March 17, 2023

Punya Bujet Rp 1 Miliaran dan Suka Touring? Moge Honda Gold Wing 1800 Sudah Resmi Hadir di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Punya Bujet Rp 1 Miliaran dan Suka Touring? Moge Honda Gold Wing 1800 Sudah Resmi Hadir di Indonesia  

Mobitekno – Meskipun belum banyak penampakannya di jalanan kota besar Indonesia, seri moge (motor gede) atau big bike Honda Gold Wing cukup populer di kalangan pengendara roda dua di Amerika Serikat dan Eropa yang gemar touring.

Honda Gold Wing dianggap menjadi salah satu motor touring terbaik yang menginspirasi banyak pengendara di seluruh dunia terutama untuk melakukan perjalanan lintas negara. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1975, Honda saat ini telah berhasil menjual lebih dari 640 ribu unit motor Gold Wing secara global.

Memasuki akhir kuartal pertama 2023, PT. Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan moge touring flagship terbaru Honda Gold Wing 1800 yang tetap mempertahankan konsep The Honda Premium Tourer sekaligus menyegarkan tampilan warnanya.

Tampilan depan Gold Wing 1800 terbaru menonjolkan kombinasi warna bodi dan cover lampu berkesan dual-tone. Kesan serupa juga dapat ditemui pada cover lampu utama yang menghadirkan ornamen elegan warna hitam. Boks penyimpanan kanan-kirinya uga dibalut dengan kekuatan warna merah yang senada dengan keseluruhan warna bodi.

Honda Gold Wing 1800 01

Honda Gold Wing 1800 02

Selain mempertahankan aerodinamika dan handling terbaik, Honda Gold Wing 1800 telah menggunakan kualitas material jok premium yang memberi kesan mewah dan berkelas, ditambah pegangan penumpang yang besar, memberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih nyaman.

“Hadirnya versi terbaru Honda Gold Wing 1800 yang semakin elegan dan berkelas semakin memberikan pilihan dan daya tarik tersendiri, didukung dengan layanan prima di 11 jaringan Big Wing Honda,” ujar Thomas.

Honda Gold Wing 1800 sudah mendukung koneksi dengan sistem Apple CarPlay dan Android Auto. Terdapat juga dua slot USB pada dashboard untuk pengisian baterai ponsel atau gadget lain serta speaker untuk menikmati musik di mana saja.

Honda Gold Wing 1800 mengadopsi mesin tangguh 1.833cc berpendingin cairan 6-silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan, menjadi ciri khas elemen utama dari karakternya yang kaya. Memiliki layout umum yang sama, mesin ini mampu menghasilkan maksimum power 93 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4.500 rpm. Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.

Rangkanya juga dirancang bisa bermanuver pada kecepatan rendah dan tetap stabil saat melaju dengan kecepatan tinggi. Rangkanya menggunakan tipe diamond twin tube dikombinasikan dengan lengan ayun (swingarm) aluminium agar ringan tapi tetap lincah.

Sistem suspensi depan menggunakan double-wishbone dan peredam shockbreaker Showa di depan dan belakang. Agar nyaman digunakan konfigurasi suspensi belakang Pro-Link dengan reaksi progresif. Pada model terbaru dilengkapi dengan lampu kabut di sisi depan mesin yang memberikan kesan mewah.

 

Honda Gold Wing 1800 03

Honda Gold Wing 1800 04

Sistem pengereman menggunakan kaliper depan serta rotor yang besar, yaitu 320mm. Model ini juga menggunakan sistem pengereman C-ABS yang diatur secara elektronik yang berfungsi untuk mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang.

Model ini dilengkapi dengan Honda Smart Key System yang menunjang kenyamanan dan keamanan pengendara. Keseluruhan pencahayaan sudah menggunakan LED untuk mendukung performa turing, melalui penggunaan rangkaian lampu depan yang berbentuk “wing lines” dan lampu sein yang juga memiliki fitur auto-cancel untuk memudahkan pengendara.

Kapasitas top box Honda Gold Wing 1800 sangat besar, mencapai 61 liter sehingga muat untuk dua helm full face atau barang lainnya. Sistem bagasi yang telah elektrik juga ada di bagian samping dengan kapasitas total 60 liter. Sistem Honda Smart Key dibutuhkan untuk membuka kunci bagasi, sehingga pengguna dapat mengakses bagasi secara lebih mudah.

Tempat duduk pengendara dan pembonceng Honda Gold Wing 1800 dibuat terpisah unutk menambah kenyamanan. Motor ini juga dilengkapi dengan sistem monitoring tekanan angin pada ban untuk kenyamanan turing yang lebih sempurna.

Honda Gold Wing 1800 memiliki fitur canggih, seperti throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan maksimal pengendaranya.

Tersedia mode riding yang sesuai kondisi perjalanan melalui tombol pada layar display berwarna 7-inci. Kecerahan layar dapat berubah otomatis sesuai kondisi cahaya (ada pilihan manual 8 tingkat kecerahan). Model ini juga dilengkapi dengan windscreen sehingga memberikan perlindungan yang baik dari angin saat melaju kencang.

Saat ini Honda Gold Wing 1800 baru hadir dengan pilihan warna Candy Ardent Red dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp 1.052.487.000. Tertarik melihat dan menjajalnya secara langsung? Model ini dipasarkan eksklusif di 11 showroom Big Wing Honda di 9 kota besar di Indonesia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS