February 13, 2024

Dukung “Visit Beautiful West Sumatra” 2024, Telkomsel dan Pemerintah Sumatera Barat Berkolaborasi Memanfaatkan Data Insight

Penulis: Rizki R
Dukung “Visit Beautiful West Sumatra” 2024, Telkomsel dan Pemerintah Sumatera Barat Berkolaborasi Memanfaatkan Data Insight  

Mobitekno – Sumatra Barat memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Termanifestasi dalam brand ‘Visit Beautiful West Sumatra’, pariwisata di kota yang terkenal lewat Jam Gadang ini diharapkan dapat menarik perhatian pasar wisatawan sehingga dapat terus berkontribusi positif pada keberlanjutan destinasi serta memperkuat ekonomi lokal.

Belum lama ini, Telkomsel dan Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali memperkuat kemitraan mereka dalam memanfaatkan layanan Mobility Insight berbasis Mobile Positioning Data (MPD) untuk meningkatkan akurasi data sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Langkah ini diresmikan dalam acara “Launching Calendar of Event West Sumatra 2024” di Padang pada tanggal 20 Januari, yang menandai komitmen bersama dalam memajukan pengambilan keputusan berbasis data di sektor pemerintahan dan pariwisata.

Visit Beautiful West Sumatra

Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyambut baik dukungan Telkomsel dalam pembangunan sektor pariwisata daerah. Dia menggarisbawahi pentingnya promosi potensi pariwisata Sumatra Barat untuk menarik minat wisatawan dan mendukung ekonomi lokal.

“Potensi signifikan pariwisata di Sumatra Barat, yang termanifestasi dalam brand ‘Visit Beautiful West Sumatra’, perlu kita dukung dan promosikan bersama agar dapat menarik perhatian pasar wisatawan sehingga dapat terus berkontribusi positif pada keberlanjutan destinasi serta memperkuat ekonomi lokal. Mari kita berkolaborasi mengoptimalkan potensi pariwisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Mahyeldi. 

Telkomsel x Dispar Sumbar 5 scaled

Sementara itu, Alfian Manullang, Vice President Data Solutions Telkomsel, menekankan komitmen Telkomsel untuk memberikan wawasan data yang akurat guna mendukung pengambilan keputusan yang berdampak nyata bagi tata kelola lalu lintas, pelayanan publik, transportasi, dan pariwisata.

Visit Beautiful West Sumatra Didukung Telkomsel

Sebelumnya, pada tahun 2023, kerja sama Telkomsel dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah berhasil meningkatkan angka kunjungan wisata hingga mencapai 11 juta, melebihi target yang ditetapkan. Dengan menggunakan Mobility Insight dari Telkomsel, Dinas Pariwisata Sumatera Barat dapat menganalisis profil wisatawan, menentukan destinasi wisata favorit, dan mengoptimalkan perencanaan program kepariwisataan.

Visit Beautiful West Sumatra

Sebagai penyedia layanan bisnis TelkomGroup, Telkomsel memiliki akses ke data dari lebih dari 158,3 juta pelanggan seluler di Indonesia. Data Mobile Positioning Data (MPD) diproses bersama survei digital untuk membentuk analisis pola pergerakan manusia, memberikan wawasan yang akurat untuk pengambilan keputusan di sektor pariwisata Sumatera Barat. Kolaborasi ini membawa manfaat yang nyata bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi daerah, khususnya mendorong Visit Beautiful West Sumatra.

Tags: , , ,


COMMENTS