June 14, 2024

WhatsApp Makin Menyala 🔥 Dukung Video Call Hingga 32 Orang, Screen Sharing, dan Codec Audio Baru untuk Koneksi Lambat

Penulis: Iwan RS
WhatsApp Makin Menyala 🔥 Dukung Video Call Hingga 32 Orang, Screen Sharing, dan Codec Audio Baru untuk Koneksi Lambat  

Mobitekno – WhatsApp, aplikasi pesan instan terpopuler di dunia (lebih dari 2 miliar pengguna) telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang di seluruh dunia. Sejak diakuisisi oleh Facebook (kini Meta) senilai US$ 19 miliar pada tahun 2014, WhatsApp terus mengalami perkembangan dengan menghadirkan fitur-fitur baru seklaigus meningkatkan fitur yang sudah ada sebelumnya.

Kini di tahun 2024, WhatsApp kembali menghadirkan serangkaian pembaruan yang menjanjikan pengalaman panggilan suara dan video menjadi lebih lancar dan menyenangkan di semua perangkat pengguna.

whatsapp 14011929 16x9 0

Dalam pengumuman di website resminya, pihak WhatsApp menyatakan bahwa sejak menghadirkan fitur Panggilan di aplikasi WhatsApp pada tahun 2015, mereka terus menyempurnakannya dengan memperkenalkan berbagai fitur panggilan grup, panggilan video, dan dukungan multi-platform.

Ketiga fitur baru yang diumumkan WhatsApp adalah dukungan hingga 32 orang/partisipan dalam sebuah video call, berbagi layar dengan audio aktif, Speaker Spotlight, dan peningkatan kualitas audi dan video saat panggilan. Berikut ini penjelasan singkat fitur-fitur baru tersebut.

Panggilan video (Group Video Call) dukung peserta hingga 32 orang

Salah satu peningkatan penting adalah peningkatan jumlah partisipan/peserta dalam suatu panggilan video. Kini, WhatsApp memungkinkan hingga 32 pengguna untuk bergabung dalam satu panggilan video.

In menjadikan aplikasi pesan instan ini juga ideal untuk pertemuan kelompok, acara online, dan kelas virtual. Dukungan peserta yang lebih besar bermanfaat bagi pengguna yang ingin terhubung dengan keluarga besar, teman, atau rekan kerja dalam jumlah banyak.

Whatsapp group video call 01

Peningkatan kapasitas peserta video call hingga 32 orang di WhatsApp menjadi angin segar bagi banyak pengguna yang memerlukan komunikasi dalam kelompok besar. Sebelumnya, WhatsApp hanya mendukung panggilan video dengan jumlah maksimum 8 peserta yang diperkenalkan pada masa pandemi COVID-19 di 2020.

Dengan peningkatan ini, WhatsApp menjadi lebih kompetitif dibandingkan aplikasi pesan instan lainnya, seperti Telegram yang juga mendukung fitur video call dengan jumlah peserta yang banyak/besar (30 orang). Bahlan WhatsApp juga tidak kalah bersaing dengan platform lain seperti Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet yang sudah lama mendukung panggilan video dalam jumlah besar.

Screen sharing: Berbagi layar dengan audio selama panggilan

Fitur baru lainnya yang juga menarik adalah fitur untuk berbagi layar dengan audio selama panggilan video. Dengan fitur screen sharing dengan audi ini, pengguna dapat menunjukkan presentasi, dokumen, foto, atau video kepada peserta lain secara real-time, lengkap dengan suara. Fitur ini berguna untuk kolaborasi, presentasi, dan demonstrasi.

Skenarion lainnya, misalnyya pengguna ingin menonton video bersama atau perlu berbagi sesuatu di layar selama panggilan. Sebelumnya, pengguna hanya dapat berbagi layar, namun kini teman dan keluarga di sisi lainnya juga dapat mendengar audionya, sehingga pengalamannya yang ditawarkan menjadi lebih mendalam dan interaktif.

Speaker Spotlight

WhatsApp juga memperkenalkan fitur “Speaker Spotlight”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyorot pembicara saat ini dalam panggilan video, sehingga semua semua pengguna dapat dengan mudah fokus pada orang yang berbicara. Hal ini sangat membantu seorang pembicara tetap mendapatkan atensi dalam situasi di mana banyak orang berbicara secara bersamaan atau ada suara latar belakang yang mengganggu.

Peningkatan kualitas panggilan audo/video dengan codec MLow:

WhatsApp juga telah meningkatkan kualitas audio dan video dalam panggilannya. Pengguna dapat menikmati suara yang lebih jernih dan video yang lebih tajam, bahkan dengan koneksi internet yang kurang stabil. Sebelumnya WhatsApp mengklaim akan selalu memprioritaskan pengalaman yang berkualitas saat pengguna melakukan panggilan, baik audi dan video.Pembaruan ini melanjutkan tren tersebut.

Pengenalan codec MLo (Meta Low Vitrate audio codec) belum lama ini disebut akan meningkatkan kualitas panggilan audi/video. Codec Mlow dirancang oleh Meta untuk meningkatkan kualitas audio, terutama bagi pengguna yang terhubung dengan koneksi berkecepatan lambat.

Whatsapp MLow codec 1

Bagi pengguna seluler, ini berarti peredam bising dan gema (echo) yang lebih baik, sehingga panggilan pengguna lebih jelas terdengar, bahkan di lingkungan yang bising. Panggilan video juga akan diuntungkan dengan adopsi codec codec Mlo tersebut. Dan meskipun Anda menggunakan perangkat lama atau memiliki konektivitas jaringan yang buruk, kualitas audio secara keseluruhan akan lebih tajam dan jernih.

Pembaruan fitur panggilan WhatsApp ini merupakan langkah yang signifikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menjadikan platform ini lebih kompetitif dengan aplikasi komunikasi lainnya seperti Zoom dan Google Meet. Dengan kapasitas 32 pengguna, berbagi layar dengan audio, Speaker Spotlight, dan peningkatan kualitas audio dan video, WhatsApp menawarkan solusi yang lebih komprehensif untuk kebutuhan komunikasi online saat ini.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS