July 8, 2024

DCE Summit 2024, Telkomsel Kembali Dorong Pertumbuhan UKM Melalui Keterampilan Digital

Penulis: Rizki R
DCE Summit 2024, Telkomsel Kembali Dorong Pertumbuhan UKM Melalui Keterampilan Digital 

Mobitekno – Telkomsel kembali menggelar acara tahunan DCE Summit 2024 dengan tema ‘Accelerating SME Growth Thru Digital Skills’. Acara ini merupakan puncak dari Program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ketiga yang telah berlangsung sejak Desember 2023.

Bertempat di Bandung, DCE Summit 2024 mengundang sejumlah UKM unggulan dari berbagai daerah di Indonesia untuk berbagi pengalaman tentang program akselerasi UKM dan pemanfaatan teknologi digital.

Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, mengungkapkan bahwa DCE Summit 2024 bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas para pelaku usaha serta pemilik jenama lokal.

“Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menciptakan dampak sosial melalui praktik bisnis berkelanjutan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG),” ujar Saki.

DCE Summit 2024

Perjalanan DCE Summit 2024

Program DCE tahun ketiga ini dimulai sejak Desember 2023, diikuti oleh 2.102 UKM yang mendaftar. Dari jumlah tersebut, 300 UKM terpilih untuk berpartisipasi dalam sesi Onboarding ke ekosistem pengembangan UKM digital Telkomsel, dan 32 peserta mengikuti sesi Pitching Tracks di berbagai kategori.

Sebanyak 12 UKM unggulan dari kategori F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care terpilih untuk mengikuti sesi Academy dan Mentoring secara online sejak Mei 2024. Mereka adalah:

– F&B: Quinn Kitchenz, Rendang Sulaiman, Oh My Gethuk

– Fashion: Doyle, Upject, Indri Boutique

– Craft: Rajoet Gawenan, Saadi Ganoor, D’Arum

– Personal Care: Adeos Odor, Empiris Herbal, Nasho

DCE Summit 2024 4 scaled

Pada 2-3 Juli 2024, keduabelas peserta berkumpul di Bandung untuk menjalani agenda Bootcamp bersama para ahli di bidang UKM, Live Shopping untuk memperluas awareness produk dan jenama peserta, dan Final Pitch memperebutkan gelar UKM terbaik DCE 3.0.

Pemenang DCE Summit 2024 Oh My Gethuk

Pada akhir tahap Final Pitch, UKM dengan produk kuliner tradisional Gethuk berbahan dasar singkong dari Malang, Jawa Timur, yaitu Oh My Gethuk, dinilai telah mengalami perkembangan paling signifikan. Didirikan oleh Diva Velda, Oh My Gethuk berhasil meraih gelar Best of The Best of 3rd DCE.

“Selamat atas terpilihnya Oh My Gethuk sebagai UKM terbaik di DCE tahun ketiga. Semoga jenama dan bisnis digital yang telah bertumbuh bersama DCE dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” tutup Saki.

DCE Summit 2024 5 scaled

Telkomsel melalui program SME impact accelerator DCE berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan UKM melalui berbagai program pelatihan, pendanaan, dan akses ke pasar, supplier, serta ekosistem digital Telkomsel.

Sejak diluncurkan pada 2021, Program DCE telah mendukung lebih dari 2.500 UKM lokal dan mencetak hingga 350 UKM unggulan. Sebagai SME impact accelerator dari Telkomsel, Program DCE dirancang untuk meningkatkan kapabilitas digital UKM, mendorong inovasi, dan memperkuat daya saing mereka sebagai salah satu roda penggerak utama kemajuan ekonomi nasional.

Tags: , , , ,


COMMENTS