June 5, 2015

Maruti Suzuki Kembangkan Mesin Diesel Ringan untuk Celerio

Penulis: Desmal Andi
Maruti Suzuki Kembangkan Mesin Diesel Ringan untuk Celerio  

MOBITEKNO – Baru-baru ini, Suzuki menginformasikan sedang mengembangkan mesin ringan berbahan bakar diesel untuk mobil kompak mereka, Maruti Suzuki Celerio. Mesin diesel berkapasitas 793 cc ini khusus dibuat untuk pasar city car di India.

Dibangunnya mesin diesel pertama yang diproduksi oleh Suzuki untuk mobil penumpang ini karena ada permintaan yang cukup banyak di negara India. India memang masih memberikan subsidi bahan bakar diesel untuk masyarakatnya.

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 47 HP pada 3.500 RPM dengan torsi 125 Nm di angka 2.000 RPM. Dengan integrasi mesin diesel, konsumsi Celerio bisa menjadi lebih efisien, yaitu 27,62 km/liter. Konsumsi bahan bakar ini tentu membuat Celerio menjadi mobil terhemat di India.

Dalam mengembangkan mesin diesel ini, Maruti Suzuki memang berkonsentrasi pada penghematan bobot mesin. Oleh sebab itu, mesin diesel berkode E08A ini menggunakan bahan dasar aluminium untuk blok silindernya. Walaupun ringan, mesin dapat memberikan torsi tinggi di putaran rendah. Ditambah dengan lebih mengoptimalkan Flywheel, frekuensi getaran pada mesin dapat dikurangi.

Suzuki Celerio sendiri dipastikan akan masuk ke pasar Indonesia. Melalui PT Suzuki Indomobil Sales, Suzuki Celerio akan dirilis pada tanggal 6 Juni 2015 di arena Pekan Raya Jakarta Kemayoran.

Spesifikasi mesin Diesel E08A untuk Maruti Suzuki Celerio:

""

Sumber: carscoops

Tags: , , , ,


COMMENTS