July 19, 2024

Truk HINO 300 – 136 HDL 6×2 dan HINO 500 FM 280 JD Retarder Resmi di GIIAS 20204. Salah Satunya Jadi yang Pertama di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Truk HINO 300 – 136 HDL 6×2 dan HINO 500 FM 280 JD Retarder Resmi di GIIAS 20204. Salah Satunya Jadi yang Pertama di Indonesia 

Mobitekno – Berpartisipasi kembali di ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, ICE BSD, Tangerang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) ingin memperluas segmen pasarnya dengan meluncrukan truk ringan (light duty truck) Hino Dutro terbaru, Dutro 300 -136 HDL 6×2.

Selain truk light duty Hino Dutro 300 -136 HDL 6×2, Hino juga meluncurkan Hino 500 FM 280 JD Retarder sebagai medium duty truck yang telah menjadi market leader selama 24 tahun terakhir di momen acara khusus media atau Exclusive Media Day GIIAS 2024 pada tanggal 17 Agustus 2024.

Hino GIIAS 2024 01

Hino GIIAS 2024 00

Di ajang GIIAS 2024 kali ini, Hino membawa tema “Hino Untuk Indonesia, Solusi Transportasi Terpercaya”. Tema ini membuktikan bahwa Hino tidak hanya menawarkan kendaraan berkualitas tinggi tetapi juga memberikan layanan komprehensif yang dikenal dengan istilah Total Support seperti layanan excellence Services dan complete spare part sehingga memastikan setiap kendaraan Hino beroperasi dalam kondisi maksimal dengan biaya paling minimal.

Hino Dutro 300-136 HDL 6×2: Light Duty Truck 6×2 Pertama di tanah air

Sesuai namanya, truk ringan Dutro tronton ini memiliki konfigurasi penggerak roda 6×2 dan menjadi yang pertama di segmennya di Indonesia. Sebagai informasi, angka “6” menunjukkan jumlah total roda pada kendaraan. Sedangkan angka “2” menunjukkan jumlah roda yang digerakkan (roda penggerak). Dalam konfigurasi ini, biasanya ada tiga pasang roda (enam roda total), dengan satu pasang roda sebagai penggerak.

Dengan konfigurasi 6×2, light duty truck Hino Dutro akan menawarkan kapasitas muatan yang lebih besar dan bebas dari fenomena over dimension over loading (ODOL). Truk yang mengalami ODOL terjadi jika memili muatan berlebih dan/atau dimensi truk tersebut melebihi batas yang diizinkan.

Hino GIIAS 2024 04

Gross vehicle weight atau GVW truk ini mencapai 14 ton dan ditujukan untuk angkutan CPO atau minyak sawit mentah yang membutuhkan truk kecil dengan daya angkut yang lebih besar dan bisa menjangkau jalan sempit.

Hino sudah melakukan serah terima unit pertama Hino 300 – 136 HDL 6×2 kepada PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk untuk angkutan CPO.

Hino GIIAS 2024 08

“Komitmen Hino dalam mengembangkan produk dan layanan yaitu tidak hanya tangguh, namun juga hadir sebagai solusi kebutuhan transportasi di Indonesia. Hino selalu berinovasi untuk menciptakan kendaraan yang sesuai dengan bisnis pelanggan di Indonesia,” ujar Takashi Muto, Presiden Direktur HMSI di acara peluncuran di GIIAS 2024.

Hino GIIAS 2024 07

Hino 500 FM 280 JD Retarder: Andal angkut hasil kebun dan tambang dan dilengkapi sistem pengereman canggih

Hino juga meluncurkan truk medium duty Hino 500 FM 280 JD Retarder (Hino 500 FM 280 JD R). Truk ini sudah dilengkapi dengan retarder yaitu sistem pengereman tambahan secara electromagnetic untuk memperhambat laju kendaraan di area jalan off road atau medan yang berat guna meningkatkan keselamatan berkendara, dan produktivitas armada.

Truk ini mengusung peningkatan signifikan pada aspek keselamatan dan efisiensi biaya perawatan melalui fitur-fitur inovatifnya. Hino500 Series FM 280 JD R dilengkapi dengan sistem pengereman tambahan Retarder CFK-360 Series.

Sistem pengereman canggih ini menggunakan teknologi Electro Magnetic Retarder yang bekerja dengan menahan putaran Propeller Shaft melalui gaya medan magnet, sehingga memungkinkan truk untuk memperlambat laju kendaraan dengan lebih efektif dan aman.

Hino GIIAS 2024 03

Dengan penggunaan retarder ini, usia pakai kampas rem dapat lebih panjang, menghemat biaya perawatan jangka panjang bagi para pelanggan. Dilengkapi tuas pengendali Retarder Level dalam kabin dengan 4 tahap pengereman sesuai kebutuhan operasional.

Hino FM 280 JD R juga memiliki fitur menarik lainnya, seperti Digital Hour Meter untuk mengetahui informasi pemakaian mesin untuk perawatan kendaraan tetap terjaga. ES Start System untuk mencegah terjadinya kendaran mundur ditanjakan dan memudahkan menanjak kembali sehingga umur pakai kanvas kopling lebih awet.

Hino GIIAS 2024 05

Ban tipe Block yang tahan lama dan cocok untuk medan berat, karena truk ini memiliki GVW 26 Ton dengan Max Power 280 PS serta Gear Ratio 6.428 yang memberikan tenaga optimal dan kapasitas angkut maksimal. Dari sisi kenyamanan pengemudi, Hino500 Series FM 280 JD R, sudah dilengkapi dengan air conditioner (AC), power window dan central lock.

Susilo Darmawan, Sales Director HMSI mengungkapkan bahwa peluncuran FM 280 JD Retarder menunjukkan komitmen Hino untuk menghadirkan solusi transportasi yang aman, andal, dan efisien bagi industri pertambangan.

“Truk ini tidak hanya menjanjikan peningkatan keselamatan melalui teknologi pengereman canggihnya, tetapi juga menawarkan berbagai fitur yang mendukung kenyamanan dan produktivitas operasional pertambangan,” pungas Susilo.

Hino GIIAS 2024 06

Pada GIIAS 2024, Hino juga menghadirkan enam kendaraan unggulan berinovasi yang mencerminkan komitmen terhadap kualitas. Khusus pada kateogri bus, terdapat Hino Bus AK 240 dengan aplikasi bodi baru untuk bus besar bermesin depan.

Bus ini menampilkan desain rangka ruang belakang space frame yang memberikan area kargo lebih luas, cocok untuk berbagai kebutuhan transportasi.

Hino juga menampilkan line up bus medium Hino GB Bus 150 L AT untuk mendukung transportasi perkotaan dengan kenyamanan dan efisiensi tinggi.

Di segmen truk ringan juga ditampilkan Hino 300 – 136 HD dengan tampilan LED Box serta 1 unit truk heavy duty Hino 700 – ZS 4141 utuk kebutuhan tambang dengan medan berat.

Di samping menghadirkan dua lini truk baru, dilakiukan juga acara penyerahkan HINO 300 – 136 HDL 6×2 pertama di Indonesia kepada kepada pelanggan PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT. SMART Tbk.) yang merupakan perusahaan terdepan di sektor bisnis kelapa sawit.

Penyerahan truck Hino pada PT. SMART Tbk, tentunya tidak hanya semakin memperkuat posisinya sebagai pemain utama segmen kendaraan niaga di Indonesia, tetapi juga menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan pelanggannya di berbagai sektor industri.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS