June 30, 2024

Lazada Gandeng Orderan Tepat Waktu (OTW), Wujudkan Pengiriman Ramah Lingkungan dan Kurir Lebih Sejahtera

Penulis: Rizki R
Lazada Gandeng Orderan Tepat Waktu (OTW), Wujudkan Pengiriman Ramah Lingkungan dan Kurir Lebih Sejahtera  

MobiteknoLazada Indonesia belum lama ini meluncurkan program inisiatif keberlanjutan, melalui  #BlueVehicle, yang merupakan kolaborasi dengan PT OTW Sinergi Niaga (OTW) untuk menggunakan armada sepeda motor listrik dalam operasional logistik.

Berdasarkan penelitian dari Global Carbon Project (2022), Indonesia adalah penghasil karbon ketujuh terbesar di dunia. Meski begitu, pemerintah menargetkan penurunan emisi karbon sebesar 29% pada 2030 dan mencapai nol emisi pada 2060.

Partisipasi sektor swasta sangat didorong dalam upaya ini, dan Lazada merespons dengan berbagai inisiatif ramah lingkungan.

Lazada

Pemerintah Indonesia terus berupaya mengatasi berbagai isu lingkungan dan perubahan iklim, termasuk polusi udara. Salah satu inisiatif utama adalah Program Langit Biru, yang diluncurkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 1996. Program ini bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dari industri serta kendaraan bermotor.

Lazada: Pionir Solusi Ramah Lingkungan di E-Commerce

Lazada

Sebagai platform e-commerce pertama yang mengusung solusi ramah lingkungan, Lazada terus berinovasi. Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata, menyatakan bahwa perusahaan berkomitmen membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan. Pengembangan armada #BlueVehicle menjadi salah satu langkah konkret untuk mengurangi jejak karbon dalam pengiriman paket.

Kolaborasi Lazada dan OTW dengan armada #BlueVehicle difokuskan pada konsumen di area Tangerang, Banten, hingga Bogor dan Bekasi, Jawa Barat. OTW, yang didirikan pada 2023, memiliki visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik.

Keberlanjutan dan Kesejahteraan Kurir

Penggunaan kendaraan listrik tidak hanya berdampak positif pada lingkungan tetapi juga meningkatkan kesejahteraan mitra kurir Lazada di OTW. Kendaraan listrik membantu kurir menghemat waktu dan energi, serta mengurangi biaya bensin, sehingga meningkatkan pendapatan mereka.

Dengan biaya pengisian daya sekitar Rp5 ribu, kendaraan listrik bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer. Fasilitas pengisian daya tersedia di semua hub OTW yang melayani pengiriman paket, memastikan kurir bisa mengisi daya kendaraan sambil memuat paket.

Bersama OTW, Lazada memperluas akses belanja online bagi konsumen di area Bogor dan sekitarnya, termasuk di daerah terpencil. Armada kendaraan listrik OTW mengantarkan paket setiap hari, bahkan saat volume pengiriman meningkat selama festival belanja online.

1719724313230

Upaya keberlanjutan kedua perusahaan mendapat apresiasi dari konsumen. Kurir sering berbagi cerita tentang penggunaan kendaraan listrik dan upaya ramah lingkungan mereka kepada konsumen, yang kemudian terinspirasi untuk mengadopsi gaya hidup lebih ramah lingkungan.

“Dengan dukungan infrastruktur dan teknologi canggih di Lazada, serta keahlian lokal dari mitra strategis seperti OTW, kami berharap dapat memperluas kemitraan dan akses masyarakat ke ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan,” tutup Stefan Winata.

Tags: , , , , ,


COMMENTS