September 7, 2016

Selain Edukatif, Mini Game "Let’s Play bersama Bawang Putih" Juga Bantu Latih Motorik Anak

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Selain Edukatif, Mini Game "Let’s Play bersama Bawang Putih" Juga Bantu Latih Motorik Anak  

MOBITEKNO – Qajoo Studio (baca: Kayu Studio), developer lokal aplikasi dan game mobil, baru saja (6/9/2016) meluncurkan mini games terbaru CERI (Cerita Rakyat Indonesia) “Let’s Play bersama Bawang Putih”. Game yang bisa diunduh gratis di Play Store dan App Store ini menyediakan 5 permainan edukatif bagi anak-anak, termasuk melatih kemampuan motorik daya ingatnya.

Sebelumnya, Qajoo Studio sudah merilis empat buku digital mobile CERI (Android dan iOS), di ataranya serial ‘Bawang Merah dan Bawang Putih, ’Kancil dan Buaya; ‘Lutung Kasarung’; dan Tupai & Ikan Gabus’.

Menurut Yessica Haryanto, Lead Designer Artist CERI, “Game “Let’s Play Bersama Bawang Putih” bisa menemani anak-anak dalam menyelesaikan beberapa kegiatan yang akrab ditemuinya di kehidupan mereka.”

“Selain itu, aktivitas yang terdapat dalam mini game ini dapat memberikan efek positif pada anak-anak seperti meningkatkan reaksi spontan, melatih kemampuan identifikasi dan kemampuan motorik", tambahnya Yessica.

Seperti mini games CERI sebelumnya, “Let’s Play bersama Bawang Putih" juga menghadirkan lima pilihan permainan edukatif memikat untuk anak-anak dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Ditemani oleh tokoh utamanya yang pintar dan baik hati, si Bawang Putih, anak-anak akan diarahkan menyelesaikan misi tertentu dalam setiap level permainan.

Lima pilihan permainan edukatifnya antara lain, (1) Membantu Bawang Putih memisahkan bahan makanan dan sampah, (2) Menebak labu yang berisi perhiasan, (3) Membantu Bawang Putih mengembalikan barang-barang yang hilang dari rak buku, (4) Membantu Bawang Putih mengambil baju yang hanyut di sungai, dan (5) Membantu Bawang Putih membersihkan piring dengan sabun warna-warni.

Kualitas grafik yang baik dan responsif disertai dengan musik background baru yang lebih ceria, diharapkan akan membuat pengalaman belajar si kecil lebih menarik dan tak terlupakan.

Selain kelima permainan, ada satu fitur terbaru yang dianggap bisa melatih kemampuan motorik anak. Pada level/stage permainan membantu Bawang Putih memisahkan bahan makanan dan sampah, anak-anak bisa memiringkan (tilt) device mereka, supaya bahan makanan masuk ke kuali dan sampah masuk ke keranjang sampah.

Memiringkan device ke kiri dan kanan adalah fitur dalam mini games ini yang dapat meningkatkan kemampuan motorik anak-anak. CERI mini games "Let’s Play bersama Bawang Putih" dirancang khusus untuk menyelaraskan kemampuan berpikir, kemampuan responsif, dan juga kemampuan untuk mengidentifikasi warna, ukuran dan jenis benda tertentu bagi si anak.

Mini games ini cocok dimainkan oleh anak-anak usia 4 hingga 7 tahun. Bagi para orang tua yang tertarik dengan buku cerita digital CERI Bawang Merah dan Bawang Putih dapat langsung mengunduhnya di dalam permainan ini.

Meski khusus untuk anak-anak, para orang tua disarankan menemani anak-anak selama bermain mini game ini. Tujuannya agar terjalin tali hubungan yang kuat antara orang tua dan anak. Dengan demikian, si kecil bisa merasakan kasih sayang orang tua mereka melalui kehadiran orang tua dalam kegiatan yang dilakukan si kecil.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS