July 24, 2024

Inovasi Kendaraan Water Treatment, Kolaborasi Isuzu dan Brimob Pamerkan Unit Truk untuk Pasok Air Bersih di GIIAS 2024

Penulis: Iwan RS
Inovasi Kendaraan Water Treatment, Kolaborasi Isuzu dan Brimob Pamerkan Unit Truk untuk Pasok Air Bersih di GIIAS 2024 

Mobitekno – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) bukan saja menampilkan inovasi kendaraan listrik Isuzu Elf EV dan Traga Bus dengan fitur keselamatan andal di ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, ICE BSD, Tangerang. Pabrikan asal Jepang ini juga menampilkan truk inovatif untuk water treatment sebagai hasil kolaborasinya dengan Korps Brimob POLRI.

President Director PT IAMI Yusak Kristian turut senang, karena Isuzu bisa menjadi mitra strategis Korps Brimob dalam menjalankan misi-misinya membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan di area-area yang sulit dijangkau. Kolaborasi ini menghadirkan truk water treatment yang dipakai mengelola air di area-area krisis air bersih.

Isuzu Brimob 02

“Kami turut bangga karena kendaraan-kendaraan Isuzu dipercaya oleh Korps Brimob dalam bertugas mengayomi masyarakat yang membutuhkan. Terutama dengan kehadiran kendaraan water treatment bisa dimanfaatkan oleh Brimob menjangkau area-area yang sulit dijangkau atau area bencana, dan kemudian mengolah air di sana hingga layak dikonsumsi. Sekali lagi, kolaborasi luar biasa ini membuktikan bahwa Isuzu sebagai ‘Real Partner, Real Journey’,” beber Yusak dalam keterangannya.

Modifikasi truk Isuzu ELF NPS 4X4

Kendaraan spesial water treatment milik Brimob ini menggunakan truk Isuzu ELF NPS 4X4 yang sudah terbukti tangguh di segala medan. Isuzu ELF NPS 4X4 memiliki panjang 6.035 mm, Lebar 2.100 mm, tinggi 2.465 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 3.395 mm, sehingga area belakangnya sangat memungkinkan untuk membawa alat spesial water treatment milik Brimob.

Truk ELF NPS 4×4 cukup dikenal dengan kemampuan off-roadnya yang tangguh, berkat sistem penggerak 4WD dan mesin diesel yang bertenaga. Hal ini memungkinkan truk ini untuk beroperasi di medan yang sulit dan terjal, seperti daerah pegunungan dan pedesaan, di mana unit water treatment lainnya mungkin kesulitan untuk menjangkau.

Isuzu ELF NPS 4×4 menggunakan mesin diesel yang hemat bahan bakar, sehingga dapat membantu mengurangi biaya operasi. Hal ini penting untuk Brimob, karena mereka perlu mengoperasikan unit water treatment ini di berbagai lokasi dan dalam jangka waktu yang lama.

Isuzu Brimob 03

Selain itu, Isuzu ELF NPS 4X4 menggunakan mesin 4HLI-TCS yang sudah berstandar emisi gas buang Euro4 ramah lingkungan. Kendaraan ini memiliki tenaga hingga 150 PS/ 2.600 rpm dengan torsi mencapai 41 Kg.m/1.400-2.600 rpm.

Tenaga yang dihasilkan mesin sangat efisien disalurkan ke roda berkat transmisi MYY5T t percepatan dengan first gear ratio sebesar 5.315 yang menghasilkan tarikan pertama
semakin bertenaga.

Tidak ketinggalan, Isuzu ELF NPS 4X4 dibekali sistem penggerak roda 4X4 dual mode, 2 high untuk kondisi medan offroad ringan dan 4 low buat kondisi medan offroad yang ekstrem dan berlumpur. Cara pengaktifan kedua mode ini pun begitu mudah dengan menekan tombol yang ada di dashboard.

Truk Isuzu ELF NPS 4×4 yang dimodifikasi menjadi unit water treatment untuk Brimob ini punya diharapkan akan memberikan manfaat bagi masyarakat, utamanya di daerah-daerah yang mebutuhkan pasokan air bersih.

Truk ini didesain khusus untuk dapat beroperasi di medan off-road yang sulit, sehingga memungkinkan Brimob untuk menjangkau daerah-daerah yang terpencil dan terkena bencana alam di mana akses air bersih menjadi masalah. Unit water treatment pada truk ini mampu menghasilkan air bersih yang aman untuk dikonsumsi, sehingga dapat membantu mengatasi krisis air bersih di daerah tersebut.

Isuzu Brimob 04

Truk water treatment ini juga dapat menjadi aset penting dalam operasi penanggulangan bencana, seperti gempa bumi, banjir, dan kekeringan di berbagai derah di Indonesia. Truk ini dapat membantu menyediakan air bersih bagi para korban bencana dan petugas penyelamat, yang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kesehatan mereka.

Dengan memiliki akses air bersih yang mudah, masyarakat di daerah terpencil dapat lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka dan mengurangi ketergantungan mereka pada bantuan dari luar.

Intinya, kolaborasi Isuzu dan Brimob untuk menghadirkan truk water treatment Isuzu ELF NPS 4×4 diharapakan dapat mendukung peningkatan kesejateraaan masyarakat di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau dan terkena bencana alam.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS