September 16, 2015

Teknologi Nokia Networks Miliki Peran Penting dalam Jaringan LTE Smartfren

Penulis: Desmal Andi
Teknologi Nokia Networks Miliki Peran Penting dalam Jaringan LTE Smartfren  

MOBITEKNO – Nokia Networks mendukung berkembangnya jaringan LTE yang menawarkan konseksi data cepat. Oleh sebab itu, melalui jaringan TDD FDD LTE di Indonesia, Smartfren sebagai salah satu operator penyedia layanan data dan komunikasi di Indonesia akan menyiapkan jaringan ini di 11 kota di Indonesia.

Melalui penggunaan teknologi TDD-FDD LTE, operator mendapat keuntungan tersendiri dari sisi fleksibilitas penggunaan telco cloud dengan virtualisasi EPC. Teknologi yang ditawarkan Nokia Networks ini, memungkinkan operator untuk menyediakan koneksi yang lebih baik sehingga pelanggan dapat menikmati berbagai layanan data seperti multimedia streaming, game online, coud data, dan video conference.

“Investasi Smartfren pada jaringan LTE-Advanced baru dengan kapabilitas broadband dan broadcast menandai tonggak perjalanan utama pada industri telekomunikasi di Indonesia,” kata Dharmesh Malhotra, Head of Indonesia Nokia Networks. “Smartfren mengambil langkah penting menuju telco cloud dengan virtualisasi EPC. Kami di Nokia Networks dengan bangga mendukung operator ini atas inisiasinya untuk menghadirkan konektivitas dan layanan kelas dunia kepada pelanggan di Indonesia,” tambah Malhotra.

Smartfren sendiri, saat ini sedang gencar dalam menawarkan layanan 4G LTE di Indonesia. Dalam menyediakan layanan LTE di Indonesia, operator ini menanamkan investasi yang cukup besar, terutama dalam hal teknologi yang mendukung layanan ini, seperti yang ada pada Nokia Networks.

“Smartfren dengan bangga meluncurkan layanan 4G LTE terluas dan paling unggul di Indonesia secara resmi. 4G LTE-Advanced akan memungkinkan pelanggan kami menikmati multimedia streaming, game online, penyimpanan cloud dan video conference yang telah ditingkatkan,” kata paul Hodges, CEO Smartfren. “Smartfren berkomitmen untuk menghadirkan teknologi 4G LTE terbaik ke Indonesia untuk memberikan tidak hanya pengalaman kecepatan 4G LTE lebih tinggi, namun lebih stabil dan handal,” tambah Hodges.

Selain fleksibel, teknologi TDD-FDD LTE dari Nokia Networks ini juga memberikan berbagai kelebihan bagi operator. Di dalam teknologi ini sudah tercakup penggunaan solusi Evolved Packed Core (EPC), hardware commercial single RAN Advanced, system manajemen jaringan tervisualisasi dalam netAct, hingga iSON manager sebagai solusi Self Organizing Networks terpusat untuk mengoptimasi efisiensi jaringan smartfren.

Tags: , , , , ,


COMMENTS