June 5, 2024

Lakukan Kerjasama Strategis, PT Len dan Thales Ingin Perkuat Pertahanan Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Lakukan Kerjasama Strategis, PT Len dan Thales Ingin Perkuat Pertahanan Indonesia  

Mobitekno – Setelah berusia dua tahun, DEFEND ID, melalui PT Len Industri (Persero) dan Thales berhasil mencapai tonggak sejarah penting dengan menandatangani Perjanjian Joint Venture (JV) pada 30 Mei 2024. Acara ini disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Pascale Sourisse, Presiden dan CEO Thales International, serta Fabien Penone, Duta Besar Perancis untuk Indonesia. Bobby Rasyidin, Direktur Utama PT Len Industri (Persero) / Holding DEFEND ID dan Nicolas Bouverot, Vice President Thales Asia, menandatangani perjanjian tersebut di Jakarta.

Melalui kerjasama ini, PT Len Industri (Persero) dan Thales akan mendirikan Center of Excellence yang awalnya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemantauan udara TNI AU. Kolaborasi ini mencakup teknologi radar dan sistem Command & Control (C2). Thales akan memberikan kontribusi keahliannya melalui transfer teknologi. Selain itu, mereka akan bekerja sama dalam pengembangan Radar Nasional Command & Control (C2). Kegiatan pemeliharaan, perbaikan, dan perawatan (MRO) akan dilakukan di fasilitas PT Len di Subang.

Penandatanganan ini merupakan langkah signifikan bagi Thales untuk memperkuat kehadiran industrinya di Indonesia. Dengan menyediakan layanan perbaikan, engineering, dan pemeliharaan di dalam negeri, JV ini akan memastikan ketersediaan operasional secara maksimal di dekat pasukan Indonesia. Hal ini juga akan memperkuat hubungan dengan pelanggan dan memungkinkan adaptasi cepat terhadap kebutuhan end-user. Langkah ini sejalan dengan strategi jangka panjang pemerintah Indonesia “Made in Indonesia”, yang bertujuan meningkatkan kedaulatan dalam negeri. Selain itu, hal ini akan mendukung tujuan DEFEND ID untuk meningkatkan penggunaan komponen lokal, memungkinkan Indonesia mengekspor kemampuan teknologinya secara global.

“Kami sangat senang dapat memperluas kemitraan dengan Thales dan mengeksplorasi kolaborasi pada topik baru yang akan membawa teknologi canggih dan nilai tambah bagi industri pertahanan Indonesia. Melalui JV ini, kami dapat membawa produk PT Len bersaing di pasar global. Ke depan, PT Len dan Thales akan mengembangkan produk dan solusi pertahanan yang memenuhi kebutuhan dan harapan end-user di Indonesia,” kata Bobby Rasyidin, Presiden Direktur PT Len Industri (Persero) Holding DEFEND ID.

Pascale Sourisse, Wakil Presiden Eksekutif Senior Thales International, juga menyatakan kebahagiaannya atas semakin kuatnya kemitraan dengan PT Len. Menurutnya, hari ini merupakan tonggak penting dalam memperkuat peran Thales di ekosistem pertahanan Indonesia. “Kami sedang membangun fondasi di Indonesia dan mendorong perubahan melalui pelatihan dan transfer teknologi. Joint Venture ini kami harapkan akan membawa yang terbaik dari kedua negara: keahlian teknologi Thales dan pengetahuan PT Len mengenai kebutuhan serta tantangan pertahanan lokal di Indonesia. Saya yakin langkah ini akan membantu Indonesia memperkuat kemampuan dalam negeri di sektor pertahanan dan membuka peluang kolaborasi yang bermanfaat di masa depan,” ujar Pascale Sourisse.

PT Len

Joint Venture PT Len dan Thales untuk Perkembangan Industri Pertahanan

Joint Venture ini menandai komitmen kedua perusahaan untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan industri pertahanan Indonesia. Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat dihasilkan produk dan solusi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan domestik tetapi juga memiliki daya saing di pasar internasional. Teknologi radar dan sistem C2 yang dikembangkan akan menjadi bagian penting dalam memperkuat pertahanan udara TNI AU.

Penandatanganan perjanjian ini juga mencerminkan upaya bersama untuk meningkatkan kemandirian industri pertahanan Indonesia. Dengan adanya transfer teknologi dan pelatihan, kemampuan lokal dalam bidang teknik dan pemeliharaan akan meningkat, memberikan keuntungan jangka panjang bagi industri dalam negeri. PT Len Industri dan Thales berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam menciptakan inovasi dan solusi yang berkelanjutan, menjadikan Indonesia lebih mandiri dalam hal teknologi pertahanan.

Kedepannya, kolaborasi antara PT Len Industri dan Thales diharapkan dapat menginspirasi kemitraan strategis lainnya antara perusahaan lokal dan internasional. Melalui kerjasama yang saling menguntungkan ini, kedua negara dapat saling belajar dan berbagi keahlian, meningkatkan kualitas produk pertahanan yang dihasilkan. Ini merupakan langkah awal dari banyak potensi kerjasama di masa depan, yang tidak hanya akan memperkuat sektor pertahanan tetapi juga mendorong perkembangan teknologi dan industri di Indonesia secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, penandatanganan perjanjian JV ini adalah simbol dari komitmen bersama untuk mencapai tujuan strategis yang lebih besar, mendukung kemandirian nasional, dan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Perancis.

Tags: , ,


COMMENTS