October 15, 2017

Carousell dan Jellyplayground Sukses "Memotret Ketakutan" Lewat Acara Walk the Analog

Penulis: Eko Lannueardy
Carousell dan Jellyplayground Sukses "Memotret Ketakutan" Lewat Acara Walk the Analog  

MOBITEKNO – Carousell Indonesia berkolaborasi dengan Jellyplayground belum lama ini sukses menggelar acara bertajuk Walk the Analog. Acara ini sengaja digelar untuk mengajak orang-orang yang ingin belajar lebih jauh mengenai kamera analog. 

Walk the Analog juga menghadirkan workshop, di mana semua para peserta bisa mempelajari seluk-beluk kamera analog, mulai dari mengambil hingga menghasilkan foto yang lebih berkualitas. 

Tak hanya itu, semua peserta yang mengikuti acara ini juga bisa langsung mempraktikkan ilmu yang didapat melalui sesi walking tour yang dibimbing langsung oleh mentor-mentor berpengalaman. 

Membawa tema unik “Capture One’s Fear”, para peserta juga diajak berkeliling untuk menangkap gambar yang merepresentasikan ketakutan mereka dengan menggunakan kamera analog.

"Kami melihat adanya pertumbuhan minat fotografi di komunitas Carousell. Ada sekitar 38.000 listing dalam kategori fotografi, di mana kamera analog menjadi salah satu kamera yang paling sering dicari," ucap Presiden dan Co-founder Carousell, Marcus Tan.

Ditambahkan oleh Marcus, kembalinya hobi fotografi analog menunjukkan bahwa Indonesia kini telah memasuki tren ‘old is new again’. Oleh karena itu, Carousell juga ingin ikut mendukung hobi yang terbilang unik ini.

Tema “Capture One’s Fear” juga menyorot sebuah ketakutan yang tentunya berbeda bagi setiap orang, contohnya sudut ruangan yang mungkin terlihat biasa saja bagi beberapa orang, memiliki faktor “ketakutan” tersendiri bagi orang lain.

Pada fotografi analog, pengguna tidak bisa langsung mengetahui foto yang ditangkap berhasil atau tidak. Pengguna juga tidak bisa menyunting hasil foto, sehingga diperlukan keterampilan khusus untuk bisa mendapatkan foto dengan cerita yang diinginkan. 

"Lewat Walk the Analog kami berupaya untuk mengajarkan peserta agar bisa menghasilkan cerita dari sebuah foto tanpa ada bantuan filter layaknya kamera digital," tambah Marcus.

Lebih menariknya lagi, acara Walk the Analog ini juga mengajak para peserta untuk bagaimana memulai memotret dengan kamera analog. Adalah Renaldy Fernando, Pendiri Jellyplayground yang memaparkan lebih dalam beberapa tips dan trick memulai fotografi analog.

"Pertama, persiapkan kamera analog sesuai dengan pilihan yang diinginkan. Pengguna juga perlu bersenang-senang dengan pilihan fim yang ada. Tak lupa, kita harus mengetahui aturan dasar soal fotografi, mulai dari exposure hingga komposisi," ucap Renaldy.

 

Tags: , , ,


COMMENTS