October 22, 2024

Logitech M196: Mouse Nirkabel Bluetooth Minimalis Harga Rp 200 Ribuan. Cukup 1 Baterai AA Tahan Hingga 1 Tahun

Penulis: Iwan RS
Logitech M196: Mouse Nirkabel Bluetooth Minimalis Harga Rp 200 Ribuan. Cukup 1 Baterai AA Tahan Hingga 1 Tahun 

Mobitekno – Logitech, produsen perangkat perferial komputasi, kembali menghadirkan inovasi terbarunya dengan merilis mouse nirkabel baru M196. Mouse ini datang dengan desain simpel dan elegan serta dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau untuk mendukung pekerjaan sehari-hari.

Logitech M196 dirancang untuk menargetkan segmen pasar yang cukup luas, mencakup komputer rumahan saat melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berselancar di internet, bekerja dengan dokumen, atau menonton video.

Desainnya yang simpel dan harga yang bersahabat juga membuat Logitech M196 bukan hanya cocok bagi mahasiswa/pelajar untuk mengerjakan tugas saat kuliah/sekolah tapi juga untuk digunakan pekerja di lingkungan kantor kecil dan menengah.

Logitech M196 02

Sebagai mouse nirkabel, Logitech M196 sangat praktis karena langsung terhubung dengan cepat via konektivitas Bluetooth tanpa perlu repot dengan kabel. Berkat dukungan teknologi BLE (Bluetooth Low Energy), mouse ini juga dapat beroperasi dengan daya yang sangat rendah, sehingga masa pakai baterai perangkat bisa jauh lebih lama.

Andi Irawan, Cluster Category Manager Personal Workspace and Music SEA 2 melalui rilis tertulis menyatakan bahwa kebutuhan akan produk yang bisa diandalkan dan bisa terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat di dunia digital

“M196 adalah mouse nyaman dan terjangkau yang dapat mempermudah pekerjaan pengguna dalam lanskap digital dan fokus pada kebutuhan,” tambah Andi.

Mouse nirkabel dengan koneksi Bluetooth

Logitech M196 dapat terhubung dalam sekejap melalui Bluetooth ke perangkat komputer, dan terintegrasi dengan mudah ke dalam pekerjaan pengguna. Navigasi mudah dan kontrol yang presisi memberikan pengguna fleksibilitas tinggi untuk scroll dokumen per baris dan bisa digunakan dalam berbagai bidang permukaan.

Berbeda dengan mouse nirkabel konvensional non-Bluetooth umumnya, mouse Bluetooth seperti Logitech M196 tidak membutuhkan dongle kecil yang dipasangkan pada port USB laptop atau desktop.

Meskipun Logitech M196 juga menggunakan frekuensi 2.4GHz seperti mouse nirkabel non-Bluetooth umumnya, mouse Bluetooth Logitech M196 memiliki protokol komunikasi sendiri yang lebih kompleks yang menawarkan fitur-fitur tambahan, seperti koneksi multi-perangkat, penghematan daya, dan keamanan (melindungi data yang ditransmisikan).

Logitech M196 03

Hampir semua perangkat komputer modern, baik laptop maupun desktop, sudah dilengkapi dengan modul Bluetooth bawaan. Dengan demikian, pengguna dapat langsung menghubungkan mouse M196 ke komputer tanpa perlu memasang perangkat tambahan seperti dongle.

Hal ini juga memberikan keuntungan, dimana desain mouse Logitech M196 menjadi lebih minimalis karena tidak perlu menyediakan ruang untuk menampung komponen dongle di dalam mouse saat tidak digunakan.

Tersedia dalam warna graphite, off-white, dan rose, mouse ini didesain secara dinamis untuk berbagai mode. Tak hanya itu, mouse ini memiliki daya tahan baterai hingga 12 bulan, dengan penggunaan 1 buah baterai AA.

Selain bentuknya yang compact, mouse M196 juga didesain umum untuk tangan kanan dan kiri (ambidextrous) serta dengan mudah dapat dibawa ke mana saja. Pengguna tidak perlu lagi khawatir untuk bekerja nyaman di mana saja dan kapan saja.

Mendukung aspek keberlanjutan

Logitech menyatakan komitmennya untuk membuat lebih banyak produk yang fungsional sambil tetap menjaga lingkungan serta secara aktif mengurangi emisi karbon. Semua produk Logitech sudah tersertifikasi zero-carbon dan menggunakan energi berkelanjutan.

Langkah Logitech terhadap aspek keberlanjutan dan mengurangi jejak karbon mereka ini terlihat dengan langkah konkretnya untuk menggunakan plastik daur ulang pada produk seperti M196.

Logitech M196 04

Bagian plastik dari M196 ini terbuat dari plastik daur ulang pasca-pemakaian yang memberikan kesempatan kedua bagi plastik barang elektronik 67% untuk mouse varian warna graphite dan 66% untuk varian warna off-white–rose.

Informasi yang cukup detail dariu Logitech mengenai persentase plastik daur ulang yang digunakan pada setiap varian warna M196 juga menunjukkan transparansi dan akuntabilitas mereka terhadap konsumen.

Harga dan ketersediaan

Logitech M196 Bluetooth Mouse tersedia dalam tiga varian warna, yaitu graphite, off-white dan rose dan dibanderol dengan harga Rp 239,000,-. Para pengguna yang kebetulan sedang mencari mouse nirkabel baru yang terjangkau bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik terdekat, atau melalui Logitech Official Store di seluruh Online Marketplace, serta toko Logitech Experience Store di PIK 2.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS