August 6, 2024

Spotify K-Pop ON! Singles Capai Total Lebih dari 39 Juta Streaming

Penulis: Desmal Andi
Spotify K-Pop ON! Singles Capai Total Lebih dari 39 Juta Streaming 

Mobitekno – K-Pop tanpa ragu telah mengukuhkan dirinya sebagai fenomena global, dan Spotify sebagai platform audio utama berada di garis depan dalam mempromosikan genre ini. Aplikasi ini mendukung para artis untuk menjangkau audiens global dan menyebarkan musik mereka ke seluruh dunia. Playlist unggulan untuk genre ini, K-Pop ON! (온), menjadi tujuan utama bagi pengguna baru maupun penggemar setia untuk menjelajahi K-Pop, membantu mereka menemukan musik baru sambil tetap mengikuti perkembangan genre ini.

Tahun ini, Spotify merayakan satu dekade playlist unggulan yang membawa K-Pop ke seluruh dunia dengan meluncurkan Spotify K-Pop ON! (온) Singles yang pertama. Diramaikan oleh artis ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON (dari MONSTA X), dan STAYC, inisiatif ini mengusung tema “My First K-Pop Crush” dengan menampilkan cover lagu-lagu dari sunbaes yang pertama kali membuat setiap band jatuh cinta pada K-Pop. Kampanye ini tidak hanya mendukung awal perjalanan setiap penggemar dalam genre ini, tetapi juga merayakan K-Pop lintas generasi.

Spotify Singles ini tidak hanya membangkitkan antusiasme di kalangan penggemar, tetapi juga menghidupkan kembali apresiasi terhadap lagu-lagu ikonik sambil terus menyebarkan pengaruh genre ini ke seluruh dunia, melampaui Asia dan Amerika Serikat. Hingga saat ini, versi cover ENHYPEN dari lagu BTS “I NEED U”, versi SHOWNU X HYUNGWON dari lagu 2PM “I Hate You”, dan versi STAYC dari lagu TWICE “Fancy” secara kolektif telah mencapai lebih dari 39 juta streaming.

Spotify
K-Pop-ON

Setelah Spotify K-Pop ON! (온) Singles dirilis, para artis yang tampil mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah streaming Spotify di seluruh dunia. Ini menegaskan kekuatan program Spotify Singles dalam memberikan peluang bagi artis untuk membangun dan memperdalam hubungan dengan penggemar melalui konten baru.

Dalam seminggu setelah perilisan cover oleh ENHYPEN dan STAYC, jumlah streaming dari kedua grup tersebut di Indonesia naik hampir 27% dan 45% di Spotify. Menariknya, dalam seminggu setelah perilisan cover “I Hate You” oleh SHOWNU X HYUNGWON, duo ini mengalami peningkatan jumlah streaming yang luar biasa dari Indonesia, yakni sebesar 1,151%.

Saat ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON, dan STAYC mengajak penggemar untuk menelusuri awal mula kecintaan mereka terhadap K-Pop melalui Spotify K-Pop ON! (온) Singles, cover mereka juga menghidupkan kembali minat terhadap lagu-lagu orisinal yang ikonik, terutama dari generasi sebelumnya.

Menyoroti daya tarik musik yang tak lekang oleh waktu dan kekuatan cover dalam mengangkat kembali lagu yang pernah hits pada masanya, versi SHOWNU X HYUNGWON dari “I Hate You” sukses membawa lonjakan streaming secara global untuk lagu hits tahun 2009 tersebut. Dalam seminggu setelah peluncuran Spotify K-Pop ON! (온) Single, terjadi peningkatan streams sebesar 35%. Selain itu, jumlah streaming untuk lagu BTS di 2015, “I Need U”, juga meningkat sebesar 135% dalam seminggu setelah perilisan versi ENHYPEN dari lagu tersebut di Spotify.

spotify

Melalui Spotify, bawa K-Pop ke luar Asia dan Amerika Serikat

K-Pop telah membuktikan bahwa musik dari mana pun di dunia dapat melampaui batas bahasa dan budaya. Pasar di luar Amerika Serikat dan Asia termasuk di antara negara-negara teratas yang mendengarkan kembali versi asli dari Spotify K-Pop ON! (온) Singles, menunjukkan daya tarik global genre ini.

Dalam seminggu setelah perilisan cover oleh ENHYPEN, Brasil dan Turki termasuk di antara negara teratas yang mencatatkan peningkatan persentase tertinggi dalam streaming untuk lagu “I Need U” oleh BTS. Sementara itu, Meksiko, Kanada, dan Brasil masuk dalam 10 negara teratas yang mendengarkan kembali “I Hate You” oleh 2PM setelah versi SHOWNU X HYUNGWON dari lagu tersebut dirilis.

Seminggu setelah STAYC merilis cover lagu “Fancy” dari TWICE, streaming di negara seperti Mesir, Selandia Baru, Hungaria, Republik Ceko, Portugal, dan Belgia mengalami lonjakan tertinggi.

Jungjoo Park, Head of Music Korea di Spotify, mengungkapkan kegembiraannya melihat bagaimana pendengar di seluruh dunia mendukung Spotify K-Pop ON! (온) Singles pertama mereka. Di Spotify, dedikasi mereka untuk membantu musik menjangkau seluruh dunia lebih dari sekadar menampilkan bakat para artis. Selain mendorong pertumbuhan K-Pop dengan memperkenalkan musik baru, mereka juga berkomitmen untuk membantu para artis menjalin hubungan yang lebih mendalam dengan para penggemar dan pendengar baru, serta meningkatkan apresiasi terhadap genre ini.

Tags:


COMMENTS