June 29, 2016

Astra Honda Motor Kembali Gelar Kompetisi untuk Mekanik dan Service Advisor

Penulis: Eko Lannueardy
Astra Honda Motor Kembali Gelar Kompetisi untuk Mekanik dan Service Advisor  

MOBITEKNO – PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda se-Indonesia kembali menggelar uji keterampilan teknik bagi mekanik dan service advisor Honda. Kegiatan bertajuk The 23rd Honda Indonesia Technical Skill Contest digelar untuk memotivasi dan mengukur kompetensi para mekanik serta service advisor Honda di Tanah Air.

Tahun ini, AHM membuka tiga kategori kontes yang terdiri dari mekanik regular, service advisor dan mekanik Pre Delivery Inspection (PDI). Proses seleksi dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), regional main dealer Honda, dan final kontes yang akan dihelat secara nasional.

Seleksi tahap pertama telah berlangsung sejak Desember 2015 hingga Mei 2016. Saat ini, seleksi telah memasuki tahap kedua di tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh seluruh main dealer Honda hingga Juli mendatang. Puncaknya akan dipilih 27 mekanik AHASS, 27 mekanik PDI, dan 27 service advisor terbaik untuk meraih juara nasional yang akan digelar pada 24-26 Agustus 2016.

“Kami berupaya menghadirkan pelayanan terbaik bagi konsumen loyal pengguna sepeda motor Honda. Pada tahun ini kami menambahkan kategori baru untuk segmen mekanik menjadi dua, yaitu mekanik regular dan mekanik PDI," ujar Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division AHM.

Pada tahap pertama peserta akan di uji melalui tes tertulis dan praktek. Sebanyak 18.491 mekanik serta 3.754 service advisor Honda berpartisipasi dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyelesaikan materi terkait pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, system PGM-FI, tools, dan teknologi Honda.

Pada kategori mekanik regular dan PDI Honda, keseluruhan materi dites melalui teknik perawatan, perbaikan dan pemeriksaan sepeda motor. Adapun bagi service advisor Honda, dilakukan uji praktek terkait pemeriksaan sepeda motor, product knowledge, dan customer handling.

Setelah mengikuti seleksi tahap pertama, selanjutnya 3.752 mekanik regular, 512 service advisor, dan 352 mekanik PDI terbaik akan kembali diuji pada tahap regional main dealer dengan materi yang lebih mendalam mengenai analisa teknis, penggunaan alat bengkel, dan trouble shooting‎.

Sementara itu, bagi mekanik PDI ujian praktek akan berkisar tentang mempersiapkan unit sepeda motor sebelum akhirnya diterima dengan baik oleh konsumen, kemampuan mendiagnosa, dan penanganan claim dealer terhadap keluhan pelanggan. Adapun bagi service advisor, penilaian dilakukan dalam bentuk studi kasus terkait pelayanan terhadap konsumen dan kemampuan dalam menjual produk sepeda motor Honda.

 

Tags: , , ,


COMMENTS