December 27, 2023

Daimler Truck Siap Uji Coba Truk Sel Bahan Bakar Hidrogen Mercedes-Benz GenH2

Penulis: Rizki R
Daimler Truck Siap Uji Coba Truk Sel Bahan Bakar Hidrogen Mercedes-Benz GenH2  

Mobitekno – Daimler Truck, pemimpin dalam industri otomotif, melangkah ke fase terbaru dalam mewujudkan visinya untuk mengurangi karbonisasi transportasi. Fokusnya saat ini adalah pengembangan truk bertenaga hidrogen, sebuah inovasi yang kini mencapai tahap penerapan langsung oleh pelanggan.

Sebagai langkah awal, Daimler Truck akan membentuk armada uji coba pertama untuk pelanggan Mercedes-Benz GenH2 Trucks. Pada pertengahan tahun 2024, perusahaan-perusahaan ternama seperti Amazon, Air Products, INEOS, Holcim, dan Wiedmann & Winz akan bergabung dalam uji coba pelanggan ini. Mereka akan memanfaatkan traktor semi-trailer bertenaga hidrogen, menjelajahi rute-rute khusus di Jerman, seperti pengangkutan bahan bangunan, kontainer laut, dan gas silinder.

Selama fase uji coba ini, Mercedes-Benz Trucks akan memastikan pengawasan langsung dan tanggung jawab terhadap Truk GenH2. Pengisian bahan bakar truk akan dilakukan di stasiun pengisian hidrogen cair umum yang ditentukan di Wörth am Rhein dan Duisburg.

Daimler Truck

Andreas Gorbach, Member of the Board of Management of Daimler Truck AG yang bertanggung jawab atas teknologi truk, mengungkapkan, “Dengan armada pertama yang ditujukan khusus pada pelanggan ini, truk dengan sel bahan bakar kami melalui proses pengujian yang sesungguhnya oleh pelanggan secara langsung di lapangan,”

Daimler Truck telah memilih menggunakan hidrogen cair dalam pengembangan teknologi penggerak berbasis hidrogen. Keputusan ini didasarkan pada kepadatan energi yang tinggi dan potensi pengurangan biaya transportasi. Ini memungkinkan transportasi hidrogen yang lebih efisien, meningkatkan jangkauan, dan memastikan kinerja truk setara dengan truk diesel konvensional.

Caroline Stancell, General Manager Air Product untuk Hydrogen for Mobility, Europe and Africa, menjelaskan bahwa perusahaannya berencana untuk mengubah seluruh armada globalnya menjadi kendaraan bertenaga hidrogen.

Daimler Truck

“Truk Mercedes-Benz GenH2 akan digunakan dalam armada kami yang sudah ada untuk mengangkut gas tabung, sehingga memungkinkan kami untuk mendapatkan pengalaman berharga di bidang transportasi gas industri. Kami juga bangga dapat menyediakan beberapa infrastruktur pengisian bahan bakar dan hidrogen yang diperlukan untuk Daimler Truck sebagai bagian dari uji coba. Stasiun pengisian bahan bakar bergerak terbaru kami untuk hidrogen cair akan digunakan untuk proyek di daerah Duisburg, sekaligus untuk membuktikan operasionalnya dalam kondisi nyata,” ujar Stancell

Perusahaan lainnya, yaitu INEOS dan VERVAEKE berniat menggunakan Truk Mercedes-Benz GenH2 ini untuk mengangkut PVC kering dalam sekala besar.

“Kami sangat senang dapat mendukung uji coba sel bahan bakar ini. Hidrogen adalah sumber energi yang mampu mengubah permainan di sector kami, mampu memajukan teknologi truk lebih jauh, dan membantu kita semua untuk mencapai masa depan tanpa emisi. Sebagai pengguna dan produsen hidrogen, INEOS berada dalam posisi yang unik sebagai pendukung transisi ini. Bersama dengan mitra transportasi kami, VERVAEKE, kami sangat senang dapat mendukung Daimler Truck AG,” kata Wouter Bleukx, Business Director Hydrogen di perusahaan INEOS Inovyn.

Menariknya, proyek ini akan menggunakan “teknologi sLH2” (sLH2 = hidrogen cair yang didinginkan) untuk pengisian bahan bakar. Teknologi ini, dikembangkan bersama dengan Linde, menawarkan kepadatan penyimpanan yang lebih tinggi dan pengisian bahan bakar yang lebih cepat, sekitar 10-15 menit. Proses pengisian bahan bakar ini akan pertama kali diterapkan di stasiun percontohan di Wörth am Rhein pada awal tahun 2024.

Daimler Truck

Sistem sel bahan bakar Truk GenH2 menghasilkan 300 kilowatt dengan tambahan baterai 70 kWh. Baterai ini, meskipun kapasitasnya relatif rendah, berfungsi untuk memberikan dukungan daya pada sel bahan bakar, terutama selama beban puncak dan saat mengemudi menanjak dengan muatan penuh.

Komitmen Daimler Truck untuk Masa Depan Transportasi Berkelanjutan

Daimler Truck berkomitmen untuk menciptakan masa depan transportasi berkelanjutan dengan truk bertenaga hidrogen, dan keterlibatan pelanggan serta mitra industri adalah kunci untuk meraih keberhasilan ini. Dengan fokus pada inovasi teknologi dan kolaborasi lintas sektor, Daimler Truck dan mitra menyongsong era transportasi tanpa karbon yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Baru-baru ini pada bulan September 2023, Daimler Truck berhasil mendemonstrasikan bahwa teknologi sel bahan bakar hidrogen dapat menjadi solusi yang tepat untuk merealisasikan permintaan dekarbonisasi transportasi jarak jauh secara. Prototipe Truk Mercedes-Benz GenH2 yang telah disetujui untuk digunakan di jalan umum telah menyelesaikan #HydrogenRecordRun Daimler Truck yang menempuh jarak 1.047 km dengan satu kali pengisian hidrogen cair. Perusahaan ini bertujuan untuk memperkenalkan versi seri Mercedes-Benz GenH2 Truck pada paruh kedua dekade ini.

Tags: , ,


COMMENTS