June 21, 2016

Prosesor AMD APU Terbaru Hadir Perdana dalam Notebook Acer Kelas Gaming dan Profesional

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Prosesor AMD APU Terbaru Hadir Perdana dalam Notebook Acer Kelas Gaming dan Profesional  

MOBITEKNO – Salah satu kendala utama AMD dalam persaingannnya dengan Intel di dunia prosesor PC, All-in-One PC, atau notebook adalah merangkul sebanyak-banyaknya produsen untuk menghadirkan produk di pasar yang buka hanya menarik dari sisi harga, tapi juga performa dan kualitas.

AMD bukan tidak menyadarinya. Lahirnya generasi prosesor (CPU dan APU) generasi ke-7 terbaru yang diluncurkan belum lama ini merupakan salah satu solusi AMD untuk menarik perhatian para produsen PC/notebook untuk kembali memilih chip AMD.

Di pasar lokal, Acer jadi produsen pertama yang menawarkan serangkaian notebook di Indonesia dengan prosesor AMD Generasi ke-7 (bersandi Bristol Ridge) yang datang dari seri FX, A12, dan A10.

Prosesor AMD Generasi ke-7 sebenarnya masih menyediakan arsitektur lainnya, Stony Ridge, yang diposisikan untuk segmen notebook value/entry level. Namun, pada peluncurannya kali ini (20/6/2016), notebook Acer hanya diperkuat lini prosesor Bristol Ridge yang mengincar segmen pasar mainstream, menengah, hingga ke kelas atas.

Salah satu notebook yang diunggulkan Acer di pasar lokal adalah Aspire E5-553G. Notebook gaming dengan prosesor APU (Accelerated Processing Unit) ini tersedia dalam tiga model prosesor APU, antara lain AMD FX 9800P (Rp 9 juta), AMD A12 9700P (Rp 7,5 juta), dan AMD A10 9600P (Rp 6,8 juta).

Armawati Cen, Marketing Manager AMD Indonesia, dalam sambutannya mengatakan, "Kami menghadirkan pengalaman gaming yang lebih immersive di notebook dengan prosesor APU AMD generasi ke-7 (Bristol Ridge) ini.”

“Dibandingkan dengan generasi keenam, ada peningkatan kinerja hingga 30 persen lebih cepat," kata Dianah, Head of Consumer Product Acer Indonesia yang hadir dalam peluncuran notebook terbaru ini.

Spesifikasinya Aspire E5-553G memang lebih ditujukan bagi para gamer. Selain menggunakan prosesor AMD yang sudah mengintegrasikan GPU Radeon R8 M445 DX (VRAM 2 GB), notebook ini juga datang dengan layar lumayan besar (15,6 inci, resolusi 1.366 x 768 pixel), dukungan RAM SO-DIMM DDR4 Dual-Channel, dan hard disk 1 TB.

Selain ditargetkan bagi para gamer, Acer pun melihat notebook ini juga layak digunakan para profesioanal di bidang desainer atau fotografi yang membutuhkan kenirja computing dan graphics yang mumpuni.

Salah satu varian atas Aspire E5-553G (dengan prosesor AMD FX 9800P) juga menyediakan dukungan dual storage, yang selain menyediakan hard disk juga bisa dipasangkan dengan media SSD berkapasitas 128 GB untuk mepercepat start dan jalannya beragam game dan software profesional.

Notebook Aspire E5-553G mulai tersedia di pasaran sejak 20 Juni 2016. Salah satu varian tertingginya yang dijual seharga Rp 9 juta (Rp 8.999.000,-) sudah dilengkapi dengan prosesor quad core AMD FX 9800P (APU dengan Radeon Radeon R8 M445 DX VRAM 2 GB), HDD 1 TB, SSD 128 GB, RAM 8 GB (2x 4 GB SO-DIMM DDR4 Dual-Channel), dan sistem operasi aLinux.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS