September 10, 2024

Perkuat Platform Unified SASE, Fortinet Akuisisi Startup Keamanan Data Next DLP

Penulis: Iwan RS
Perkuat Platform Unified SASE, Fortinet Akuisisi Startup Keamanan Data Next DLP 

Mobitekno – Fortinet, salah satu raksasa keamanan siber dunia, baru-baru ini mengumumkan akuisisi startup dalam bidang manajemen risiko internal dan perlindungan data Next DLP. Langkah strategis ini diharapkan akan semakin mengukuhkan posisi Fortinet sebagai pemimpin pasar dalam solusi keamanan siber komprehensif, khususnya dalam menghadapi tantangan keamanan data yang semakin kompleks di era cloud.

Sebagai informasi, Next DLP selama ini menawarkan platform untuk mendeteksi risiko internal sekaligus mendeteksi eksfiltrasi data (pencurian data) dan kehilangan data, menggunakan agen perangkat lunak yang memberikan dampak minimal pada kinerja CPU dan produktivitas pekerja.

Musim gugur lalu (September-November 2023), Next DLP mengumumkan perluasan solusi perlindungan data modern dan berbasis cloud, Reveal Platform yang mencakup beberapa tool AI generatif, termasuk Hugging Face, Bard, Claude, dan beberapa lainnya, selain ChatGPT.

Akuisisi ini khususnya akan memperkuat kehadiran dan daya saing Fortinet dalam pasar solusi pencegahan kehilangan data (DLP/Data Loss Prevention) sebagai perusahaan yang beroperasi secara independen serta memperkuat kepemimpinannya dalam pasar DLP terintegrasi dengan teknologi endpoint dan SASE (Secure Access Service Edge) yang sejalan dengan strategi bisnis Fortinet.

Fortinet

Menyambut akuisisi ini, Ken Xie, Pendiri, Ketua Dewan Direksi, dan CEO Fortinet menyatakan bahwa Next DLP akan mendukung tujuan Fortinet dalam meningkatan solusinya secara strategis dan berkelanjutan untuk melindungi perusahaan dengan solusi keamanan terbaik di pasaran.

“Next DLP akan secara signifikan memperkuat kemampuan kami dalam pencegahan kehilangan data, membantu pelanggan mengelola risiko internal di seluruh SASE dan
penerapan teknologi pengguna akhir atau endpoint,” tambahnya.

Di sisi lain, Connie Stack, CEO Next DLP menyebut bahwa inovasi keamanan data telah menjadi fokus utama Next DLP sejak awal. Dengan memprioritaskan perlindungan pelanggan, mereka telah mengembangkan solusi terdepan untuk mengelola risiko internal dan
perlindungan data.

“Keamanan data dan perlindungan terhadap ancaman internal merupakan prioritas utama bagi perusahaan, dan mengintegrasikan Next DLP dengan Fortinet akan memperluas jangkauan solusi keamanan data terdepan kami ke berbagai organisasi di seluruh dunia,” pungkasnya.

Dampak akuisisi bagi pelanggan

Bagi pelanggan Fortinet, akuisisi ini dapat membawa sejumlah manfaat, utamanya adalah hadirnya solusi perlindungan data yang lebih komprehensif: Dengan integrasi teknologi Next DLP, pelanggan akan mendapatkan perlindungan data yang lebih menyeluruh, mulai dari pencegahan kebocoran data hingga deteksi ancaman internal.

Manfaat lainnya adalah pelanggan akan mendapatkan pengelolaan risiko yang lebih baik terkait keamanan data, seperti risiko kehilangan data akibat tindakan karyawan yang tidak disengaja atau serangan siber. Selain itu, teknologi Next DLP yang efisien akan membantu mengurangi dampak negatif terhadap kinerja sistem, sehingga meningkatkan produktivitas karyawan.

data loss prevention 01

Next DLP telah diakui oleh para analis industri sebagai inovator dalam teknologi keamanan data. Mereka belum ini disebut sebagai Vendor Representatif dalam Gartner Market Guide untuk Data Loss Prevention 2023 dan Gartner Market Guide untuk Insider Risk Management Solutions 2023.

Platformnya yang berbasis SaaS (Software as a service) dan cloud-native menawarkan perlindungan data yang meluas dari endpoint hingga cloud, dengan fokus pada deteksi anomali berbasis AI/ML dan klasifikasi data.

Perkuat platform Unified SASE Platform dari Fortinet

Unified SASE (Secure Access Service Edge) adalah pendekatan yang menggabungkan fungsi keamanan jaringan dan WAN dalam satu layanan cloud-native. Dengan mengakuisisi Next DLP, Fortinet memperkuat komponen keamanan data dalam solusi SASE mereka. Ini termasuk peningkatan kemampuan pencegahan kehilangan data, manajemen risiko internal, dan perlindungan data di berbagai lingkungan kerja.

SASE

Fortinet berencana untuk mengintegrasikan teknologi Next DLP ke dalam penawaran Security Service Edge (SSE) mereka, serta menambahkan kemampuan perlindungan data dan manajemen risiko internal tambahan di seluruh Fortinet Security Fabric. Ini akan memberikan pelanggan solusi keamanan yang lebih komprehensif dan terintegrasi, yang mampu mengatasi berbagai ancaman siber modern.

Adapun bagi industri keamanan siber, akuisisi ini menunjukkan komitmen Fortinet untuk terus berinovasi dan memperkuat solusi keamanan mereka. Akuisis ini juga menunjukkan pentingnya perlindungan data dan manajemen risiko internal dalam menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS