November 25, 2016

Setelah Mahir Main Game, Google Latih ‘DeepMind’ Piawai Baca Gerak Bibir

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah Mahir Main Game, Google Latih ‘DeepMind’ Piawai Baca Gerak Bibir  

MOBITEKNO – Semua sudah mengetahui bahwa Google mempunyai rencana besar dengan teknologi kecerdasaan buatan atau artificial intelligence (AI) Deep Mind. Selama ini, Google sudah menerapkan metode non-konvensional untuk membuat ‘mesin’ AI DeepMind semakin cerdas.

Kini, Google kembali melaporkan bahwa divisi AI DeepMind yang dibelinya dua tahun lalu ini sebesar US$ 533 juta melakukan kolaborasi dengan Universitas Oxford untuk mengembangkan software AI canggih yang bisa membaca gerak bibir manusia. Metode yang ditempuh mereka adalah dengan memanfaatkan acara dari siaran TV.

""

Dengan membaca gerakan bibir seseorang yang tampil di tayangan TV, sistem AI DeepMind bisa menerangkan pembicaraan dengan tingkat akurasi 46,8 persen.

DeepMind dan Universitas Oxford memberikan input pada sistem AI berupa ribuan jam cuplikan acara TV dari siaran BBC untuk dimasukkan ke jaringan neural AI. Sistem AI selanjutnya akan berlatoh dan mencoba ‘mencerna’ input tersebut lalu untuk kemudian menjelaskan/menceritakan isi tayangan (video) berdasarkan pergerakan bibir (percakapan) dari setiap orang yang ada di tayangan video tersebut.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa AI DeepMind bisa memahami atau mengidentifikasi ucapan adegan di TV hanya dengan analisis gerak bibir (mulut) dengan tingkat akurasi 46,8 persen. Ini berarti akurasi DeepMind jauh melebihi pembaca bibir professional yang hanya memiliki tingkat akurasi 12,4 persen.

Meski teknologi AI DeepMind dalam membaca bibir ini masih di tahap awal, Google berencana mengimplentasikan kemampuan DeepMind tersebut untuk membantu penderita gangguan pendengaran. Implementasi lainnya adalah menerangkan suatu film atau berkomunikasi dengan asisten digital hanya dengan membaca gerak bibir.
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS