August 24, 2023

Salesforce Perkenalkan Hyperforce di Indonesia, Infrastruktur Public Cloud yang Menggunakan AWS

Penulis: Desmal Andi
Salesforce Perkenalkan Hyperforce di Indonesia, Infrastruktur Public Cloud yang Menggunakan AWS  

Mobitekno – Salesforce, penyedia utama solusi manajemen hubungan pelanggan (CRM) berbasis kecerdasan buatan (AI), telah mengumumkan komitmennya di Indonesia dengan merilis entitas baru dan memperkenalkan Hyperforce, infrastruktur public cloud yang dibangun di atas Amazon Web Services (AWS). Langkah ini bertujuan untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi perusahaan di Indonesia dan mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

Pendirian entitas baru di Indonesia memungkinkan tim Salesforce untuk lebih dekat dengan pelanggan dan mitra di pasar tersebut, sambil memanfaatkan sumber daya manusia lokal. Keputusan ini datang pada saat yang strategis, ketika banyak perusahaan berusaha menjalankan transformasi digital untuk menangkap peluang baru dan memenuhi ekspektasi pelanggan dalam perekonomian yang berkembang pesat. Indonesia adalah kekuatan ekonomi digital di kawasan ASEAN, dan adopsi teknologi diharapkan mendorong perekonomiannya hingga USD 2,8 triliun pada tahun 2040, menurut Kementerian Keuangan.

“Kami meluncurkan entitas baru kami pada waktu yang sangat tepat bagi Indonesia dan kawasan yang lebih luas di ASEAN. Kami berharap dapat bekerja sama lebih erat dengan para pelanggan dan mitra kami untuk membantu lebih banyak perusahaan di Indonesia dalam memanfaatkan AI, data, dan CRM untuk mengambil peluang digital saat ini,” ujar Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, Salesforce ASEAN.

Salesforce telah membantu berbagai organisasi meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan pengalaman pelanggan melalui portofolio produk dan layanan mereka, termasuk Customer 360 yang menggabungkan kecerdasan buatan, data, dan CRM. Kemitraan dengan perusahaan-perusahaan seperti GoTo, Lion Parcel, Xendit, United Tractors, dan Kementerian Kesehatan Indonesia telah melaporkan hasil positif, seperti peningkatan produktivitas, penyelesaian masalah layanan yang lebih cepat, dan kepuasan pelanggan yang meningkat. Para mitra di Indonesia termasuk Deloitte, PwC, TMS, Metrodata, dan Trees Solutions.

Salesforce
Hyperforce masuk Indonesia

Hyperforce dari Salesforce masuk Indonesia

Hyperforce, yang dirancang di atas AWS, kini juga telah diperkenalkan di Indonesia. Konsep arsitektur platform ini dibangun dalam cloud publik guna membantu memperkuat kepercayaan pelanggan. Mengutamakan keamanan dan penyimpanan data, Hyperforce menyediakan solusi bagi organisasi regional dan global yang tunduk pada regulasi ketat, seperti sektor pemerintahan dan layanan keuangan. Melalui kemitraan dengan AWS, Hyperforce memungkinkan pelanggan Salesforce untuk dengan mudah menerapkan solusi seperti Sales Cloud dan Service Cloud, sambil meningkatkan interoperabilitas dengan AWS.

Salesforce
Sujith Abraham

Selain itu, Salesforce berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) untuk memperluas talenta di ekonomi digital Indonesia. Melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) KOMINFO, mereka menyediakan pelatihan dan kurikulum CRM, termasuk kemampuan Salesforce Administrator, Developer, dan App Builder. Pelatihan ini diselenggarakan di platform pembelajaran online Salesforce, Trailhead, dan melalui lokakarya yang dipandu oleh ahli. Kemitraan ini adalah bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan untuk mengatasi kekurangan keterampilan CRM di Indonesia.

Pada Maret 2023, perusahaan ini juga mengumumkan kemitraan dengan Nokentech untuk melatih 100.000 siswa di Indonesia dalam keterampilan CRM selama tiga tahun. Langkah ini bertujuan mendukung kesetaraan akses terhadap keterampilan digital, dengan tujuan menjadikan 50 persen siswa yang dilatih adalah perempuan.

Komitmen Salesforce di Indonesia mencerminkan tekad perusahaan untuk mengakselerasi transformasi digital di negara ini, memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk tumbuh dan beradaptasi dalam ekosistem ekonomi digital yang semakin dinamis.

Tags: ,


COMMENTS