July 12, 2016

Smartfren Mencatat Kenaikan Trafik Data Mencapai 160,74% Selama Idul Fitri 2016

Penulis: Eko Lannueardy
Smartfren Mencatat Kenaikan Trafik Data Mencapai 160,74% Selama Idul Fitri 2016  

MOBITEKNO – Selama hari raya Idul Fitri tahun 2016, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) yang telah mengembangkan jaringan 4G LTE Advanced terluas di Tanah Air berhasil melayani seluruh pelanggannya tanpa mengalami kendala mulai dari H-1 hingga H+1 hari raya Idul Fitri.

Secara total terjadi peningkatan trafik data sebesar 160,74% jika dibandingkan dengan perayaan Idul Fitri di tahun 2015. Peningkatan terbesar terjadi di Jabodetabek dan Jawa Timur. Meski demikian, di tahun 2016 ini terjadi penurunan trafik untuk voice serta SMS masing masing sebesar -40,55% dan -22,47%.

Pihak Smartfren juga menyebutkan bahwa ada tren baru dalam berkomunikasi di hari raya kali ini, yaitu memanfaatkan teknologi video call. Tercatat, trafik video call via VoLTE meningkat sebesar sebesar 37,72% dibandingkan dengan hari biasa. Sedangkan voice call melalui VoLTE mengalami penurunan sebesar -17,44%.

"Trafik voice serta SMS memang mengalami penurunan. Masyarakat lebih memanfaatkan instant messenger, seperti Line, BBM, serta Whatsapp untuk mengirimkan ucapan Lebaran. Namun, kami juga melihat ada tren baru dalam berkomunikasi, yaitu menggunakan video call, terlihat dari adanya peningkatan trafik VoLTE," ujar Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren.

Selama Ramadhan untuk memastikan pelanggan mendapatkan komunikasi yang prima, Smartfren telah melakukan dua langkah pembenahan, yakni melakukan monitoring dan penanganan gangguan selama 24 jam mulai dari H-14 hingga H+14 Idul Fitri serta melakukan backup sistem di wilayah yang diprediksi memiliki trafik tinggi.

"Tak hanya sekadar memonitoring dan melakukan perbaikan gangguan, kami juga menyediakan sebanyak 265 unit BTS baik fixed dan temporary di sepanjang jalur mudik. Selain itu, kami juga menyiapkan sebanyak 176 unit BTS di kota-kota yang memiliki trafik tinggi," tambah Merza.

Tak hanya itu, Smartfren juga menggelar program promo bagi pelanggan baru untuk memiliki MiFi. Cukup dengan membeli kuota sebesar 30GB seharga Rp 300.000, konsumen bisa langsung mendapatkan Andromax M2Y MiFi. Bahkan, promo ini berlaku hingga 30 Desember 2016 mendatang.

"Langkah Smartfren melalui program ini, ternyata mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pelanggan. Hal ini didukung data dari tim network Smartfren yang menunjukkan penggunaan data yang signifikan oleh pelanggan untuk menikmati hiburan, baik streaming video, chat, browsing dan media sosial selama mereka mudik," pungkas Merza.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS