June 20, 2024

Indosat dan Google Cloud Perkuat Kerja Sama Strategis, Tawarkan Pengalaman AI ke 100 Juta Pelanggan

Penulis: Desmal Andi
Indosat dan Google Cloud Perkuat Kerja Sama Strategis, Tawarkan Pengalaman AI ke 100 Juta Pelanggan  

Mobitekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Google Cloud telah memperkuat kerja sama strategis jangka panjang mereka dengan tujuan mempercepat transformasi Indosat dari perusahaan telekomunikasi menjadi perusahaan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI Native TechCo). Kolaborasi ini mengintegrasikan jaringan luas, operasional, serta dataset pelanggan Indosat dengan AI stack terpadu milik Google Cloud, yang bertujuan memberikan pengalaman unggul bagi lebih dari 100 juta pelanggan di Indonesia, sambil menyediakan solusi AI untuk perusahaan dan AI generatif (GenAI) untuk bisnis di seluruh negeri.

Agen dan aplikasi AI, bila diterapkan dengan efektif pada data yang dikelola dengan aman dan mematuhi privasi layanan komunikasi, dapat menguatkan kemampuan manusia melalui analisis data multimodal, pengenalan pola, dan rekomendasi. Ini membuka peluang untuk meningkatkan pendapatan dan efisiensi, serta memperbaiki pengalaman pelanggan. Dalam kerangka kolaborasi ini, Indosat dan Google Cloud bertujuan untuk menghasilkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan pasar di Indonesia, seperti:

Pertama, solusi Contact Center AI dari Google Cloud memanfaatkan teknologi GenAI untuk meningkatkan produktivitas agen layanan pelanggan. Solusi ini memungkinkan transkripsi panggilan langsung, rekomendasi tanggapan berdasarkan pengetahuan yang terkumpul, analisis real-time percakapan, dan evaluasi sentimen pascapanggilan. Dukungan GenAI juga memungkinkan layanan yang dapat dikembangkan untuk penanganan pertanyaan pelanggan yang lebih kompleks, transaksi, serta layanan mandiri di platform digital Indosat.

Kedua, dengan Agen AI Kreatif yang mendukung konten dinamis dan hiperpersonalisasi, Indosat dapat menawarkan penawaran yang lebih relevan sesuai dengan profil dan kebutuhan pelanggan. Terintegrasi dengan sistem manajemen hubungan pelanggan dan konten, teknologi ini menghasilkan konten yang beragam (teks, gambar, dan video) dan interaksi yang dipersonalisasi di berbagai saluran komunikasi.

Ketiga, analitik geospasial dan pemodelan prediktif menggunakan model dan alat ML dari Google Cloud yang dilatih dengan dataset operasional Indosat. Teknologi ini membantu industri dalam pengambilan keputusan strategis seperti pemilihan lokasi ekspansi, optimasi manajemen aset berdasarkan data lokasi real-time, dan strategi mitigasi bencana alam proaktif. Indosat juga dapat mengidentifikasi potensi pertumbuhan dan peningkatan cakupan jaringan di area dengan potensi tinggi namun memiliki keterbatasan infrastruktur.

Keempat, dalam bidang operasi jaringan dan TI, sistem yang didukung ML khusus dan AI multimodal membantu Indosat dalam memprediksi ROI dari investasi modal, mengoptimalkan konsumsi energi, dan meningkatkan efisiensi operasional. Contoh penggunaannya termasuk penyesuaian dinamis tingkat daya menara seluler, diagnosis cepat dan pemecahan masalah gangguan, serta dukungan dalam pengembangan perangkat lunak untuk mempercepat waktu ke pasar.

Terakhir, transformasi back office melalui aplikasi pencarian perusahaan didukung oleh GenAI memungkinkan tim SDM, hukum, pengadaan, dan keuangan untuk mengakses informasi penting secara efisien. Ini meminimalisir waktu pencarian manual dan mempercepat pengambilan keputusan dengan menyediakan jawaban yang relevan dari berbagai data seperti kebijakan, kontrak, dan laporan keuangan.

Hari Perempuan Indosat Ooredoo Hutchison HR Asia Award

Indosat dan Google Cloud Jajaki inisiatif Go-to-Market

Selain penerapan solusi-solusi ini dalam operasionalnya, Indosat dan Google Cloud juga menjajaki inisiatif go-to-market bersama untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia. Mereka menyediakan akses ke solusi-solusi AI ini kepada UMKM, startup, perusahaan, dan sektor publik dengan infrastruktur yang dioptimalkan untuk mendukung pengembangan teknologi AI di Indonesia.

Dengan kolaborasi ini, Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menekankan komitmen Indosat untuk memajukan masyarakat Indonesia dalam era digital dengan teknologi mutakhir. Karan Bajwa, Vice President Asia Pasifik di Google Cloud, menambahkan bahwa adopsi teknologi AI menandai langkah penting dalam transformasi industri telekomunikasi dan memberikan contoh bagi sektor lain untuk mengintegrasikan AI dalam pertumbuhan dan dampak nasional mereka.

Tags: ,


COMMENTS