May 22, 2024

Resmi di Indonesia, Kaspersky Next Tawarkan Solusi Keamanan Siber Komprehensif untuk Berbagai Skala Bisnis dan Infrastruktur IT

Penulis: Iwan RS
Resmi di Indonesia, Kaspersky Next Tawarkan Solusi Keamanan Siber Komprehensif untuk Berbagai Skala Bisnis dan Infrastruktur IT  

Mobitekno – Kaspersky secara resmi memperkenalkan lini produk keamanan terbaru ‘Kaspersky Next’ yang dirancang untuk melindungi perusahaan dalam berbagai skala bisnis di era digital dan Internet saat ini. Solusi keamanan baru ini diharapkan telah tersedia melalui berbagai mitra lokal Kaspersky di Indonesia.

Perusahaan keamanan siber global tersebut dalam acara peluncurannya di Jakarta (21/5/2024) mengklaim bahwa ‘Kaspersky Next’ adalah solusi komprehensif yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh bisnis bukan hanya untuk melindungi bisnis mereka tapi juga meresons berbagai serangan siber yang kian meningkat saat ini.

Kaspersky Next 03
General Manager Asia Tenggara Kaspersky, Yeo Siang Tiong (kiri) didampingi Enterprise Group Manager Kaspersky Indonesia, Dony Koesmandarin (kanan), dan Presales Manager of Indonesia, Kaspersky, Jemmy Handinata (tengah) saat peluncuran Kaspersky Next di Jakarta (21/5/2024).

Di era digital ini, keamanan siber bukan lagi pilihan, tetapi sebuah keharusan bagi semua bisnis. Kaspersky Next menawarkan solusi keamanan yang komprehensif dan mudah dikelola untuk membantu bisnis melindungi diri dari berbagai jenis ancaman siber. Dengan mengadopsi solsui Kaspersky Next, bisnis dapat memastikan keamanan data dan aplikasinya, meningkatkan produktivitas, dan melindungi reputasi mereka.

Kasperksy Next sebagai transformasi produk yang relevan untuk korporat

Kaspersky menawarkan produk keamanan baru ini dalam tiga opsi sesuai kebutuhan skala/kebutuhan bisnis dan infrastruktur TI yang ada. Ketiganya antara lain Kaspersky Next EDR Foundations, Kaspersky Next EDR Optimum, dan Kaspersky Next XDR Expert.

Solusi ini juga telah menggabungkan solusi endpoint detection and response (EDR) dan Extended Detection and Response (XDR) serta dukungan AI untuk menciptakan solusi tangguh yang dapat menangkal berbagai jenis ancaman yang ada saat ini.

Kaspersky Next 08

Dony Koesmandarin, Enterprise Group Manager Kaspersky untuk Indonesia menyatakan bahwa solusi ini bukan hanya dapat diterapkan di sistem lokal (on-premise) tapi juga di cloud yang mulai banyak diadopsi pelaku bisnis beberapa tahun ini.

Tersedia juga konsol sederhana yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas utama dengan mudah, cepat dan efisien. Hadirnya konsol ini cocok bagi bisnis berskala kecil yang biasanya belum atau sedikit memiliki tim keamanan siber internal.

Kaspersky Next 07

Yeo Siang Tiong, GM Asia Tenggara Kaspersky menyatakan kehadiran Kaspersky Next sebagai solusi XDR mutakhir sebagai bagian dari transformasi penawaran produk korporat Kaspersky dan menjadi momen penting dalam perjalanan aktif Kaspersky sebagai vendor keamanan siber perusahaan.

“Dengan diperkenalkannya Kaspersky Next, kami menyederhanakan kompleksitas EDR dan XDR untuk bisnis dan organisasi di Indonesia dari semua ukuran,” ujar Yeo Siang Tiong melalui rilis yang diterima.

Menurutnya, misi dan tujuan Kaspersky adalah memberdayakan perusahaan untuk membangun sistem keamanan informasi yang dapat diandalkan dan efisien serta memenuhi kebutuhan unik keamanan siber mereka.

Phishing finansial, RDP, dan ransomware jadi ancaman di 2023

Dony menyampaikan data statistik Kaspersky yang menunjukkan adanya 97.465 serangan phishing finansial, 16,4 juta insiden lokal, 11,7 juta serangan RDP, dan 97,226 deteksi ransomware yang terjadi di Indonesia sepanjang periode Januari hingga Desember tahun 2023 lalu.

Oleh karenanya, Dony menekankan pentingnya bisnis untuk memastikan bahwa perlindungan sistem di perushaaannya telah diterapkan secara efektif, sehingga perusahaan dapat tetap bersaing dengan pertahanan terbaik mereka di era super digital ini.

Kaspersky Next 01

Kaspersky Next bersifat deployment-agnostic dan memungkinkan instalasi cloud (AWS, Microsoft Azure, Google Cloud Platform) dan on-premise. Perusahaan dapat mengelolanya melalui konsol yang mudah untuk melakukan tugas-tugas inti keamanan siber dengan cepat, atau melalui konsol tingkat perusahaan dengan kontrol lebih terperinci dan pemantauan tingkat lanjut.

Lini produk baru ini membantu perusahaan membangun fungsi keamanan siber yang penting, untuk memberikan perlindungan yang kuat terhadap berbagai jenis ancaman yang paling banyak dihadapi bisnis, seperti ransomware, malware, dan pelanggaran data, serta menghindari penetrasi infrastruktur melalui Business Email Compromise, serangan rantai pasokan, eksploitasi, dan kerentanan lainnya.

Penerus solusi keaman Kaspersky Endpoint Security for Business

Sebagai informasi, Kaspersky Next dapat dianggap sebagai pengganti solusi Kaspersky untuk bisnis sebelumnya, yakni produk Kaspersky Endpoint Security for Business (KESB). Ada beberapa alasan Kaspersky Next lebih unggul dibandingkan Kaspersky KESB sehingga membuatnya lebih relevan bagi bisnis saat ini.

Diantaranya adalah Kaspersky Next memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap berbagai ancaman canggih saat ini. Kaspersky Next memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi dan menghentikan ancaman canggih, seperti malware, ransomware, dan serangan APT. KESB, di sisi lain masih bergantung pada metode deteksi tradisional yang mungkin tidak seefektif melawan ancaman yang berkembang pesat.

Kaspersky Next 04

Kaspersky Next dilengkapi dengan fungsionalitas EDR yang canggih yang memungkinkan tim keamanan untuk menyelidiki dan menanggapi insiden keamanan dengan cepat dan efektif. KESB menawarkan kemampuan EDR yang lebih mendasar.

Kaspersky Next juga menawarkan berbagai fitur proaktif yang membantu bisnis mencegah pelanggaran keamanan sebelum terjadi. Sedangkan KESB menawarkan fitur proaktif yang lebih sedikit.

Kaspersky Next 02

Kaspersky Next juga menawarkan konsol manajemen cloud yang lebih mudah digunakan sehingga memungkinkan tim keamanan dapat memantau keamanan endpoint mereka dari satu lokasi. Selain itum Kaspersky Next juga dirancang memilki skalalabilitas yang lebih baik dibandingkan KESB sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis yang berkembang.

Kaspersky Next: 3 tingkatan produk untuk berbagai skala bisnis

Solusi keamanan siber Kaspersky Next hadir dalam tiga varian, semuanya kompatibel atau mendukung platform Windows, macOS, Linux, serta Android dan iOS.

Kaspersky Next 10

Kaspersky Next EDR Foundations hadir untuk memberikan perlindungan titik akhir yang kuat untuk mengidentifikasi dan menetralisir ancaman sebelum menimbulkan kerugian bagi bisnis. Kaspersky merekomendasikan solusi ini untuk perusahaan yang memiliki departemen TI internal yang menangani keamanan informasi.

Kaspersky Next EDR Optimum menyediakan perlindungan titik akhir (endpoint) yang kuat dengan kontrol EDR, manajemen patch, dan keamanan cloud yang lebih advanced. Visibilitas, investigasi, dan respons ancaman dipandu untuk membantu bisnis menangkis serangan dengan cepat dan dengan sumber daya minimal. Solusi ini direkomendasikan untuk perusahaan dengan tim keamanan informasi skala kecil.

Kaspersky Next XDR Expert adalah tingkat tertinggi (highest tier) yang direkomendasikan Kaspersky untuk perusahaan dengan tim keamanan siber dan security operations center (SOC) yang berpengalaman. Expert menyediakan visibilitas dan wawasan real-time mengenai perkembangan risiko dunia maya, memberikan deteksi ancaman, dan respons otomatis. XDR Expert juga dapat diintegrasikan dengan solsui dari vendor pihak ketiga.

Target market ketiga produk tersebut berbeda. EDR Foundations diperuntukkan bagi perusahaan yang memiliki mulai dari 10-1.000 user/nodes, EDR Optimum untuk 500-2.500 user, dan XDR Expert untuk lebih dari 2.500 user.

Kaspersky Next adalah bagian dari ekosistem produk B2B perusahaan dan dirancang agar kompatibel langsung dengan solusi dan layanan Kaspersky lainnya.Selain itu, solusi ini juga bersifat fleksibel alias pelanggan dapat berpindah dari satu tingkatan produk Kaspersky Next ke tingkatan lainnya sesuai tingkat perlindungan keamanan siber yang dibutuhkannya.

Kaspersky Next 09

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,


COMMENTS