September 30, 2024

Lintasarta Luncurkan Cloud GPU Marketplace, Pacu Ekosistem Digital dan AI Nasional

Penulis: Iwan RS
Lintasarta Luncurkan Cloud GPU Marketplace, Pacu Ekosistem Digital dan AI Nasional 

Mobitekno – Lintasarta, penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terkemuka, resmi meluncurkan Cloud GPU Marketplace, sebuah website inovatif yang mempermudah akses layanan Deka GPU (Graphics Processing Unit) secara self service atau mandiri. Langkah ini menjadi bagian dari komitmen Lintasarta untuk mempercepat pengembangan ekosistem digital dan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia melalui inisiatif GPU Merdeka.

Sebagai satu-satunya NVIDIA Cloud Partner di Indonesia, Deka GPU dari Lintasarta dibangun dengan standar arsitektur dan performa yang telah divalidasi oleh NVIDIA. Ini memastikan bahwa layanan GPU yang disediakan memiliki kualitas dan keandalan tinggi, sesuai dengan standar global yang ditetapkan oleh NVIDIA.

Dengan dukungan ini, Lintasarta dapat menawarkan solusi GPU yang optimal untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pengembangan AI, analisis data, hingga rendering grafis. Hal ini tentunya akan sangat mendukung transformasi digital dan inovasi teknologi di Indonesia.

Cloud GPU Marketplace Lintasarta yang dapat diakses melalui www.lintasarta.net/deka-gpu menghadirkan berbagai fitur unggulan yang memudahkan pengguna dalam memanfaatkan layanan Deka GPU sesuai kebutuhan.

GPU Merdeka 02

Fitur Self Service memungkinkan pengguna untuk mengelola layanan GPU secara mandiri, memberikan kemudahan dengan hanya beberapa langkah. Selain itu, platform ini menawarkan layanan Fractional Virtual GPU, yang memungkinkan pengguna memilih paket GPU dengan spesifikasi yang sesuai.

Platform ini juga dilengkapi dengan sistem Flexibility & Pay-as-you-go, memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk membayar hanya sesuai dengan sumber daya yang mereka gunakan. Keamanan data pun menjadi prioritas utama melalui fitur Data Sovereignty, yang memastikan data pelanggan aman dan sesuai dengan regulasi serta standar keamanan lokal.

GPU Merdeka

Untuk bisnis, tersedia kemampuan White Label via Application Programming Interface(API) Connect yang memungkinkan layanan GPU dijual kembali dengan kepemilikan branding sendiri.

Gidion Suranta Barus, Chief Cloud Officer Lintasarta, menekankan pentingnya Cloud GPU Marketplace Lintasarta dalam mendukung transformasi digital industry nasional.

“Kami ingin memastikan bahwa teknologi Cloud GPU dapat diakses oleh berbagai stakeholder bisnis dari berbagai sektor industri, sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing, terutama di era AI yang semakin berkembang,” ujar Gidion di Jakarta (30/9/2024).

Deka GPU dan Cloud GPU Marketplace berperan krusial dalam pengembangan ekosistem digital dan AI

Cloud GPU Marketplace merupakan bagian dari ekspansi Lintasarta dengan sebelumnya telah meluncurkan GPU Merdeka sebagai sovereign AI Cloud kerjasama dengan NVIDIA yang dirancang sebagai supercomputing cloud dengan teknologi tercanggih dan pertama di Indonesia.

Teknologi ini dirancang untuk mendukung komputasi skala besar dan beban kerja berbasis AI, memberikan solusi komputasi yang lebih terjangkau dengan performa tinggi dan fleksibilitas pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis lokal serta dapat ditemui dalam Marketplace Lintasarta.

Tidak hanya menghadirkan teknologi mutakhir, Lintasarta juga berkomitmen dalam membangun ekosistem digital melalui program AI Nation, yang bertujuan untuk mengembangkan talenta dan teknologi AI di Indonesia. Program ini meliputi pengembangan talenta lokal melalui AI Workforce, penciptaan lingkungan inovasi AI melalui AI Ecosystem, serta penerapan teknologi AI di sektor-sektor industri melalui AI Use Case.

Lintasarta

Layanan cloud komputasi GPU yang ditawarkan Lintasarta melalui Deka GPU dan Cloud GPU Marketplace dapat memainkan peran krusial dalam pengembangan ekosistem digital dan AI di Indonesia. Dengan menyediakan akses ke kekuatan komputasi tinggi tanpa investasi hardware yang besar, layanan ini menurunkan hambatan masuk bagi inovator, peneliti, dan perusahaan di bidang AI.

Skalabilitas, efisiensi biaya, dan model pay-as-you-go memungkinkan alokasi sumber daya yang lebih efektif, mendorong eksperimentasi dan inovasi dalam teknologi canggih.

Lebih lanjut, ketersediaan infrastruktur AI canggih ini mendukung pengembangan talenta lokal, meningkatkan daya saing global perusahaan Indonesia, dan mempercepat adopsi AI di berbagai sektor. Ini juga memfasilitasi penelitian tingkat lanjut, mendukung kemandirian teknologi, dan membantu pengelolaan data lokal yang aman.

Dengan demikian, inisiatif seperti ini tidak hanya mendukung pengembangan teknologi saat ini, tetapi juga mempersiapkan Indonesia untuk masa depan di mana AI dan teknologi digital akan semakin menjadi bagian integral dari ekonomi dan masyarakat.

Melalui inisiatif peluncuran Cloud GPU Marketplace pada akhirnya sejalan dengan noble purpose Lintasarta untuk memperkuat potensi terbaik digital Indonesia dengan solusi inovatif, menciptakan dampak positif bagi industri nasional, dan mendukung visi besar Indonesia Emas 2045.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS