October 7, 2016

Saat Menunggu, Koneksi Internet Lebih Penting Ketimbang Ditemani Kerabat

Penulis: Desmal Andi
Saat Menunggu, Koneksi Internet Lebih Penting Ketimbang Ditemani Kerabat  

MOBITEKNO – Saat ini internet sudah menjadi bagian yang sulit terpisahkan bagi hampir seluruh penduduk di perkotaan. Terbukti, di saat menunggu sesuatu, koneksi internet lah yang paling dibutuhkan orang Indonesia. Adanya koneksi internet di saat menunggu bahkan mengalahkan aktivitas berbincang dengan keluarga atau kerabat. Inilah yang tercatat dari hasil survei Opera di sembilan kota besar di Indonesia.

Hasil survei tersebut menginformasikan sebesar 78% responden memilih koneksi internet sebagai teman untuk menunggu. Sementara ditemani oleh kerabat menempati posisi kedua dengan 52,9%. Urutan selanjutnya adalah makanan minuman (40%), bahan bacaan (29,1%), dan ruangan yang nyaman (23,5%). Hasil ini sudah menggambarkan, ruangan yang tidak nyaman pun tidak begitu bermasalah saat orang Indonesia menunggu sesuatu.

Survei yang dilakukan pada bulan Agustus 2016 dengan mengambil 1.000 responden ini juga mencatat bahwa koneksi internet menjadi hal yang begitu penting. Sejumlah 66% responden mengaku rela mengorbankan beberapa hal guna mendapatkan koneksi internet saat menunggu, dengan pembaagian 31% dari mereka rela mengorbankan jatah makan dan minum koi, 23% rela mengorbankan waktu mandi, 18% rela mengorbankan makan malam har ini, 18% rela tidak membaca buku yang dibawa, dan 10% rela mengorbankan dokumen pekerjaan yang sudah dibawa.

Selanjutnya, apa yang dilakukan para responden ini saat menunggu dengan koneksi internetnya? Ternyata aktivitas yang paling banyak dilakukan adalah mengakses media sosial. Selanjutnya disusul dengan berselancar (browsing), mendengarkan musik, dan bermain game di smartphone.

Melihat masih banyaknya waktu terbuang karena beberapa hal yang sering terjadi di perkotaan, sehingga membuat para komuter lebih sering menunggu, Opera Software pun mengajak para komuter ini untuk ikut dalam gerakan #DaripadaNunggu dengan mengakses website www.daripadanunggu.com. Mereka yang bergabung dapat berpartisipasi dalam video interaktif yang disutradarai Salman Aristo dan didukung oleh selebriti vlog Indonesia, Andovi da Lopez dan Babe Cabita.

Waktu adalah aspek kehidupan krusial dan sudah seharusnya dimanfaatkan seefisien mungkin. Ingatlah, bahwa kita tidak dapat memutar balik waktu barang sedetik pun,” ujar Salman Aristo, sutradara konten video Opera. “Opera selalu mengambil bagian dalam berbagai proyek menarik yang mengangkat isu-isu penting,” tambah Salman.

Selain melalui website, pengguna juga dapat berpartisipasi melalui tagar #DaripadaNunggu di Twitter. Gerakan sosial ini bertujuan untuk menghemat satu juta jam yang biasanya menjadi sia-sia akibat tidak produktif saat menunggu.

Tags: , , ,


COMMENTS