June 28, 2024

MediaTek Bangun Masa Depan dengan Pengembangan Teknologi AI

Penulis: Desmal Andi
MediaTek Bangun Masa Depan dengan Pengembangan Teknologi AI  

Mobitekno – MediaTek menyadari hal ini. AI memang menjadi hal yang banyak dibicarakan di saat ini. Teknologi ini mampu menjadi solusi untuk berbagai masalah dengan cara mengolah dan menyimpulkan dari banyak data yang beredar. Untuk itu, teknologi AI ini perlu dikembangkan lebih lanjut sebagai solusi masa depan. MediaTek pun menyetujui hal ini. Perusahaan teknologi ini baru saja mengungkapkan bahwa mereka telah menjadi vendor chipset selular nomor satu dunia selama hampir empat tahun berturut-turut sejak kuartal ketiga tahun 2020. Pencapaian ini mengukuhkan posisi MediaTek sebagai pemimpin berkelanjutan di pasar chipset global.

Tidak hanya itu, perusahaan juga menyoroti bahwa kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu dari tiga pasar utama yang mencatatkan Total Addressable Market (TAM) sebesar 50% untuk ponsel pintar pada tahun lalu. Angka-angka ini semakin mempertegas bahwa perusahaan teknologi ini sudah sangat siap untuk memenuhi permintaan konsumen teknologi modern, terutama di kawasan Asia Tenggara, di mana tingkat kecanggihannya yang tinggi mencerminkan kualitas yang ditawarkan oleh MediaTek.

Di acara MediaTek Indonesia Media Gathering 2024 yang berlangsung kamis 27 Juni 2024 di Jakarta, Finbarr Moynihan, Vice President Corporate Marketing MediaTek menyatakan bahwa teknologi AI menjadi hal yang begitu krusial saat ini. Dibutuhkan perangkat yang juga menunjang perkembangan teknologi tersebut. Dan saat ini, kami berada di posisi strategis sebagai pendorong pertumbuhan teknologi AI Generatif di banyak aplikasi, tidak hanya pada ponsel pintar, Chromebook, dan TV pintar, namun juga solusi otomotif dan solusi cerdas yang akan sangat dipengaruhi oleh teknologi AI.

MediaTek
Finbarr Moynihan (tengah)

MediaTek Kembangkan Teknologi Masa Depan dengan Teknologi AI

Hingga saat ini, teknologi AI dan AI generatif dilihat sebagai peluang penting dan transformatif yang akan membentuk masa depan teknologi. Perusahaan menyadari potensi besar AI dalam mendorong inovasi dan efisiensi di berbagai aplikasi. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi AI, MediaTek berkomitmen untuk tetap berada di garis depan, memanfaatkan keahliannya dalam mengembangkan solusi yang memenuhi permintaan konsumen dan industri global yang terus meningkat.

Gen-AI atau AI generatif diharapkan dapat mendorong inovasi di berbagai pasar. MediaTek mengumumkan bahwa mereka memperluas ekosistemnya dengan dukungan dari Baidu dan LLama, antara lain, untuk memberdayakan Gen-AI dalam perangkat dengan fitur-fitur real time seperti penghapusan objek dan pembuatan gambar.

“Selain itu, kini kami juga berfokus pada pusat data cloud. Infrastruktur cloud dan pusat data untuk teknologi AI sangatlah penting, dan kami melihat peluang besar bagi MediaTek di sana,” ujar Finbarr.

MediaTek juga mengumumkan bahwa mereka memperluas ekosistem Gen-AI-nya dengan dukungan dari Baidu dan LLama, antara lain, untuk memberdayakan Gen-AI pada perangkat dengan fitur-fitur real time seperti penghapusan objek dan pembuatan gambar. Langkah ini menegaskan komitmen perusahaan dalam mengembangkan teknologi canggih yang dapat mendorong inovasi di berbagai pasar.

MediaTek
Genio, salah satu solusi MediaTek yang turut dikembangkan untuk mengikuti perkembangan teknologi saat ini,

Keterlibatan MediaTek di Indonesia

Pada acara ini MediaTek juga mengumumkan bahwa mereka terus menduduki posisi nomor satu di pasar prosesor ponsel pintar, dengan menguasai hampir 64% pangsa pasar di negara tersebut. Pencapaian ini mencerminkan teknologi inovatif miliknya serta komitmen mereka terhadap kemitraan lokal yang kuat. Selain itu, meningkatnya tingkat penetrasi ponsel 5G di Indonesia diperkirakan akan memberikan dorongan lebih lanjut bagi pertumbuhan pasar.

Perusahaan ini juga juga turut mendukung industri FinTech untuk memajukan pembayaran non-tunai melalui solusi IoT yang didedikasikan untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan teknologi digital di Indonesia. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong inklusi keuangan dan transformasi digital, sehingga kedepannya bisa menjadi mitra yang strategis dalam mendorong perkembangan teknologi di negara ini.

MediaTek
Bersama produk-produk yang sudah menggunakan solusi dari MediaTek

Secara keseluruhan, perusahaan ini tidak hanya menegaskan dominasinya di pasar chipset global, tetapi juga menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan teknologi masa depan melalui AI dan keterlibatan lokal yang kuat. Dengan fokus pada AI generatif dan dukungan terhadap perkembangan teknologi di Indonesia, MediaTek berada di posisi yang baik untuk terus memimpin dalam inovasi teknologi dan memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia.

Langkah-langkah yang dijelaskan tadi memperlihatkan visi perusahaan teknologi ini yang jauh ke depan, tidak hanya sebagai pemimpin dalam industri chipset selular, tetapi juga sebagai pendorong utama dalam perkembangan teknologi masa depan yang akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia.

Tags:


COMMENTS