August 20, 2024

ASUS ROG Ally X Segera Hadir di 22 Agustus 2024, Ada Banyak Peningkatan dari Sebelumnya

Penulis: Desmal Andi
ASUS ROG Ally X Segera Hadir di 22 Agustus 2024, Ada Banyak Peningkatan dari Sebelumnya 

Mobitekno – ROG Ally X, versi terbaru dari handheld gaming PC ROG Ally, segera akan diluncurkan di Indonesia. Perangkat ini hadir dengan spesifikasi yang ditingkatkan dan desain yang lebih disempurnakan. ROG Ally X mengalami peningkatan signifikan pada penyimpanan dengan dilengkapi M.2 2280 PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB, dua kali lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Selain itu, perangkat ini kini menggunakan memori LPDDR5X-7500 sebesar 24GB yang memberikan kecepatan serta kapasitas lebih tinggi, yang secara langsung meningkatkan performa gaming, khususnya pada iGPU Radeon™ dalam Ryzen Z1 Extreme™. Memori 24GB ini memungkinkan VRAM sebesar 8GB untuk pengalaman gaming yang lebih optimal, sementara sisanya digunakan untuk aplikasi dan game agar berjalan dengan lancar.

Dari segi daya tahan, baterai ROG Ally X kini memiliki kapasitas 80Wh, hampir dua kali lipat dari model sebelumnya. Peningkatan ini memungkinkan pengguna bermain game lebih lama tanpa khawatir baterai cepat habis. Meskipun terdapat berbagai peningkatan dari sisi memori, penyimpanan, dan baterai, perangkat ini tetap ringan dengan bobot hanya bertambah sekitar 70 gram, menjadi 678 gram. ROG Ally X muncul sebagai solusi bagi gamer yang menginginkan performa tinggi dan daya tahan baterai lebih lama tanpa mengorbankan kenyamanan penggunaan.

Selain dari sisi performa, ROG Ally X juga mengalami pembaruan dari segi desain. Perangkat ini hadir dalam warna hitam sesuai dengan permintaan gamer dan dilengkapi tombol serta joystick yang didesain ulang untuk kenyamanan yang lebih baik. Hand grip-nya kini memiliki sudut yang lebih tajam untuk genggaman yang lebih nyaman, dan tombol M1 dan M2 dibuat lebih kecil serta diposisikan ulang untuk menghindari tekanan yang tidak disengaja. Selain itu, tombol dan joystick pada ROG Ally X kini menggunakan komponen yang lebih kuat dengan daya tahan hingga 5 juta kali putar, termasuk tombol D-Pad yang didesain ulang untuk kontrol game retro.

ROG Ally X
ROG Ally X

ROG Ally X Lebih Fleksibel dengan USB Type C

Perangkat gaming ini kini tidak lagi mendukung ROG XG Mobile, melainkan dibekali dengan dua port USB Type-C, salah satunya mendukung perangkat berbasis Thunderbolt™ yang memberikan fleksibilitas lebih baik. Perangkat ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin baru yang dirancang untuk menampung baterai yang lebih besar. Sistem pendingin ini terdiri dari dua kipas yang ukurannya 23% lebih kecil dari model sebelumnya, namun mampu mengalirkan udara 24% lebih baik, sehingga meningkatkan efisiensi pendinginan secara signifikan. Berkat peningkatan pada sistem pendingin ini, ROG Ally X dapat beroperasi dengan suhu hingga 6⁰ lebih rendah dibandingkan pendahulunya, yang membantu menjaga stabilitas performa dan memberikan pengalaman gaming yang lebih nyaman.

Peluncuran perangkat ini di Indonesia akan dilakukan pada 22 Agustus 2024. Dalam rangka peluncuran ini, ASUS memberikan penawaran menarik berupa ROG Ally Premium Travel Case untuk setiap pembelian ROG Ally X hingga 30 September 2024.



COMMENTS