January 25, 2024

Aplikasi Agoda Ungkap Indonesia Masuk Top-5 Destinasi Menarik untuk Liburan Imlek

Penulis: Desmal Andi
Aplikasi Agoda Ungkap Indonesia Masuk Top-5 Destinasi Menarik untuk Liburan Imlek  

Mobitekno – Sudah menjadi hal yang rutin bahwa aplikasi Agoda selalu menginformasikan destinasi-destinasi favorit jelang liburan. Dan yang paling dekat dalam 2024 ini adalah libur Imlek. Menarik untuk diperhatikan bahwa ternyata, data pemesanan dari platform perjalanan digital Agoda ini mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi destinasi terpopuler untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Indonesia menempati peringkat keempat setelah Jepang, Thailand, dan Malaysia. Sementara itu, Bangkok muncul sebagai destinasi kota internasional paling disukai untuk liburan terbesar tahun ini di Asia.

Pemesanan Agoda menyoroti lima negara teratas yang mengunjungi Indonesia, yaitu Singapura, Malaysia, Korea Selatan, China, dan Australia. Batam, Bali sebagai favorit internasional, Bintan, Jakarta, dan Lombok menjadi lima destinasi paling populer yang dikunjungi di Indonesia menurut data tersebut. Peningkatan minat wisatawan terhadap Indonesia mencerminkan daya tarik budaya dan keindahan alam negara ini.

Tahun Baru Imlek sendiri pada tahun ini jatuk pada Sabtu, 10 Februari 2024. Dan momen ini tidak hanya menjadi sebuah perayaan, tetapi juga membawa dampak besar pada industri pariwisata di berbagai negara Asia. Libur Imlek yang diperpanjang menjadi long weekend di banyak negara Asia, bahkan mencapai seminggu penuh di China, Jepang (Spring Holiday), dan Vietnam (Tet), memberikan peluang besar bagi wisatawan untuk menjelajahi destinasi baru.

Imlek, atau Tahun Baru China, secara tradisional menjadi salah satu puncak perjalanan bagi wisatawan dari China. Menariknya, untuk pertama kalinya sejak 2019, China kembali bersaing dengan bangkitnya perjalanan internasional. China berhasil menempati peringkat ketiga sebagai sumber pemasukan secara keseluruhan dan masuk dalam daftar lima besar wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.

Tidak hanya wisatawan China yang aktif bergerak, tetapi juga wisatawan asal Indonesia yang memanfaatkan momen libur Imlek untuk menjelajahi berbagai destinasi di luar negeri. Lima negara teratas yang menjadi tujuan utama wisatawan Indonesia adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, dan Vietnam. Dalam kategori destinasi internasional yang sangat diminati, kota-kota seperti Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, Tokyo, dan Penang menjadi pilihan utama.

Gede Gunawan, Senior Country Director di Agoda, menyatakan bahwa periode Tahun Baru Imlek menjadi waktu yang signifikan untuk bepergian, seperti halnya tahun ini. Sejak 2019, hotel-hotel dan destinasi wisata telah mengembangkan daya tarik mereka dengan perjalanan bebas visa dan insentif lainnya, menjadikan mereka lebih menarik bagi wisatawan baru. Meskipun demikian, industri perjalanan dengan penuh antisipasi menantikan kedatangan lebih banyak wisatawan dari China tahun ini.

Imlek

Negara-negara favorit untuk liburan Imlek

Berdasarkan data regional, wisatawan yang paling aktif melakukan perjalanan (Top Travelers) berasal dari negara seperti Korea Selatan, Singapura, China, Hong Kong, dan Jepang. Sementara itu, negara-negara yang paling banyak dikunjungi (Top Visited Country) oleh turis internasional adalah Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Vietnam, menawarkan beragam pilihan budaya dan hiburan. Kota-kota seperti Bangkok, Tokyo, Seoul, Osaka, dan Taipei menjadi Top Visited City, menyoroti keragaman yang kaya akan budaya dan perkotaan di kawasan ini.

Platform Agoda, yang menawarkan lebih dari 3,9 juta akomodasi liburan, penerbangan, dan aktivitas, berada dalam posisi ideal untuk memenuhi preferensi perjalanan yang terus berkembang. Agoda menyediakan pengalaman tanpa hambatan bagi mereka yang merayakan Tahun Baru Imlek, baik di Indonesia maupun di seluruh kawasan Asia. Dengan beragam pilihan akomodasi dan destinasi yang ditawarkan, Agoda memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di kawasan ini.

Tags: , ,


COMMENTS