October 25, 2024

Review Galaxy A06, Entry Level dengan Fitur Keamanan yang Lengkap

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy A06, Entry Level dengan Fitur Keamanan yang Lengkap 

Mobitekno – Samsung Galaxy A06 ini hadir untuk mengisi pasar entry level di Indonesia. Namun, bukan berarti fitur yang dihadirkan di ponsel ini tampil seadanya. Justru Samsung Galaxy A06 ini memiliki fitur keamanan ekstra seperti pada smartphone Samsung di level atasnya, walaupun Samsung Galaxy A06 dibanderol dengan harga sejutaan saja.

Ya, Samsung telah membekali Galaxy A06 ini dengan fitur keamanan “Samsung Knox Vault”. Ini adalah fitur keamanan yang pada awalnya hanya hadir di kelas flagship. Namun kini, fitur ini bisa dirasakan di ponsel ini sehingga bisa lebih nyaman dalam menggunakannya. Apalagi Samsung juga membekalinya dengan system operasi One UI 6.1 terbaru.

Bukan itu saja keunggulan yang ditampilkan pada Galaxy A06 ini. Ada beberapa keunggulan lainnya di dalamnya, termasuk kamera berkemampuan 50MP dan dukungan sistem pengisian daya cepat 25W. Selain itu, ponsel ini juga memiliki memori 4GB RAM dan bisa ditingkatkan dua kali lipat dengan fitur RAM Plus, serta dua pilihan storage yaitu 64GB dan 128GB. Mobitekno sempat merasakan dan menguji produk ini untuk varian 4/64GB dengan opsi warna Black.

Galaxy A06

Kelengkapan

Samsung Galaxy A06 hadir dalam bentuk kemasan yang minimalis, ramping, dan ringan. Ya, tampaknya ketidakberadaan adapter juga sudah mampir ke kelas entry level. Jadi, kotak kemasan ponsel ini tampil lebih ringkas. Berikut ini detailnya.

  1. Satu unit ponsel Samsung Galaxy A06 berwarna hitam (black)
  2. Kabel USB typr C
  3. SIM Card Ejector
  4. Buku panduan singkat dan kartu garansi.
Galaxy A06
Kelengkapan

Desain

Samsung Galaxy A06 ini hadir dengan layar sebesar 6,7 inci, layar yang cukup besar untuk kelas entry level. Bodinya cukup tipis dan bobotnya ringan, hanya 189g saja. DImensi keseluruhannya adalah 167.3 x 77.3 x 8.0 mm. Bodi belakangnya menggunakan material polycarbonate sehingga membantu memperingan bobot keseluruhan.

Galaxy A06
Layar 6,7 inci

Mari kita bahas setiap sisinya. Untuk layarnya sendiri menggunakan material PLS LCD Display resolusi 720 x 1600 piksel HD+ dengan kedalaman warna 16 juta warna dan refresh rate 60Hz. Di bagian sisi kanannya terdapat tombol volume dan power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Kedua tombol ini ditempatkan tidak rata dengan sisi bodi kanan. Area kedua tombol tersebut dibuat agak menonjol. Samsung menyebut desain ini dengan nama “Key Island”.

Di sisi kiri hanya terdapat slot SIM Card yang mendukung dual SIM dengan ukuran nano dan bisa ditambah pula dengan microSD hingga 1TB.

Di sisi bawah terdapat lubang audio 3,5mm port USB type C, lubang mikrofon, dan speaker. Begitu juga dengan sisi atas yang hanya menempatkan satu lubang mikrofon. Bagian back cover dibuat dengan desain bertekstur garis-garis vertical dengan dua kamera 50MP dan 2MP.

Fitur dan Performa

Samsung Galaxy A06 ini sudah hadir dengan OneUI 6.1 terbaru yang berbasia Android 14, sehingga desain icon dan peletakan berbagai aplikasi, termasuik kesediaan widget, sanmgat rapi dan lengkap. Salah satu kelebihan One UI ini adalah tidak membawa aplikasi-aplikasi yang tidak penting di dalamnya, demi kenyamanan penggunaan.

Guna menunjang performanya, ponsel ini mengginakan chipset Mediatek Helio G85. Dipadukan dengan memori sebesar 4GB yang bisa ditingkatkan lagi dua kli lipat dengan RAM Plus, tentunya performanya bisa diandalkan, terutama di kelas ponsel di bawah harga Rp2 juta. Sementara storagenya berkapsitas 64GB yang masih bisa ditingkatkan dari penggunaan MicroSD hingga 1TB.

20241024 210825
Auto Blocker dari Samsung Knox Vault

Salah satu hal menarik dari ponsel ini adalah fitur keamanannya. Samsunh membekali ponsel ini dengan Samsung Knox Vault, sebuah fitur keamanan dari Samsung yang biasanya hadir di ponsel-ponsel kelas atas. Dengan hadirnya Samsung Knox ini, tentunya penggunaan ponsel akan semakin lebih nyaman dan aman. Berkat Samsung Knox, ponsel ini punya fitur Auto Blocker. Fitur ini jika diaktifkan bisa mencegah ponsel dari gangguan-gangguan apkikasi yang tidak direkomendasikan atau diragukan keamanannya. Selain itu ada juga Secure Folder untuk mengamankan file-file dokumen penting penggunanya. Masih ada lagi, yaitu Call ID and Spam Protection yang bisa mencegah masuknya spam atau pesan-pesan mengganggu. Semuanya bisa diaktifkan dari menu Settings.

Namun, selain fitur Samsung Knox Vault, Samsung juga melengkapi ponsel ini dengan fitur keamanan lainnya, seperti sidik jari dan face unlock. Jadi, dari sisi keamanan, ponsel satu jutaan ini terbilang lengkap.

Galaxy A06
Fitur kamera

Beralih ke kamera, dengan Paduan kamera 50MP dan 2MP untuk kamera belakang, walaupun tanpa OIS, hasilnya tidak mengecewakan. Jadi, untuk menangkap momen-momen berharga di sekitar penggunanya, ponsel ini bisa diandalkan. Begitu juga dengan kamera depannya yang berkemampuan 8MP.

Galaxy A06
Kamera belakang

Dari sisi durabilitas juga cukup diacungi jempol karena sudah menggunakan baterai berkapasitas 5000mAh. Jadi cukup untuk penggunaan seharian. Apalagi baterai ini juga didukung dengan sistem pengisian daya cepat 25W. Walaupun dalam paket pembeliannya tidak disediakan adapter. Adapter dijual terpisah.

Kami juga mengukurnya menggunakan aplikasi benchmark, berikut hasilnya.

Ini juga contoh-contoh hasil kameranya.

Spesifikasi

NamaSamsung Galaxy A06
Dimensi dan bobot167.3 x 77.3 x 8.0 mm dan 189g
Layar6,7 inci 720 x 1600 piksel HD+ PLS LCD display
ChipsetMediaTek Helio G85
Memori4GB/64GB dan 4GB/128GB MicroSD up to 1TB
Fitur keamananSamsung Knox Vault, Sidik jari, Face Unlock
SensorAccelerometer, Fingerprint Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor
Kamera Belakang50MP + 2MP
Kamera Depan8MP
Baterai5000mAh dengan fast charging 25W
WarnaLight Green, Black, Lught Blue

Kesimpulan.

Samsung Galaxy A06 hadir untuk mengisi segmen entry-level di Indonesia dengan membawa sejumlah fitur menarik yang biasanya hanya ditemukan pada ponsel kelas atas. Salah satu fitur unggulannya adalah Samsung Knox Vault, sistem keamanan yang awalnya hanya tersedia di seri flagship, memberikan pengguna perlindungan ekstra dalam hal keamanan data. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan sistem operasi One UI 6.1 berbasis Android 14 yang memberikan pengalaman pengguna yang rapi dan bebas dari bloatware.

Selain keamanan, performa Samsung Galaxy A06 cukup mumpuni di kelasnya dengan dukungan chipset Mediatek Helio G85, RAM 4GB yang dapat ditingkatkan hingga dua kali lipat dengan fitur RAM Plus, dan penyimpanan internal sebesar 64GB yang dapat diperluas hingga 1TB. Kombinasi ini membuat ponsel ini mampu menangani aktivitas harian dengan lancar. Dari sisi fotografi, ponsel ini dibekali kamera belakang 50MP dan 2MP serta kamera depan 8MP yang mampu menangkap gambar dengan kualitas yang cukup baik.

 

Desain ponsel ini juga menarik dengan layar 6,7 inci beresolusi HD+ dan bodi yang ringan. Meskipun tidak dilengkapi dengan OIS, kamera tetap dapat diandalkan untuk mengabadikan momen. Selain itu, daya tahan baterai 5000mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W memastikan Galaxy A06 bisa digunakan sepanjang hari, meski adapter harus dibeli secara terpisah.

 

Tags: , ,


COMMENTS