March 26, 2023

Survei Agoda, Jepang Jadi Negara yang Paling Peduli dengan Upaya Berkelanjutan dan Konservasi Alam

Penulis: Desmal Andi
Survei Agoda, Jepang Jadi Negara yang Paling Peduli dengan Upaya Berkelanjutan dan Konservasi Alam  

Mobitekno –¬†Aplikasi perjalanan wisata, Agoda, kembali merilis hasil survei mereka yang terangkum dalam Sustainable impact Survey 2023. Survei ini menilai masalah upaya berkelanjutan dan konservasi alam dengan baik di tiap negara tujuan wisata. Dan hasilnya, Jepang menerima pengakuan global atas upaya keberlanjutan dan konservasinya. Negeri matahari terbit ini menjadi pilihan teratas para responden dalam Sustainable Impact Survey 2023 oleh Agoda saat diminta menyebutkan negara-negara yang melakukan upaya keberlanjutan dan konservasi dengan baik. Selanjutnya, Jepang diikuti oleh Singapura dan Korea Selatan.

Hasil survei yang dilakukan aplikasi Agoda ini juga sekaligus menandai dimulainya kampanye Eco Deals Agoda. Kampanye ini bertujuan untuk menggalang dana sebesar USD250.000 untuk inisiatif konservasi laut dan hutan WWF di seluruh India dan Asia Tenggara.

Dalam survei tersebut. lebih dari tiga belas ribu responden dari lebih dari sepuluh negara berpartisipasi dalam Sustainable Impact Survey 2023. Ketika memeringkat negara berdasarkan upaya keberlanjutan mereka, responden menghargai langkah-langkah konservasi negara asal mereka, dimana para responden rata-rata menempatkan negara mereka sendiri di posisi tiga besar.

Tujuh dari sebelas negara bahkan memberikan peringkat tertinggi untuk negara asalnya yaitu India (77%), Thailand (63%), Vietnam (62%), Australia (60%), Korea (58%), Indonesia (57%) dan Jepang (51%). Responden dari Indonesia menempatkan Indonesia sebagai pilihan utama, disusul Jepang dan Singapura.

“Keberlanjutan jelas ada di benak para wisatawan, dengan banyak yang menyadari langkah-langkah lingkungan yang diambil di negara asal mereka dan negara lainnya,” kata Enric Casals, Regional Vice-President Asia Tenggara dan Oseania di Agoda. “Selain itu, wisatawan mencari cara untuk meminimalkan jejak ekologis sambil membuat dampak positif pada tempat-tempat yang mereka kunjungi. Program Eco Deals Agoda bertujuan untuk memfasilitasi gerakan ini dengan memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk mendukung inisiatif konservasi hanya dengan sesederhana memesan akomodasi Eco Deal.”

Kampanye Eco Deals bertujuan untuk mengumpulkan USD250.000 untuk inisiatif WWF

Agoda juga menginformasikan bahwa akomodasi-akomodasi dari Thailand, Vietnam, Kamboja, dan India tahun ini bergabung dengan Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina yang sudah melakukan kampanye Eco Deals sejak 2022. Mereka bersama-sama berpartisipasi dalam kampanye 2023. Donasi ini akan mendukung kegiatan konservasi laut dan pelestarian alam lainnya di negara yang berpartisipasi, mulai dari pencegahan perdagangan satwa liar di Singapura, mendukung kegiatan pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia, dan mendukung konservasi gajah di Thailand.

Para wisatawan dapat berpartisipasi dalam kampanye Eco Deals dengan mengunjungi https://www.agoda.com/c/EcoDeals atau memesan akomodasi dengan badge Eco Deals di website atau aplikasi Agoda. Untuk setiap pemesanan,  Agoda mendonasikan satu dolar untuk inisiatif konservasi laut dan hutan WWF, dan wisatawan dapat menikmati diskon hingga 15%. Kampanye ini berlangsung hingga 2 September 2023, atau hingga target USD250.000 tercapai.



COMMENTS