September 27, 2023

Honda Marine BF350: Mesin Tempel V8 Pertama Honda Meluncur di Ajang Genoa Boat Show 2023

Penulis: Iwan RS
Honda Marine BF350: Mesin Tempel V8 Pertama Honda Meluncur di Ajang Genoa Boat Show 2023  

Mobitekno – Honda Marine meluncurkan mesin kapal (mesin tempel) Honda BF350 berperforma tinggi V8 pada ajang Genoa Boat Show di Genoa, Italia tanggal 21-26 September 2023. Honda BF350 V8 merupakan mesin kapal paling bertenaga dan tangguh yang menawarkan optimalisasi mesin yang handal serta kenyamanan untuk pengemudi serta penumpangnya.

Honda sudah dikenal dengan mobilnya yang andal dan jet supercepatnya yang juga sangat ringan. Namun, jika Anda pecinta kapal atau perahu dan suka berlayar, ada kabar baik terbaru tentang Honda.

Honda Marine V8 engine 03

Produsen asal Jepang ini baru saja memperkenalkan mesin V8 empat langkah 5.0L SOHC VTEC BF350 baru dengan 350 tenaga kuda (HP). Mesin Honda Marine BF350 diklaim menawarkan tingkat kebisingan dan getaran/vibrasi yang rendah sekaligus menghadirkan suara baru yang khas dengan kinerja mesin mumupni dari sebuah mesin tempel.

Honda Marine BF350 juga hadir dengan desain baru yang khas, ramping dengan siluet yang selaras dengan air. Dibalut warna Aquamarine Silver atau Grand Prix White, kedua desain tersebut diembos dengan logo dan trim berlapis krom tiga dimensi yang sesuai dengan tampilan premium yang kuat.

Mesin V8 berbasis teknologi VTEC

Honda Marine BF350 memiliki fitur mode BLAST (Boosted Low SpeedTorque) dimana fitur ini memberikan akselerasi instan sekaligus bertenaga. Pada kecepatan konstan, ECMo akan aktif, dan sistem akan memberikan optimalisasi konsumsi bahan bakar yang digunakan.

Namun ketika tenaga ekstra diperlukan, VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) akan meningkatkan tenaga puncak, memberikan lonjakan akselerasi yang positif. Walaupun memiliki tenaga yang besar namun BF350 menawarkan tingkat kebisingan serta vibrasi yang sangat rendah serta kinerja yang memuaskan. Setiap fiturnya juga telah dirancang untuk mendukung kenyamanan di setiap perjalanan berlayar.

Honda Marine V8 engine 01

Untuk mendukung pengalaman berperahu, Honda Marine BF350 memiliki desain baru yang khas dengan dimensi yang ramping yang selaras ketika berada di dalam air. Mesin ini dibalut warna Aquamarine Silver atau Grand Prix White, kedua desain tersebut disematkan logo dan trim berlapis krom tiga dimensi dengan tampilan premium.

Selain memberikan tampilan yang premium, Honda Marine BF350 memiliki alat pengontrol dengan bentuk yang ergonomis serta pengoprasiannya yang nyaman diberbagai posisi genggaman. Alat kontrol tersebut memiliki panel multifungsi yang memiliki lima tombol dimana pengoprasian mesin ini dilengkapi oleh iST (Intelligent Shift and Throttle) untuk pengendalian dengan satu tuas yang mudah digunakan untuk perjalanan berperahu.

Katsuhisa Okuda selaku Chief Officer and President Honda Motor Europe mengatakan bahwa, “Pengenalan mesin baru yang memiliki tenaga maksimum 350 tenaga kuda ini merupakan sebuah perkembangan yang sangat penting bagi Honda Marine. Mesin ini menunjukkan komitmen Honda untuk meningkatkan pengalaman berlayar bagi para konsumen kami melalui teknik yang presisi serta dorongan untuk terus berinovasi.”

Fitur Honda Marine BF350

Honda Marine BF350 menawarkan sejumlah fitur pintar untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan kemudahan penggunaan, diantaranya fitur ‘Cruise Control’, ‘Tilt Limit’, dan ‘Trim Support’.

Fitur ‘Cruise Control’ menghadirkan pelayaran yang mulus dengan memperluas rentang kecepatan adaptif dari fungsi kontrol trolling konvensional. Cukup memilih mode Cruise Control pada tampilan dan sesuaikan kecepatan jelajah pada control head jika diinginkan.

Fitur ‘Tilt Limit’ menyediakan sudut trim default untuk menghindari trimming mesin secara manual saat melakukan docking. Untuk itu, tekan tombol fitur ini dan mesin secara otomatis menyesuaikan ketinggian yang telah ditentukan untuk menghindari goresan pada perahu atau mesin. Adapun Automatic Tilt (Kemiringan Otomatis) memberi opsi kemiringan penuh otomatis hanya dengan menekan dua kali tombolnya.

Fitur ‘Trim Support’ menyediakan 3 opsi preset (pengaturan awal) yang dapat disesuaikan untuk trimming mesin secara otomatis sekaligus membantu penghematan bahan bakar. Sensor O2 terintegrasi menyesuaikan konsumsi bahan bakar berdasarkan tingkat oksigen pada gas buang, mendeteksi dan mengoptimalkan efisiensi pembakaran.

Honda Marine V8 engine 02

Mesin tempel V8 ini juga didukung sistem kontrol BF350 baru yang lebih ergonomis untuk kemudahan pengoperasian. Kontrol ini menyediakan panel multifungsi 5 tombol yang intuitif, dan indikator posisi netral dengan visibilitas tinggi. Semuanya dibalut dengan lapisan kulit untuk kenyamanan saat digenggam.

Pengguna juga akan didukung iST (Intelligent Shift and Throttle) untuk membuat respons mesin elektronik yang presisi dalam mengendalikan beberapa mesin dengan satu tuas. Dengan demikian, kontrol kemudi menjadi lebih mudah dan sederhana dan bebas stres.

Honda Marine merupakan bagian dari divisi Honda Power Products yang sudah beroperasi sejak tahun 1953. Hingga saat ini, Honda telah memproduksi lebih dari 100 juta Power Products di seluruh dunia. Honda terus menjadi pemimpin dalam pengembangan mesin empat langkah yang rendah emisi, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan untuk digunakan pada motor tempel, generator, pompa air, mesin pemotong rumput, dan banyak aplikasi peralatan listrik lainnya.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS