkan bahwa aplikasi seperti ini juga membawa banyak pertanyaan di benaknya. Maraknya aplikasi AI baru yang bermunculan harus ditelusuri lebih jauh dampaknya (posistif maupun negatif) bagi banyak orang.

Salah satu pertanyaan yang muncul terkait teknologi ini terkait pada aspek etika. Meski Brin optimis terhadap masa depan teknologi AI, prinsip kehati-hatian perlu diperhatikan.

AI tech

Kekuatan AI saat ini benar-benar dimanfaatkan oleh Google hampir di semua layanan yang dikembangkannya. Sebagai contoh, Google Translate yang semakin “cerdas” dalam menerjemahkan lebih dari 100 bahasa. Begitu juga dengan layanan lain, seperti ‘Google Image Search’, ‘Google Lens’, hingga teknologi mobil otonom (autonomous car) Waymo.

Lebih dari itu, teknologi AI juga membantu Google untuk terus berinovasi dalam banyak hal. Teknologi AI diklaim Google telah berkontribusi besar dalam peningkatan kualitas suara percakapan Google Assistant dengan penggunanya. AI juga mampu membantu Google untuk menciptakan aplikasi kamera yang lebih baik.

Kedepannya, AI sudah bisa dipastikan bakal membantu banyak industri. Dalam industri kesehatan misalnya, teknologi ini bakal membantu proses diagnosis penyakit yang lebih cepat dan mudah. AI juga bisa dimanfaatkan untuk mempelajari sistem tata surya sehingga memudahkan para peneliti melakukan riset dan pengembangan.

Sergey Brin juga mengungkapkan bahwa kita saat ini tengah berada di masa ‘renaisans’ teknologi yang pebuh harapan. Banyaknya aplikasi di hampir setiap segmen masyarakat modern juga sama-sama telah disaksikan secara langsung. Namun di sisi lain, penyalahgunaan teknologi pun sangat mungkin terjadi.

Optimisme sekaligus kehati-hatian dari Sergey Brin menambah daftar individu-individu berpengaruh di dunia teknologi yang juga menyurakan hal yang sama terhadap kemajuan di bidang AI. Sebut saja, seperti Elon Musk dan mendiang Stephen Hawking.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES