July 3, 2024

Review vivo V30e, Tetap Membawa DNA vivo V30Pro dengan Harga Lebih Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Review vivo V30e, Tetap Membawa DNA vivo V30Pro dengan Harga Lebih Terjangkau  

Mobitekno – vivo pada awal bulan Mei 2024 kembali membuat gebrakan dengan melengkapi V30 Series yang dikembangkannya. Ya, vivo secara resmi telah meluncurkan vivo V30e di Indonesia dan tak sedikit penggemar gadget di Tanah Air yang menyebutkan bahwa pabrikan smartphone asal Tiongkok tersebut ingin “tancap gas” di tahun 2024 ini. Bisa dikatakan ini juga adalah jawaban vivo kepada banyak penggemarnya di Indonesia yang ingin merasakan keseruan teknologi yang ada pada seri V, tetapi dengan harga lebih terjangkau.

Sama seperti dua saudaranya (vivo V30 dan V30 Pro), vivo V30e juga menyajikan kombinasi sempurna antara desain yang elegan, performa yang tangguh, dan tentunya dukungan kamera yang tidak bisa dipandang sebelah mata meski tidak menyelipkan teknologi ZEISS di dalamnya. Sudah barang tentu, smartphone ini dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna muda yang dinamis dan tak tertandingi, meski dijual lebih murah dari vivo V30 dan V30 Pro.

Untuk kebutuhan multitasking secara mobile, vivo V30e juga masih bisa diandalkan. Pasalnya, tak hanya menyematkan chipset yang bertenaga, smartphone ini juga sudah dibekali dengan RAM serta penyimpanan internal yang memadai untuk mereka yang gemar bekerja secara mobile. Daya tarik lainnya, smartphone tipis dengan layar 3D Curved ini juga memiliki dukungan baterai besar dengan pengisian daya “super cepat”. Sekali lagi, smartphone kelas menengah ini tentunya tak bisa diremehkan oleh kompetitor sekelasnya.

vivo V30e
vivo V30e

Kelengkapan

Ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah yang juga membawa DNA V30 serta V30 Pro, vivo V30e masih dikemas dalam boks yang juga terlihat cukup mewah. Material boks-nya cukup tebal, dan bagian atasnya tertulis dengan jelas “V30e” dalam sebuah sebuah lingkaran besar. Ada juga logo khas vivo.

Saat dibuka, ini yang ada di dalam boks-nya:

  1. Smartphone vivo V30e dengan warna Giri Merah
  2. Softcase transparan untuk melindungi bodi smartphone
  3. SIM Card Ejector
  4. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  5. Kabel USB Type A to C
  6. Adapter 44W.
vivo V30e
Kelengkapan paket pembelian

Desain

Jika kamu tertarik membeli vivo V30e, smartphone kelas menengah ini memang masih membawa DNA dari vivo V30 dan V30 Pro, dan ini bisa dilihat lebih jelas pada sektor layarnya. Smartphone ini menawarkan layar dengan desain 3D Curved. Kepiawaian vivo juga bisa kamu temukan pada smartphone ini yang berhasil mengemas bodi Ultra Slim. Perlu kamu ketahui, ketebalan smartphone ini hanya 7,65 mm meski harus menggendong baterai berkapasitas besar.

Tak hanya ramping, smartphone ini juga terlihat begitu mewah dari dua pilihan warna yang ditawarkan. Kedua warna yang diangkat dari alam tersebut adalah Banyu Biru yang memiliki bobot hanya 179 gram dan Giri Merah dengan bobot 188 gram. Memiliki dimensi dengan panjang 164,36 mm dan lebarnya adalah 74,75 mm, smartphone ini pun masih memberikan rasa nyaman ketika digenggam atau juga dikantongi di dalam saku celana kerja sekolah.

Lalu, bagaimana dengan ukuran layarnya? vivo V30e memiliki layar 3D Curved berukuran 6,78 inci dengan resolusi yang berbeda jika dibandingkan vivo V30 Pro, yakni hanya FHD+ (2400 x 1080 piksel). Namun jangan khawatir, panel layar smartphone ini masih diperkaya dengan AMOLED yang memiliki adaptive refresh rate hingga 120Hz. Menariknya lagi, vivo juga membekali layar smartphone ini dengan tingkat kecerahan hingga 1.300nits.

vivo V30e
Layar vivo V30e

Jika kamu terus-terusan menatap layar smartphone ini, seperti saat nonton film drakor favorit atau bermain game PUBG Mobile, kamu juga tak perlu khawatir dengan kesehatan mata. Sebab, vivo juga sudah membekali V30e ini dengan Anti-Fatigue Curve 2.0 serta dukungan sertifikasi SGS Low Blue Light. Tak kalah menarik, layar lengkung AMOLED dari vivo V30e juga sudah dipercantik dengan punch-hole di bagian atasnya yang menjadi rumah untuk kamera depannya.

vivo V30e
Desain layar lengkung dan punch hole camera

Kamu juga tak perlu khawatir dengan daya tahan smartphone kelas menengah ini. Daya tahan perangkat juga menjadi fokus utama vivo dalam mendesain smartphone ini sehingga bisa menjadi “teman” yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Dilengkapi dengan Tough Body Armor, menjadikan bodi vivo V30e lebih kuat ketika mengalami benturan. Ada juga sertifikasi IP64 sehingga kamu merasa aman ketika smartphone ini terkena percikan air atau debu.

Sebagai smartphone kelas menengah kekinian, vivo pun juga membekali vivo V30e dengan kemampuan Water Wet Display. Ini memastikan pengalaman menggunakan smartphone tetap nyaman ketika tangan kamu sedang dalam keadaan basah atau berkeringat. Tak sampai di situ, vivo juga menyempurnakan smartphone tersebut dengan layar depan bersertifikasi SCHOTT Xensation Cover Glass. Sementara, untuk lebih memproteksi layarnya, vivo juga sudah memasang lembaran screen protector.

Selain itu, vivo juga memperkaya layarnya ini dengan sensor pemindai sidik jari yang berfungsi untuk keamanan perangkat. Kamu juga jangan khawatir, untuk membaca sidik jari tangan juga sudah lebih cepat. Jika enggan menggunakan fitur keamanan biometrik ini, kamu pun juga diberi pilihan keamanan lainnya, seperti Pattern, PIN hingga Password untuk benar-benar melindungi seluruh data yang ada pada smartphone ini. Dengan begitu, kamu benar-benar lebih nyaman.

Nah, bergeser ke panel bagian belakang, vivo juga telah mempercantik vivo V30e dengan menempatkan rumah kamera berbentuk lingkaran, yang diletakkan di pojok kiri atas. Tak dipungkiri, desain kamera belakang smartphone kelas menengah ini memang terinspirasi dari jam tangan premium seperti yang dikatakan oleh vivo saat acara peluncurannya di Tanah Air, sehingga benar-benar memberikan kesan yang mewah pada panel belakang smartphone ini.

vivo V30e
Desain kamera belakang

vivo memuat dua buah lensa di dalam rumah kamera berbentuk lingkaran tersebut, yang diposisikan secara vertikal, bersanding dengan LED flash berbentuk cincin. Nah, menariknya lagi, LED flash itu pun masih diperkaya dengan fitur Aura Light khas vivo.Tidak berbeda dengan desain bagian depannya, panel belakang smartphone ini juga berupa 3D Curved. vivo pun mempercantik panel belakang vivo V30e ini dengan sentuhan two-tone dan tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Namun, jika kamu ingin melindungi panel belakang smartphone ini agar tidak mudah tergores atau terlihat cepat kusam, kamu bisa menggunakan soft-case yang sudah tersedia secara cuma-cuma dalam boks kemasannya. Tentunya, smartphone kelas menengah ini akan terasa lebih “cantik” jika nantinya vivo atau pihak ketiga selaku penyedia aksesoris smartphone telah mulai memasarkan soft-case atau hard-case untuk smartphone tersebut. Bagaimana menurut kamu?

vivo V30e
Sisi kanan

Sekarang, mari kita cari tahu tata letak tombol-tombol pengoperasian, seperti tombol volume dan daya. Ya, kedua tombol tersebut diletakkan pada frame atau bingkai di sisi kanan. Pada sisi bagian atas, kamu hanya akan menemukan lubang mikrofon tanpa tulisan. Sisi bagian kiri dibuat polos, sedangkan sisi bagian bawah, vivo menempatkan slot untuk memuat SIM Card (Dual SIM – Nano-SIM, dual stand-by) ditambah kartu microSD. Lalu, ada lubang mikrofon, port USB Type-C serta lubang speaker mono.

vivo V30e
port yang disediakan

Fitur dan Performa

Seperti telah disebutkan bahwa vivo V30e tak hanya menarik dari sisi desain, tetapi juga performa yang ditawarkan meski datang sebagai smartphone kelas menengah. Dibanderol seharga Rp 4 jutaan, smartphone ini telah dicekoki oleh vivo dengan chipset Snapdragon 6 Gen 1. Ini adalah chipset dari Qualcomm yang memang ditujukan untuk smartphone kelas menengah dan dibangung menggunakan fabrikasi 4nm. Chipset ini sendiri diluncurkan oleh Qualcomm pada akhir tahun 2022 lalu.

Membawa arsitektur CPU Octa-core, SoC racikan Qualcomm tersebut terdiri dari empat core Cortex-A78 2,2 GHz & Cortex-A55 1,8GHz. Soc ini juga telah terintegrasi dengan GPU Adreno 710. Sudah barang tentu, SoC dari Qualcomm yang ditanam oleh vivo ke dalam vivo V30e ini bekerja tidak sendirian. vivo juga telah membekali ponsel pintar ini dengan RAM hingga 8GB yang diperkaya dengan fitur Extended RAM dan penyimpanan internal hingga 256GB.

Ya, vivo memperkaya vivo V30e dengan fitur Extended RAM. Fungsinya seperti yang sudah kita tahu bersama, untuk mendongkrak RAM yang “diakuisisi” dari ROM. Kamu bisa menambah RAM secara virtual pada smartphone ini hingga 8GB. Dengan kata lain, kamu bisa merasakan RAM 16GB yang berjalan pada smartphone ini. Namun, berbeda dengan vivo V30 Pro yang tidak menyediakan dukungan untuk kartu microSD, pada V30e kamu bisa mendongkrak kapasitas penyimpanannya hingga 1TB.

Salah satu nilai jual yang ditawarkan oleh vivo V30e adalah bodinya yang Ultra Slim meski memiliki dukungan catu daya lebih besar ketimbang V30 Pro. Meski memiliki bodi yang tipis, vivo membenamkan baterai berkapasitas 5.500 mAh.Hanya saja, pengisian daya cepatnya lebih kecil, yakni 44W FlashCharge. Keunggulan lainnya, vivo juga melengkapi sektor catu daya pada smartphone ini dengan mode Super Battery Saver, yang menawarkan pemakaian baterai lebih panjang.

Jika kamu mengaktifkan mode Super Battery Saver tersebut, vivo V30e bisa dipakai nonton YouTube bertahan hingga 22 jam, dan menjelajah instagram hingga 15 jam. Jika kamu memainkan game PUBG Mobile dan mengaktifkan mode tersebut, smartphone ini bisa diajak bermain game “battle royale” tersebut hingga 9 jam dan diajak mendengarkan musik hingga 53 jam. Dengan begitu, kamu tak perlu cemas untuk selalu mencari sumber listrik ketika sedang bersama dengan vivo V30e.

Menariknya lagi, masih terkait dengan urusan catu daya, vivo juga menghadirkan 4-Year Battery Health. Hal itu bertujuan untuk memastikan konsistensi dan optimalitasi performa baterai hingga empat tahun penggunaan. Nah, dibekali Snapdragon 6 Gen 1, RAM 8GB ditambah Extended ROM 8GB, ROM 256GB, dan baterai 5.500 mAh, lalu bagaimana dengan kinerja smartphone ini? Seperti biasa, Mobitekno juga melakukan benchmark untuk mengukur performa vivo V30 Pro.

Seperti telah disebutkan di atas bahwa untuk mereview secara penuh, smartphone ini oleh Mobitekno juga dijadikan sebagai daily driver untuk menemani aktivitas sehari-hari, terutama ketika harus pergi liputan ke luar rumah. Dari sejumlah aktivitas yang dijalani, Mobitekno bisa merasakan daya tahan baterai yang dimiliki oleh vivo V30e ini. Ya, misalnya dipakai bermain game Mobile Legends: Bang Bang serta PUBG Mobile selama 1 jam, masing-masing game bisa bisa menguras baterai 10% hingga 12%.

Sementara itu, untuk antarmuka, vivo V30e berjalan dengan Funtouch OS 14 berbasiskan Android 14. Untuk urusan konektivitas, tentu saja ponsel pintar ini menyuguhkan jaringan 5G. Selain itu, ada juga dukungan WiFi 6, Bluetooth 5.3 dan NFC. Jika kamu tertarik membeli vivo V30e yang ditawarkan seharga Rp 4 jutaan, vivo menjanjikan akan memberikan dukungan update OS Android hingga 2 kali, dan yang tak kalah penting adalah security update hingga 3 tahun.

Kamera 50MP Sony IMX882

Vivo V30e memang memiliki rumah kamera belakang yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan dua saudaranya, vivo V30 dan V30 Pro. Rumah kamera belakang dari vivo V30 dan V30 Pro berbentuk persegi, sedangkan vivo V30e memiliki rumah kamera belakang berbentuk lingkaran. Sekali lagi, terlihat begitu premium karena vivo berhasil mengadopsi rumah kamera belakang vivo V30e dari desain jam tangan mewah Selain itu, smartphone ini juga masih dibekali All-New Aura Light Portrait.

Jika dukungan All-New Aura Light Portrait pada vivo V30 dan V30 Pro berbentuk persegi yang cukup besar, All-New Aura Light Portrait pada vivo V30e juga memiliki bentuk yang berbeda. Vivo mengemasnya dalam bentuk cincin kecil. Selain itu, vivo juga hanya memuat dua buah kamera ke dalam smartphone ini. Kamera utamanya adalah lensa 50MP yang dipasok dengan sensor Sony IMX882 dan berpasangan dengan kamera ultra-wide 8MP f/2.2 FoV 120 derajat.

Didukung dengan kemampuan 2x Professional Portrait Mode dan dipadukan dengan dukungan All-New Aura Light Portrait, smartphone ini mampu mengahasilkan foto yang lebih memukau. Ya, punya dukungan seperti itu, Mobitekno pun menilai bahwa hasil fotonya bisa membuat kamu lebih percaya diri untuk membagikannya ke media sosial. Dukungan lainnya, kamu juga bisa menciptakan foto malam yang ciamik menggunakan vivo V30e karena vivi telah membekali smartphone ini dengan Mode Night.

Ada juga dukungan Mode Supermoon untuk memotret bulan. Mode pemotretan lainnya yang bisa kamu temukan pada smartphone ini adalah Mode Panorama, Pro dan Live Photo. Sementara, bagi kamu yang suka membuat konten video juga bisa ditemani oleh vivo V30e. Pasalnya, smartphone ini menyediakan opsi perekaman video yang cukup beragam, mulai dari Slo-Mo hingga Dual-View. Nah, bagi kamu yang suka membuat video pendek secara instant, vivo juga menyediakan opsi Mode Micro Movie.

Kamu juga tak perlu cemas jika ingin membuat konten foto dengan latarbelakang nge-blur alias bokeh. Kamu bisa memilih Mode Portrait. Sementara itu, untuk kebutuhan foto selfie, vivo V30e telah dibekali kamera depan 32MP. Meski vivo V30e berada di lini terbawah dalam keluarga V30 Series, smartphone ini punya kemampuan untuk merekam video hingga resolusi 4K @30fps. Tentunya, ini jadi perangkat mobile yang menarik untuk kamu yang suka berbagi konten dalam bentuk video pendek.

Contoh foto:

Spesifikasi

Produk vivo V30e 5G
Warna Giri Merah dan Banyu Biru
Ukuran 164.36 × 74.75 × 7.75 mm (Giri Merah)

164.36 × 74.75 × 7.65 mm (Banyu Biru)

Bobot 188g (Giri Merah)

179g (Banyu Biru)

Tipe SIM Card 1 nano SIM + 1 nano SIM/1 kartu microSD
Layar AMOLED 6,75 inci 2400 x 1080px, refresh rate 120 Hz
Sistem Operasi Funtouch OS 14 berbasis Android 14
Chipset Qualcomm Snapdragon® 6 Gen 1
Storage 8GB + 128GB

8GB + 256GB

Kamera Depan 32MP HD Selfie Camera
Kamera Belakang 50MP Sony Ultra-Sensing Camera: mendukung AF (Autofocus)

8MP Wide-Angle Camera

Baterai 5500mAh dengan fast charging 44W
Harga Rp4.699.000(8+128)

Rp4.999.000(8+256)

Kesimpulan

vivo V30e hadir untuk melengkapi lini keluarga V30 Series. Kehadiran smartphone kelas menengah yang dibanderol Rp 4 jutaan ini juga menjadi jawaban dari vivo untuk konsumen yang punya budget terbatas, tetapi ingin merasakan teknologi vivo V30 dan vivo V30 Pro. Sama seperti dua saudaranya, vivo pun memasarkan vivo V30e ini dengan embel-embel “Ultimate Portraits”. Tentunya hal ini tak lepas dengan dukungan kamera yang disematkan pada vivo V30e.

vivo V30e dibekali kamera utama 50MP yang menggendong sensor Sony IMX882. Sementara itu, kamera keduanya, yang menemani kamera utamanya itu adalah lensa ultra-wide 8MP dengan FoV 120 derajat. Di bagian depan ada selfie camera 32MP. Tak kalah menarik, vivo juga masih menghadirkan All-New Aura Light Portrait ke dalam ponsel pintar ini yang dilengkapi dengan AI. Berbeda dengan vivo V30 Pro, dukungan LED flash unik tersebut dikemas lebih minimalis berbentuk cincin kecil.

vivo V30e
vivo V30e

Sementara, untuk sektor dapur pacunya, vivo V30e yang juga membawa fitur NFC ini dibekali dengan chipset Snapdragon 6 Gen 1. Ada dua pilihan konfigurasi memori yang ditawarkan, yakni 8GB/128GB dan 8GB/256GB. vivo pun juga memperkaya smartphone ini dengan fitur Extended RAM, yang mampu menambah kapasitas RAM hingga 8GB. Di sisi lain, pengguna juga bisa menambah kapasitas penyimpanannya menggunakan kartu microSD hingga 1TB.

DNA V30 dan V30 Pro lainnya yang ikut menempel pada vivo V30e adalah desain yang ditawarkan. Smartphone ini membawa desain layar 3D Curved dengan panel AMOLED. Selain itu, vivo juga berhasil meramu vivo V30e sebagai smartphone yang ringan dan tipis meski harus menampung baterai besar 5.500 mAh. Ada dua pilihan warna yang disodorkan, yakni Banyu Biru dan Giri Merah, keduanya benar-benar bisa menonjolkan kesan smartphone yang stylish dan mewah.

Seperti telah disebutkan, vivo V30e menggendong baterai 5.500 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 44W. vivo pun masih melengkapinya dengan mode Super Battery Saver, yang menawarkan pemakaian baterai lebih panjang. Selain itu, vivo juga menghadirkan 4-Year Battery Health. Hal itu bertujuan untuk memastikan konsistensi dan optimalitas performa baterai hingga empat tahun penggunaan. Dengan begitu, kamu sebagai pengguna vivo V30e tetap bisa lebih tenang.

Jika kamu tertarik membeli vivo V30e, smartphone ini ditawarkan mulai dari Rp 4.699.000 untuk varian RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB. Sementara, varian tertinggi ditawarkan dengan harga Rp 4.999.000, dan kamu akan mendapatkan RAM 8GB yang berpasangan dengan penyimpanan internal 256GB. Terakhir, vivo menjanjikan akan memberikan dukungan update OS Android hingga 2 kali, dan yang tak kalah penting adalah security update hingga 3 tahun.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS