October 24, 2024

Ericsson Hackathon 2024 Jadi Ajang Penting untuk Dorong Talenta Digital Lokal Hadirkan Inovasi Baru di Smart Manufacturing

Penulis: Iwan RS
Ericsson Hackathon 2024 Jadi Ajang Penting untuk Dorong Talenta Digital Lokal Hadirkan Inovasi Baru di Smart Manufacturing 

Mobitekno – Ericsson Indonesia bersama kembali menggelar acara “Ericsson Hackathon 2024” sebagai katalis untuk mempercepat transformasi digital industri, khususnya inovasi Smart Manufacturing di Indonesia melalui pemanfaatan Kecerdasan Buatan Generatif (Gen AI) dan teknologi 5G.

Acara Hackathon kedua Ericsson (pertama di gelar 2017 lalu) tersebut digelar bersama Kementerian Perindustrian, PIDI 4.0, Kementerian Komunikasi dan Digital, Innovation & Learning Centers, Swiss German University, dan KORIKA.

Bagi yang awam, istilah hackathon sederhananya adalah acara yang digelar oleh perusahaan teknologi, startup atau kolaborasi dengan pihak terkait lain melalui kompetisi untuk menjaring ide, inovasi dari para talenta, dalam hal ini para peserta yang berlomba pada hackathon.

Foto 1a Ericsson Hackathon 2024
President Director of Ericsson Indonesia, Krishna Patil memberikan sambutan di acara konferensi pers Ericsson Hackathon 2024 di Jakarta ( 23/10/2024).

Dalam suatu hackathon, para peserta akan menuangkan ide/solusi/gagasan dengan cepat untu menyelesaikan masalah teknologi atau membuat prototipe aplikasi perangkat lunak atau solusi lainnya, seperti web atau aplikasi seluler.

Hackathon biasanya diikuti oleh para pelajar di bidang teknologi, programmer baru ataupun profesional karena berbagai manfaat yang di dapat saat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain mendapatkan hadiah atau penghargaan, para peserta bisa mengembangkan keterampilan, membangun jaringan dengan para profesional dibidangnya, dan mendapatkan eksposur langsung terhadap berbagai tantangan di industri.

Penerapan Gen AI dan 5G untuk Smart Manufacturing

Berfokus pada Smart Manufacturing, Ericsson berharap berbagai inovasi yang didapat dari integrasi IoT, analisis big data, robotik, dan AI akan dapat mengoptimalkan proses manufaktur serta memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data.

Dengan memanfaatkan kekuatan AI dan 5G, para peserta akan menghasilkan ide-ide inovatif untuk meningkatkan otomatisasi, pemeliharaan prediktif, quality control, dan manajemen rantai pasokan di bidang manufaktur. Selama periode kompetisi, para peserta tidak hanya akan mendapatkan pengalaman langsung dalam bekerja dengan teknologi canggih, tetapi juga akan mendapatkan bimbingan dari para pakar industri.

Registrasi untuk Ericsson Hackathon 2024 akan berakhir pada 31 Oktober 2024 dan pemenang akan diumumkan pada 28 November 2024. Hadiah senilai lima puluh juta rupiah akan diberikan kepada para pemenang Hackathon.

Para pemenang hackathon akan dinilai oleh para juri terkemuka berdasarkan kriteria teknis, bisnis, dan desain. Kriteria bisnis mencakup faktor-faktor seperti identifikasi masalah, solusi yang ditawarkan, dan kecocokan dengan pasar, sementara rencana implementasi mencakup rencana terperinci untuk potensi pasar, kelayakan finansial, dan strategi implementasi.

Ericsson Hackathon 2024 02

Kriteria teknis mencakup aspek-aspek seperti kebersihan dan kompleksitas kode, pemahaman dan pemanfaatan teknologi; fungsionalitas, ketahanan, dan produk akhir. Kriteria desain mencakup aspek-aspek seperti alasan desain, estetika dan UX serta kreativitas solusi.

Krishna Patil, President Director of Ericsson Indonesia, dalam sambutannya menekankan komitmen Ericsson mendukung transformasi digital Indonesia dan mendorong negara untuk membuka potensi penuh Industri 4.0.

Menyinggung alasan atau latar belakang Ericsson menggelar Hackathon ini, Krishna menyatakan keinginan Ericsson turut mendukung dan mendorong pengembangan talenta digital yang kompeten sesuai visi 2045 dari pemerintah Indonesia

“Hackathon 2024 mempertemukan berbagai macam orang, pengembang, desainer, dan profesional yang berbeda, lalu mencoba melihat dalam kerangka waktu yang terbatas, apa yang akan dikembangkan, dan umumnya produk hackathon atau hasil dari produk tersebut adalah hasil dari prototipe,” jelas Krishna Patil di Jakarta (23/10/2024).

Ericsson Hackathon 2024 03
Ronni Nurmal, Direktur Ericsson Indonesia, menjelaskan dampak Hackathon 2024 dalam mendorong tumbuhnya lebih banyak startup, mempercepat pengembangan aplikasi, dan implementasi teknologi di industri.

Lebih lanjut Ia juga menyebutkan Hackathon sebagai wujud nyata dari komitmen Ericsson terhadap inovasi di Indonesia, dengan membentuk masa depan industri, terutama di sektor manufaktur, melalui pemanfaatan kekuatan Gen AI dan teknologi 5G yang canggih.

Mareta Pratiwi, Ketua Sekretariat PIDI 4.0 menyebut peranan Ericsson Hackathon 2024 dalam menyediakan kesempatan bagi para peserta untuk menunjukkan kreativitas dan kompetensi teknisnya dalam mengatasi berbagai tantangan di industri manufaktur di era Revolusi Industri 4.0.

“Tantangannya untuk bisa mengaplikasikan teknologi baru itu untuk diaplikasikan ke industri manufaktur, menjadi latar belakang hackathon 2024 ini dilaksanakan,” terang Mareta.

Saiful Bahri, Direktur PIDI 4.0, mengharapkan diselenggarakannya Ericsson Hackathon 2024 dapat menjadi salah satu solusi efektif melalui invoasi yang mengintegrasikan teknologi AI dan konektivitas 5G di industri.

“PIDI 4.0 berupaya mengambil peran sebagai fasilitator untuk membangun ekosistem inovasi digital untuk membangun digital preneur yang mengoptimalkan aplikasi teknologi untuk mengatasi tantangan di industri manufaktur,” ujarnya.

Bonifasius Wahyu Pudjianto selaku Direktur Ekonomi Digital juga berharap Hackhaton 2024 akan memunculkan para inovator baru yang kelak membawa manfaat, dan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia.

Foto 2b Ericsson Hackathon 2024

Mewakili perusahaan konsultan McKinsey & Company, Li Bo juga menggarisbawahi salah satu manfaat inovasi teknologi yakni menciptakan lapangan kerja baru yang menjadi salah satu kendala besar di Idnonesia.

Meskipun inovasi otomatisasi dan AI kerap dituding bisa menggantikan pekerjaan manusia, tetapi inoasi juga dapat menciptakan peluang-peluang baru. Kunci untuk menghadapi perubahan ini adalah dengan terus belajar dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja yang dinamis.

Ericsson Hackathon 2024 berperan tentukan arah masa depan manufaktur tanah air

Sektor manufaktur merupakan salah satu sektor prioritas utama dalam agenda transformasi digital Indonesia. Namun, transisi menuju Industri 4.0 akan bergantung pada keberhasilan adopsi berbagai teknologi baru. 5G menawarkan konektivitas yang andal tanpa pemasangan kabel yang rumit dan mahal, sehingga memungkinkan pengaturan pabrik dengan komunikasi dua arah antara mesin dan pekerja dalam pengaturan yang modular dan fleksibel.

Menurut studi Ericsson 5G for Business, digitalisasi dengan teknologi 5G akan menawarkan potensi pendapatan sebesar USD 8,49 Miliar untuk operator di Indonesia, dengan sektor manufaktur yang menunjukkan potensi maksimal.

Dengan menjawab tantangan manufaktur Indonesia dan membuka peluang baru untuk optimalisasi dan inovasi, Ericsson Hackathon 2024 akan memainkan peran penting dalam membangun masa depan manufaktur Indonesia.

Pendaftaran Hackathon 2024 telah dibuka hingga 31 Oktober 2024 dan diakses melalui situs resminya di alamat https://events.foryou.ericsson.com/indonesia-hackathon. Acara puncaknya direncanakan akan digelar pada 28 November 2024.

Ronni Nurmal, Direktur Ericsson Indonesia, menyatakan bahwa Hackathon ini merupakan langkah awal untuk mendorong lebih banyak startup, mempercepat pengembangan aplikasi, dan yang paling penting, implementasinya di industri, terutama untuk sektor manufaktur. Ia juga berharap akan ada lebih banyak Hackathon di masa mendatang untuk industri lainnya seperti kesehatan, transportasi, dan keamanan publik.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS