September 8, 2015

Haier Tampilkan AC dan Kulkas Cerdas di IFA 2015 Berlin

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Haier Tampilkan AC dan Kulkas Cerdas di IFA 2015 Berlin  

MOBITEKNO – Sejak hadir satu abad lalu, peralatan elektronik rumah tangga telah menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia sehari-hari dan mendukung transformasi kehidupan manusia secara signifikan. Meski demikian, tidak sedikit pula yang malah merepotkan dan berdampak negatif terhadap kesehatan manusia.

Contohnya, mesin cuci dan lemari pendingin (kulkas) yang hingga kini masih punya beberapa kelemahan. Masih ditemui mesin cuci dengan kompartemen yang tidak bisa diakses dan dibersihkan sehingga tidak menjamin kebersihan pakaian yang dicuci. Begitu juga dengan kulkas yang kurang sempurna bisa menjaga keawetan makanan agar tetap kering.

Produsen elektronik Tiongkok, Haier, mencoba menjawab tantangan tersebut pada berbagai produk elektronik rumah tangga terbarunya di ajang elektronik bergengsi, IFA 2015, Berlin Jerman.

Haier menghadirkan berbagai peralatan elektronik rumah tangga yang memiliki sistem self-maintenance cerdas dan menjamin terpenuhinya kebutuhan pengguna akan keselamatan, keamanan, kebersihan, dan tentunya kesehatan.

Haier mencoba mewujudkannya dengan sistem deteksi, peringatan, dan aktivasi proaktif untuk menggantikan sistem pasif yang selama ini banyak digunakan. Haier pun menjanjikan peralatan elektronik rumah tangganya lebih cerdas, aman, dan sehat tanpa perlu intervensi manual (manusia).

Salah satu produk pintar yang dipamerkan Haier adalah pendingin ruangan atau AC (Air conditioner) Dizun dan kulkas dengan sistem pemisah makanan kering dan makanan basah.

Di daerah beriklim lembab, AC rentan menjadi sarang bakteri dan kuman karena adanya polutan yang menumpuk secara kumulatif. AC Dizun diklaim bisa mencegah hal tersebut dengan membersihkan sistem penukar panas internal dan membuang debunya secara cepat. Dengan demikian, kekhawatiran konsumen pada AC kotor yang menjadi sumber polusi kedua pun bisa dihilangkan.

Sebagai pelopor teknologi ruang pemisah makanan kering dan basah, kulkas Haier, dengan fitur pengendali kelembaban otomatisnya bisa mencegah makanan kering (di ruang kering) menjadi lembab dan makanan basah (di ruang basah) menjadi kering. Dengan demikian, keawetan dan kualitas makanan yang tersimpan pun menjadi terjamin.

Haier juga berkomitmen untuk menjadikan seluruh dunia sebagai lansekap penelitian dan pengembangan, serta bekerjasama dengan perusahaan inovatif lainnya via platform terbuka (open platform) dan menciptakan jaringan sumber daya inovatif global yang kini direpresentasikan melalui lima pusat litbang Haier di seluruh dunia.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS