October 25, 2017

Review ASUS Zenfone 4 Selfie Pro: Menciptakan Selfie dan Wefie dengan Citra Rasa Tinggi

Penulis: Eko Lannueardy
Review ASUS Zenfone 4 Selfie Pro: Menciptakan Selfie dan Wefie dengan Citra Rasa Tinggi  

MOBITEKNO – Pertengahan Agustus 2017 lalu ASUS telah merilis enam varian Zenfone 4 di Taiwan. Keenam varian tersebut adalah Zenfone 4, Zenfone 4 Pro, Zenfone 4 Selfie, Zenfone 4 Selfie Pro, Zenfone 4 Max, dan Zenfone 4 Max Pro. Menariknya, keenam varian tersebut telah dilengkapi dengan dukungan dual-camera.

Tak perlu menunggu lama, ASUS pun telah memboyong salah satu varian Zenfone 4, yakni Zenfone 4 Max Pro ke Indonesia pada awal bulan September 2017 lalu. Hal ini sekaligus menandakan bahwa produsen teknologi asal Taiwan tersebut akan memastikan untuk membawa seluruh lini Zenfone 4 ke Indonesia.

Tidak hanya sekadar isapan jempol belaka, ASUS pun kini membuktikan dirinya dengan memperkaya lini Zenfone 4 lainnya ke pasar Indonesia. Ya! kali ini mereka memboyong secara resmi ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro ke hadapan konsumen setianya di Indonesia. Kedua diperkenalkan oleh ASUS pada hari ini, 25 Oktober 2017 ini.

Penasaran dengan kinerjanya, Mobitekno.com jadi salah satu media online yang dipercaya oleh ASUS untuk me-review ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Sekadar informasi untuk Anda, smartphone ini memang ditekankan untuk menjawab permintaan para penggila selfie. Oleh sebab itu, ASUS mempersenjatai Zenfone 4 Selfie Pro dengan dual-camera depan, yakni 24 MP DuoPixel + 5 MP wide-angle.

Lalu, bagaimana dengan desain, spesifikasi hardware dan kemampuan serta kinerja smartphone ini secara keseluruhan? Berikut ini hasil review Mobitekno.com selama satu minggu menggunakan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro di seputaran wilayah Jakarta. Selamat membaca!

Kelengkapan

Seperti telah disebutkan, ASUS memboyong Zenfone 4 Selfie Pro ini ke pasar Indonesia pada tanggal 25 Oktober 2017. Tak perlu menunggu lama, smartphone ini langsung dipasarkan oleh ASUS lewat pemasaran offline yang dapat ditemukan di sejumlah toko ritel dan pemasaran via online yang tersedia di beberapa situs e-commerce di Tanah Air.

Dalam penjualannya, ASUS Zenfone 4 Selfie Pro dikemas dengan boks yang didominasi warna putih. Nampak jelas pada boks tersebut tertulis Zenfone 4 Selfie Pro dengan tulisan berwarna silver yang sangat mencolok. Tentu saja, ini akan memberi kemudahan bagi konsumen yang ingin membeli perangkat tersebut.

Sayangnya, ASUS mengemas boks Zenfone 4 Selfie Pro dengan sangat minim informasi. Calon pembeli tidak bakal menemukan banyak informasi, terutama terkait dengan spesifikasi singkat dari perangkat tersebut. Hanya ada Zenfone 4 Selfie Pro 5,5″ yang memiliki kode penyebutan ZD552KL di bagian belakang boks.

Berikut paket penjualan Zenfone 4 Selfie Pro:

1. Unit ASUS Zenfone 4 Selfie Pro
2. Lembar manual pemakaian
3. Lembar garansi
4. SIM Card ejector
5. Charger + Kabel
6. Earphone
7. Softcase

Desain

Melihat pertama kali tampilan Zenfone 4 Selfie Pro, barangkali tak sedikit orang yang mengatakan bahwa ASUS kini tak lagi bisa dianggap sebelah mata dalam hal desain. Ya! Terlihat lebih indah, ASUS mengemas Zenfone 4 Selfie Pro dengan dimensi 154 mm x 74.8 mm x 6.9 mm dan beratnya hanya 147 gram.

Memiliki dimensi seperti itu, smartphone ini pun sangat nyaman digenggam dengan satu tangan. Bagaimana jika ASUS Zenfone 4 Selfie Pro ini dimasukkan ke dalam saku baju atau celana? Jawabannya tak ada masalah! Ditambah bodi belakang berbalut metal, menjadikan smartphone ini terlihat lebih kuat dan elegan.

Sayangnya, ASUS mengemas bodi belakang Zenfone 4 Selfie Pro ini tanpa adanya teksture tambahan. Dengan begitu, ada sedikit rasa kurang nyaman ketika tangan basah atau berkeringat menggenggam smartphone ini. Namun tak perlu khawatir, ASUS dalam paket penjualannya sudah menyertakan softcase yang juga berguna untuk memproteksi bagian belakang perangkat agar tak mudah tergores.

Zenfone 4 Selfie dirancang oleh ASUS dengan bentang layar berukuran 5,5 inci dan memiliki resolusi Full HD alias 1.080 piksel. Rasio screen-to-body sendiri mencapai 72,4% dengan aspek rasio 16:9. Tak ketinggalan, ASUS juga memproteksi layar smartphone ini dengan Gorilla Glass 5 dari Corning.

Lalu, apa saja yang dimuat oleh ASUS disekitar layar Zenfone 4 Selfie Pro? Pastinya, nilai jual dari smartphone ini adalah dukungan kamera selfie. Sudah barang tentu, ASUS tak main-main untuk hal itu. Ya! Zenfone 4 Selfie Pro sudah dibekali dengan dual-camera depan.

Adapun komposisi dual-camera depan yang disematkan adalah 24 MP (12 MP x 2) DuoPixel + 5 MP dengan kemampuan 120 derajat wide-angle. Untuk menemani dukungan dual-camera depan yang disematkan, ASUS juga membenamkan satu LED flash yang mereka sebut Softlight.

Tak berbeda dengan Zenfone 4 Max Pro yang sudah lebih dulu masuk ke pasar Indonesia, ASUS juga memuat sensor fingerprint di bagian depan, atau tepatnya terintegrasi dengan tombol fisik Home. Sedangkan disamping kanan dan kirinya terdapat tombol virtual “Back” dan “Recent”.

Sementara pada sisi kiri perangkat, ASUS memuat slot Hybrid Dual SIM Card (Nano-SIM Card, Dual Stand-by). Sekali lagi, komposisi wadah SIM Card tersebut sangat disayangkan. Hal ini membuat sulit pengguna yang ingin menempatkan SIM Card kedua karena harus berbagi wadah dengan microSD Card.

Bergeser ke sisi kanan perangkat, pengguna bisa menemukan tombol Power (On/Off) di bagian bawah dan tombol Volume tepat di atasnya. Port Jack Audio 3.5mm dan microUSB 2.0 oleh ASUS dimuat sejajar di sisi bawah perangkat. Tak ketinggalan, ASUS juga menyisipkan speaker audio tepat disebelah port microUSB 2.0.

Beralih ke sisi belakang perangkat, ASUS Zenfone 4 Selfie Pro juga telah dimodali dengan kamera utama yang memiliki resolusi 16 MP. ASUS pun juga telah melengkapinya dengan dual-LED atau dual tone flash. Jadi tak perlu khawatir jika pengguna ingin memotret di lingkungan minim cahaya alias low-light dengan kamera utama yang terpasang.

Fitur & Performa

Seperti telah disebutkan, ASUS merancang Zenfone 4 Selfie Pro dengan ukuran layar 5,5 inci Full HD AMOLED. Keunggulan smartphone ini adalah dukungan dual-camera depan yang memang ditujukan untuk menjawab konsumen penyuka selfie ataupun wefie. Sebelum lebih jauh mengulas dukungan dual-camera depan yang disematkan, ada baiknya kita mengetahui jeroan Zenfone 4 Selfie Pro.

Untuk dapur pacunya, Zenfone 4 Selfie Pro telah diotaki dengan chipset Snapdragon 625 64-bit Octa-core yang dipadukan dengan GPU Adreno 506. Selai n itu, ASUS juga membekali smartphone berbasis Android Nougat 7.0 yang memiliki interface ZenUI 4.0 ini dengan RAM 4 GB dan internal storage berkapasitas 64 GB.

Apakah kapasitas internal storage yang disertakan masih dianggap kurang memadai? Tak perlu khawatir, ASUS juga tetap menyertakan wadah untuk memuat microSD Card yang mampu menampung data tambahan hingga 256 GB. Sayangnya, wadah yang ada harus berbagi dengan SIM Card kedua alias ini kita kenal dengan sebutan hybrid.

Tak ketinggalan, ASUS juga melengkapi Zenfone 4 Selfie Pro dengan baterai non-removable Li-Ion berkapasitas 3.000 mAh. Menariknya, baterai yang ditanam ke dalam smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Berkat hadirnya fitur tersebut, pengguna tak perlu menunggu lama untuk melakukan pengisian ulang baterai.

Fitur lainnya yang turut disematkan oleh ASUS ke dalam smartphone ini adalah dukungan Wireless Technology yang meliputi WLAN 802.11/b/g/n, Bluetooth 4.2 serta WiFi Direct. Sedangkan untuk sensor, Zenfone 4 Selfie Pro ini disokong dengan beragam sensor, seperti Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity, Ambient Light dan Front RGB.

Ada juga sensor yang terkait dengan keamanan perangkat, yakni sensor pemindai sidik atau fingerprint yang terintegrasi dengan sebuah tombol yang ada dibawah layar. Hanya ada dua fungsi manfaat dari sensor fingerprint yang ada pada ASUS Zenfone 4 Selfie Pro ini, yaitu untuk membuka kunci perangkat dan menjawab panggilan telepon yang masuk.

Menurut informasi yang tersaji pada situs ASUS, kecepatan membaca pemindai sidik jari ini adalah 0,2 detik dan memiliki kemampuan untuk menyimpan hingga lima sidik jari yang berbeda. Selain fingerprint, keamanan lainnya yang turut disematkan oleh ASUS adalah dengan sistem password, pattern dan PIN.

Lalu, bagaimana dengan dukungan piranti lunaknya? Seperti telah disebutkan, Zenfone 4 Selfie Pro telah didukung dengan ZenUI 4.0 berbasis Android 7.1.1 alias Nougat. Sudah barang tentu, selain aplikasi-aplikasi besutan Google, ASUS juga memuat beragam aplikasi hasil rancangannya sendiri.

Salah satu fitur aplikasi yang cukup menarik perhatian Mobitekno.com adalah ZenUI Safeguard. Aplikasi ini berfungsi mengiri pesan lebih cepat untuk meminta bantuan atau berbagi lokasi. Ada dua opsi yang disediakan, yakni SOS dan Report Location. Untuk menggunakan cukup mudah, pengguna hanya perlu melakukan sedikit konfigurasi.

Aplikasi lainnya yang juga cukup menarik adalah SelfieMaster. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa melakukan foto atau video selfie yang nantinya memberi kemudahan dalam pengaturan skala efek beautify yang diinginkan. Ada juga opsi BeautyLive yang dapat dimanfaatkan untuk pengaturan skala efek beautify sesaat sebelum pengguna live via Facebook, Instagram dan juga YouTube.

Tak hanya dua aplikasi itu, ASUS juga menyisipkan aplikasi lainnya, seperti Mobile Manager yang berfungsi untuk mengatur ulang ruang penggunaan memori atau RAM dan aplikasi WebStorage yang berguna untuk menjadi “hard disk cloud” untuk menyimpan data-data penting milik pengguna.

Sudah barang tentu, karena ASUS Zenfone 4 Selfie Pro berbasis Android, perangkat ini juga diperkaya dengan aplikasi-aplikasi besutan Google. Untuk browsing, pengguna bisa memanfaatkan Chrome dan untuk cek e-mail, pengguna bisa memanfaatkan Mail. Ada juga Drive, Maps, YouTube serta aplikasi-aplikasi pengolah dokumen, seperti Docs, Sheets dan Slide.

Berkat dukungan sistem operasi Android 7.0 Nougat, smartphone “zaman now” ini juga memiliki kemampuan untuk menjalankan dua aplikasi dalam satu layar alias Multi-window. Dengan begitu, sambil menikmati alunan lagu Sayang yang dinyanyikan oleh Via Vallen, pengguna juga bisa cek e-mail atau membaca postingan yang sedang hits di Facebook.

Nah! Kini kita masuk ke dalam dukungan kamera yang disematkan. Pertama, mari kita coba mencari tahu keunggulan dual-camera depan yang menjadi nilai jual dari Zenfone 4 Selfie Pro ini. ASUS telah membenamkan dual-camera depan dengan komposisi 24 MP DuoPixel Technology + 5 MP wide-angle dengan sudut hingga 120 derajat.

Jika mengulas satu per satu dual-camera depan yang disematkan, kamera 24 MP DuoPixel oleh ASUS juga dipersenjatai dengan sensor gambar dari Sony, yakni IMX362. Didukung sensitivitas pencahayaan hingga 2x dan ukuran piksel hingga 1,4 µm, kamera ini juga memiliki aperture f/1.8.

Tak hanya itu, untuk menghasilkan foto selfie agar terlihat lebih berkualitas, ASUS juga mengemas kamera 24 MP DuoPixel yang disematkannya dengan menyisipkan teknologi engine buatannya sendiri, yakni ASUS SuperPixel Technology. Dukungan lainnya adalah HDR Selfie dan tentu saja Softlight LED untuk memotret di area minim cahaya atau low-light.

Tak kalah menarik adalah kamera kedua yang memiliki resolusi 5 MP. Dalam kamera ini, ASUS membenamkan aperture f/2.2 serta wide-angle hingga 120 derajat. Bisa dipastikan, kamera ini bekerja ketika pengguna memilih opsi untuk pemotretan selfie beramai-ramai atau yang kita kenal wefie.

Lalu, bagaimana dengan dukungan kamera utamanya? ASUS melengkapi Zenfone 4 Selfie Pro dengan kamera utama 16 MP. Aperture yang dimiliki kamera ini adalah f/2.2 dengan sensor yang juga milik Sony, yakni IMX351. Dukungan lainnya adalah PDAF, EIS, 4K Video Recording serta ASUS SuperPixel Technology.

Spesifikasi hardware sudah diketahui. Begitu juga dukungan atau fitur kamera yang ada pada ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Lalu, bagaimana dengan kinerjanya? Digunakan selama satu minggu, Mobitekno.com tak menemukan kendala yang berarti dari smartphone ini. Memotret selfie dan juga mengambil objek dengan kamera utama, hasil fotonya terbilang memuaskan.

Apalagi ASUS Zenfone 4 Selfie Pro diperkaya dengan Mode Potrait, sehingga untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh atau blur pada latar belakang sangat mudah sekali. Tak perlu banyak melakukan konfigurasi, pengguna cukup mengaktifkan Mode Potrait tersebut dengan sekali tap dari dalam aplikasi Camera.

Bagi Anda yang tak suka dengan pemotretan otomatis, ASUS juga menyajikan opsi pengaturan manual, yakni dengan memilih Mode Pro. Di sana, pengguna bisa melakukan banyak pengaturan, mulai dari mengatur ISO, Autofocus, White Balance dan sebagaianya. Mana yang disukai? Tentunya pilihan terserah Anda!

Berselancar di dunia maya, cek e-mail, baca postingan ke kinian di Facebook atau Instagram dan juga chit chat via instant messenger semuanya bisa dilakukan menggunakan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Mobitekno.com pun penasaran, bagaimana jika perangkat ini digunakan untuk bermain game?

Tak tanggung-tanggung, Mobitekno.com memanfaatkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro untuk bermain game Aspalt 8. Permainan ketangkasan adu cepat geber mobil di jalan raya ini sama sekali tak mengalami kendala alias bebas lag. Bisa disimpulkan, dukungan hardware yang dibenamkan oleh ASUS tentunya tak sia-sia.

Bagaimana jika Zenfone 4 Selfie Pro ini digunakan untuk memutar lagu? Bisa dibilang, suara yang keluar dari mulut penyanyi terdengar sangat jelas lewat speaker yang ada diperangkat, begitu juga saat mendengarkannya menggunakan earphone. Hal ini berkat gebrakan ASUS yang memuat sertifikasi Hi-Res Audio serta teknologi DTS HeadPhone:X 7.1 Virtual Surrond ke dalam Zenfone 4 Selfie Pro.

Tak ketinggalan, Mobitekno.com juga melakukan pengujian terhadap Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan tiga aplikasi benchmarking yang populer di industri smartphone, yakni AnTuTu Benchmark 6.2.7, Geekbench 4, dan 3DMark. Penasaran dengan hasilnya? Semuanya bisa Anda lihat melalui screenshot dibawah ini.

Berikut ini hasil pemotretan menggunakan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro:

Spesifikasi

Dipasarkan untuk menjawab permintaan pengguna yang suka narsis, ASUS pada tahun ini menggelontorkan ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Keduanya memang memiliki perbedaan dan yang bisa terlihat langsung adalah posisi penempatan dual-camera depan serta bodi Zenfone 4 Selfie yang terlihat sedikit lebih tebal.

Berikut spesifikasi lengkap ASUS Zenfone 4 Selfie Pro:

Layar: 5,5 inci Full HD (1.920 x 1.080) AMOLED + 2.5D Corning Gorilla Glass

Sistem Operasi: Android 7.0 Nougat dengan ZenUI 4.0

Chipset: Qualcomm Snapdragon 625 64-bit Octa-core

GPU: Qualcomm Adreno 506

Kamera: 24 MP DuoPixel + 5 MP (Depan), 16 MP (Belakang)

RAM: 4 GB

Media Penyimpanan: 64 GB (Internal Storage), MicroSD hingga 256 GB

Jaringan: GSM/HSPA/4G LTE

Kartu SIM: Hybrid Dual SIM Card (Nano-SIM Card, Dual Stand-by)

Komunikasi dan fitur: WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, Bluetooth 4.2, microUSB 2,0 (Support OTG)

Sensor: Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass

Audio: Hi-Res Audio, DTS HeadPhoneX: 7.1 Virtual Surrond

Baterai: 3.000 mAh Li-Ion (Fast Charging)

Kesimpulan

Ikut meramaikan kompetisi di pasar smartphone, sekaligus untuk menjawab permintaan para penggila selfie dan wefie, ASUS pada tahun ini menelurkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro selain satu saudara kembarnya, yakni ASUS Zenfone 4 Selfie. Tentu saja, ASUS mengemas kedua perangkat tersebut dengan dukungan dual-camera depan sebagai alat jualannya.

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro memiliki dual-camera depan dengan komposisi 24 MP DuoPixel plus 5 MP 120 derajat wide-angle. Bisa dibilang, berkat teknologi ASUS SuperPixel yang disisipkan ke dalam dual-camera depan tersebut plus dukungan teknologi dari Qualcomm, foto selfie maupun wefie yang diciptakan Zenfone 4 Selfie Pro terlihat lebih berkelas dan memiliki citra rasa tinggi.

Tak hanya dukungan dual-camera depan yang diramu apik oleh ASUS ke dalam Zenfone 4 Selfie Pro, tetapi smartphone ini juga memiliki dukungan kamera utama yang tak kalah menarik. Memiliki resolusi 16 MP plus teknologi ASUS SuperPixel, kamera utama ini juga mampu menciptakan foto yang terlihat sangat berkualitas.

Hal menarik lainnya, ASUS juga menyajikan banyak pilihan mode pemotretan lewat dual-camera depannya. Selain opsi Potrait Mode yang memang saat ini sedang populer di sejumlah smartphone dual-camera, ASUS juga menyajikan opsi mode pemotretan lainnya, seperti Auto, Beauty, Selfie Panorama dan GIF Animation.

Tentu saja, dukungan hardware yang disematkan juga menjadi nilai jual tersendiri dari smartphone ini. Siapa yang tidak tertarik, Zenfone 4 Selfie Pro telah disokong dengan chipset Snapdragon 625 64-bit Octa-core yang dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB serta internal storage berkapasitas 64 GB.

Soal dukungan piranti lunaknya tak lagi perlu diragukan. ASUS Zenfone 4 Selfie telah menjalankan Android 7.0 Nougat dengan interface terbaru andalan ASUS, yakni ZenUI 4.0. Pengguna juga bakal dimanjakan dengan beragam aplikasi racikan ASUS yang memperkaya smartphone ini, seperti ASUS ZenUI Safeguard, SelfieMaster, Mobile Manager, dan ASUS WebStorage.

Menyinggung sistem operasi yang disematkan, ada kabar gembira bagi Anda pengguna ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Ya! ASUS menjanjikan bahwa Zenfone 4 Selfie Pro dan Zenfone 4 Selfie akan dipersiapkan untuk menerima Android 8.0 alias Oreo. Tak hanya itu, bagi Anda pengguna ASUS Zenfone 3 Series, ASUS juga menjanjikan hal yang sama.

Tak ketinggalan, ASUS juga melengkapi Zenfone 4 Selfie Pro dengan baterai non-removable Li-Ion berkapasitas 3.000 mAh. Menariknya, baterai yang ditanam ke dalam smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Berkat hadirnya fitur tersebut, pengguna tak perlu menunggu lama untuk melakukan pengisian ulang baterai.

Jika menyinggung kekurangan dari smartphone ini, tentu saja ada. Pertama, soal desain bodi belakang Zenfone 4 Selfie Pro yang dikemas tanpa tekstur sehingga begitu licin saat digenggam. Apalagi jika tangan mudah berkirangat atau basah. Namun, ASUS memberi solusi dengan menyajikan Softcase dalam penjualannya.

Kekurangan kedua, ASUS mengemas wadah Dual SIM Card yang masih mengusung konsep hybrid. Artinya, pengguna harus rela berbagi wadah untuk SIM Card kedua dengan microSD Card. Tentu saja hal ini sangat disayangkan. Padahal pada ASUS Zenfone 4 Selfie, pabrikan asal Taiwan ini sudah mengemasnya lebih baik dengan menyediakan wadah tersendiri untuk microSD Card.

Kekurangan berikutnya, ASUS masih pelit menyisipkan fitur NFC. Seperti kita ketahui, fitur transfer data ini sudah mulai populer dan banyak diadopsi oleh pabrikan smartphone lain. Terakhir adalah kemampuan tahan air atau debu. Lagi dan lagi, ASUS belum mau menyematkan fitur ini. Padahal aktivitas narsis tak sedikit yang melakukannya di alam terbuka sambil bermain air.

Penasaran dengan harga yang ditawarkan oleh ASUS? Zenfone 4 Selfie Pro dibanderol dipasar Indonesia dengan harga Rp4.999.000. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Rogue Red, Sunlight Gold, dan Deepsea Black.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS