February 22, 2024

Zebra Luncurkan Studi Global Shopper 2023: Tantangan dan Rahasia Sukses di Era Omnichannel

Penulis: Rizki R
Zebra Luncurkan Studi Global Shopper 2023: Tantangan dan Rahasia Sukses di Era Omnichannel  

Mobitekno – Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), sebagai pelopor solusi digital terdepan, telah mengumumkan hasil temuan dari Studi Global Shopper 2023. Studi ke-16 dari Zebra Technologies ini mengungkap tantangan omnichannel yang dihadapi oleh peritel di seluruh dunia, khususnya dalam mengelola retur barang secara online dan mengurangi penyusutan stok akibat berbagai faktor seperti pencurian dan penipuan.

Studi Global Shopper 2023 menemukan 8 dari 10 peritel setuju bahwa meminimalkan penipuan/penyusutan dan memperkirakan kebutuhan atau demand merupakan tantangan besar. Di Asia Pasifik, respons peritel mencapai 74% dan 89%.

Menurut National Retail Federation (NRF), kerugian peritel akibat penyusutan stok mencapai US$112 miliar pada 2022. Studi Zebra menunjukkan bahwa 36% peritel di dunia (40% di Asia Pasifik) percaya bahwa analitik yang lebih baik dapat membantu meningkatkan profitabilitas.

Studi Global Shopper 2023

Hasil Temuan Studi Global Shopper 2023

Omnichannel Shopping: Tantangan dan Preferensi Konsumen

Meskipun omnichannel shopping menimbulkan tantangan, sebagian besar konsumen menyukai opsi belanja yang fleksibel. Studi Global Shopper 2023 juga menemukan 8 dari 10 konsumen di seluruh dunia dan Asia Pasifik menyukai kombinasi belanja online dan offline. Namun, meningkatnya volume retur barang menambah kompleksitas dalam manajemen pesanan online dan retur.

“Para peritel mengakui bahwa teknologi harus diterapkan dengan cerdas saat berurusan dengan retur,” kata Eric Ananda, Indonesia Country Lead, Zebra Technologies dalam sesi media briefing Zebra Studi Global Shopper 2023 secara virtual, Kamis (22/2). 

Studi Global Shopper 2023

Menurut Eric, saat konsumen memiliki ekspektasi yang lebih tinggi akan kemudahan melakukan retur lebih sering, para peritel justru menghadapi kesulitan dalam mengelola kenaikan pengeluaran terkait dengan inventory visibilityreverse logistics, dan banyaknya retur.

Para peritel mengakui pentingnya teknologi dalam mengelola retur dan meningkatkan efisiensi. Sekitar 62% peritel di dunia (68% di Asia Pasifik) berencana untuk menerapkan teknologi reverse logistics pada 2026. Namun, tantangan terkait stok toko dan pencurian tetap menjadi fokus perhatian.

Perkembangan Checkout Digital

Temuan lain dari Studi Global Shopper 2023 adalah semakin banyak konsumen beralih ke pembayaran digital dan layanan checkout mandiri di toko. Investasi dalam layanan ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional. Namun, perlu diakui bahwa masalah seperti penyusutan stok dan pencurian tetap menjadi tantangan yang perlu diatasi.

Dengan ekspektasi konsumen yang semakin tinggi terhadap teknologi, peritel dituntut untuk terus memperbarui infrastruktur teknologi mereka. Lebih dari setengah peritel berencana untuk menggunakan mobile computer genggam, scanners, RFID, serta software dan tenaga kerja berbasis teknologi pada 2026.

“Supaya pengoperasian toko modern meraih kesuksesan saat ini, sangat penting bagi para peritel untuk berinvestasi pada teknologi yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, membuat karyawan lebih mudah untuk berkolaborasi, dan mengoptimalkan inventory,” jelas George Pepes, APAC Vertical Solutions and Marketing Lead Retail, Healthcare and Hospitality, Zebra Technologies Asia Pacific.

Studi Global Shopper 2023

“Konsumen menuntut pengalaman yang mulus dalam cara mereka melihat-lihat, membeli, menggunakan, dan mengembalikan barang. Untuk membangun preferensi merek secara efektif, para peritel perlu beradaptasi dan bekerja menggunakan cara baru dengan teknologi demi menyediakan pengalaman berbelanja yang diharapkan konsumen, dan tentu saja lebih menguntungkan,” terang Pepes. 

Beberapa contoh solusi yang bisa membantu peritel di antaranya Android Wearable Computer FIS/MW (WS50 RFID), mobile computer (TC53/TC58), tablet (ET40), printer (ZQ600 PlusZD421ZD411), scanner (SP72) dan software (Zebra VisibilityIQ ForesightWorkforce CommunicationWorkstation Connect), dan solusi siap pakai Fixed Industrial Scanner (FIS).

Studi Global Shopper 2023 oleh Zebra Technologies menyoroti kompleksitas omnichannel retail dan tantangan yang dihadapi oleh peritel. Dengan investasi dalam teknologi dan strategi manajemen yang tepat, peritel dapat mengatasi tantangan ini sambil meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional mereka.

Tags: , , , ,


COMMENTS