September 28, 2015

Let’s Play with Squirrel: Satu lagi, Mini Games CERI Terbaru dari Qajoo Studio

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Let’s Play with Squirrel: Satu lagi, Mini Games CERI Terbaru dari Qajoo Studio  

MOBITEKNO – Qajoo Studio, developer lokal aplikasi mobile dan games secara resmi (25/9/2015) meluncurkan mini games CERI (Cerita Rakyat Indonesia) “Let’s Play bersama Tupai” atau “Let’s Play with Squirrel” yang tersedia gratis di Google Play Store dan App Store. Di dalamnya terdapat lima permainan sederhana yang menjanjikan aktivitas belajar sambil bermain menjadi lebih menyenangkan.

Sebelumnya, Qajoo Studio (dibaca: Kayu Studio) telah meluncurkan empat (4) aplikasi mobile buku cerita digital CERI (Cerita Rakyat Indonesia), antara lain “Kancil dan Buaya”, “Bawang Putih dan Merah”, “Lutung Kasarung”, dan “Tupai dan Ikan Gabus”.

Ariel Widjaja, CCO Qajoo studio mengatakan, “Aplikasi mini games CERI dapat membantu melatih cara berpikir si anak sehingga menjadi lebih cepat tangkap. Beberapa karakter yang ada di dalam buku cerita digital CERI sebelumnya “Kancil dan Buaya”, juga akan ditampilkan di dalam aplikasi ini”.

Salah satu dampak perkembangan teknologi yang pesat adalah kehadiran gadget, misalnya smartphone atau tablet di tengah-tengah keluarga, termasuk anak-anak. Gadget pun menjadi jalan pintas bagi siapa saja ke dunia maya unutk mengakses berbagai informasi dan hiburan yang nyaris tanpa batas.

Kemudahan mengakses informasi di Internet bisa membawa dampak positif atau negatif bagi si anak. Oleh karena itu, peran orang tua menjadi penting dalam mengawasi anak bagaimana mereka mengakses informasi atau mengunduh aplikasi di Internet.

Kehadiran aplikasi yang positif bagi anak-anak pun diperlukan agar para orang tua tidak ragu harus memilih man yang berdampak baik dan buruk bagi si anak. Kehadiran mini games CERI diharapkan bisa membantu orang tua dalam memberikan pembelajaran dan serta membangun interaksi personal dengan anak-anak sambil mengamati mereka bermain.

Qajoo Studio mengemas aplikasi atau game mini ini menjadi sebuah permainan yang menyenangkan dan sederhana. Dengan kata lain, layaknya sebuah aplikasi edutainment, si anak diharapkan bisa belajar sekaligus bermain saat menggunakannya.

“Let’s Play bersama Tupai” merupakan mini games CERI yang menyuguhkan lima (5) macam permainan dalam satu aplikasi tanpa ada alur cerita. Lima permainan yang ada di dalam game ini terdiri dari; (1) permainan menghubungkan titik berwarna, (2) memasukan buah kelapa ke dalam keranjang, (3) berlayar dengan perahu kelapa, (4) menyingkirkan benda-benda untuk dapat melanjutkan perjalanan, dan (5) membantu ikan-ikan lucu untuk mencari makan.

Mini games ini diklaim bisa membantu anak-anak berlatih ketajaman visual dalam mengenal warna dan melatih gerakan kinetis tangan anak. Dengan desain yang penuh warna diiringi latar musik yang menyenangkan, diharapkan anak-anak tidak akan mudah bosan sehingga tujuan bermain sambil belajar pun bisa terwujud.

Selain tersedia dalam dua pilihan dua bahasa (Indonesia dan Inggris), mini games “Let’s Play bersama Tupai” ini juga bisa merangsang perkembangan otak anak baik secara verbal, seperti mengikuti Tupai berbicara, dan non verbal, seperti menggerakan jari tangan saat bermain.

Dalam setiap permainan, karakter lucu si Tupai akan memberikan petunjuk dan instruksi bagi si anak agar dapat menyelesaikan game ini dan mendapatkan bintang ajaib. Misalnya, si anak harus menghubungkan titik-titik berwarna untuk dapat membentuk suatu benda sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh si Tupai. Karakter Tupai ini sendiri sebelumnya sudah ada dalam buku cerita digital CERI yang berjudul “Tupai dan Ikan Gabus”.

Para orang tua yang ingin anak-anak mereka mengetahui lebih banyak tentang CERI (Cerita Rakyat Indonesia), dapat mengunduh buku cerita digital CERI langsung di dalam permainan ini sesuai dengan ketentuan yang ada.

Anak-anak usia 4 hingga 7 tahun dapat memainkan “Let’s Play bersama Tupai” dengan mengunduhnya di Google Play Store untuk tablet/smartphone berbasis Android OS dan Apple App Store untuk perangkat iOS.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS