January 11, 2023

Buat Yang Belum Kebagian Update ColorOS 13, Ini Cara Ceknya untuk Reno8 Series

Penulis: Desmal Andi
Buat Yang Belum Kebagian Update ColorOS 13, Ini Cara Ceknya untuk Reno8 Series  

Mobitekno – OPPO baru saja meluncurkan sistem operasi terbarunya ColorOS 13 secara global pada bulan Agustus 2022 lalu. Sistem operasi ini membawa beragam fitur canggih, tampilan baru dengan desain Aquamorphic, performa lebih efisien, hingga antarmuka yang sangat ramah pengguna. ColorOS 13 hadir pertama kali pada perangkat OPPO Find X2 Pro 5G, kini pengguna berangsur dapat menikmati peningkatan ColorOS 13 pada peranngkat Reno8 Series.

ColorOS 13 hadir mengadopsi fitur-fitur dasar Android 13, seperti fitur privasi dan keamanan serta tingkat kustomisasi yang lebih leluasa untuk diatur sesuai keinginan pengguna. Antarmuka sistem ColorOS 13 juga menyediakan berbagai fitur dan fungsi baru yang telah disesuaikan untuk mendukung produktivitas dan setiap aktivitas harian penggunanya.

Untuk memeriksa peningkatan ColorOS 13 pada perangkat Reno8 Series, pengguna dapat menuju opsi pengaturan dan memilih tentang perangkat dan kemudian menekan versi ColorOS. Peningkatan ColorOS13 akan dilakukan secara bertahan untuk setiap perangkat. Apabila perangkat Reno8 Series belum mendapatkan peningkatan ColorOS 13 terbaru, ada baiknya dapat memeriksa melalui OPPO System Upgrade Tools yang harus dipasang pada perangkat PC atau Laptop berbasis Windows.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu coba untuk peningkatan ColorOS 13 di OPPO Reno8 Series melalui OPPO System Upgrade Tools:

  1. Unduh aplikasi OPPO System Upgrade Tools di website resmi OPPO atau kunjungi tautan berikut https://www.oppo.com/en/rom/
  2. Install aplikasi OPPO System Upgrade Tools di komputer atau laptop berbasis Windows 7/8/10.
  3. Hubungkan perangkat OPPO Reno8 Series ke komputer atau laptop. Pastikan perangkat Reno8 Series yang dihubungkan telah mengaktifkan USB Debugging pada mode pengembang. Untuk mengaktifkan mode pengembang, kamu dapat masuk ke pengaturan kemundian menuju tentang perangkat dan memilih opsi versi. Ketuk 7 kali pada nomor kompilasi. Kembali ke pengaturan sistem, cari mode pengembang, temukan opsi “USB debugging” dan aktifkan.
  4. Setelah terhubung, aplikasi OPPO System Upgrade Tools akan melakukan Instalasi aplikasi OTA Assistant di perangkat Reno8 Series.
  5. Screenshot 20230111 095946 Docs

    Notifikasi peningkatan pada OPPO System Upgrade Tools⁹
  6. Pilih “Check the new version” atau “Periksa Versi Terbaru” untuk dapatkan update terbaru
  7. “Update Now” untuk update sistem ColorOS 13, aplikasi akan mengunduh sistem versi terbaru dan tunggu hingga proses unduh selesai
  8. Terakhir, aplikasi OPPO System Upgrade Tools akan mengirimkan sistem operasi yang telah diunduh ke perangkat Reno8 Series. Lanjutkan pada jendela Reno8 Series dan lalukan instalasi. Sekarang, kamu dapat menikmati ColorOS 13 terbaru di Reno8 Series.

Ketika selesai mengunduh OPPO System Upgrade Tools akan mengirimkan ColorOS 13 ke perangkat Reno8 Series.

Dari sejumlah pembaruan besar di ColorOS 13 terbaru, teknologi yang paling menarik adalah Dynamic Computing Engine yang berfungsi sebagai pusat komputasi tingkat sistem yang menggabungkan perangkat keras dan lunak untuk menghadirkan performa smartphone yang efisien dan optimal. Dengan kata lain, performa Reno8 Series dapat menjadi semakin halus dan lancar saat kamu menggunakan berbagai aplikasi secara bersamaan atau berpindah antar aplikasi.

Selanjutnya, ColorOS 13 juga menghadirkan fitur baru Multi Screen Interconnection untuk menghubungkan dua perangkat sekaligus seperti OPPO Reno8 Series dengan OPPO Pad Air atau OPPO Reno8 Series dengan PC atau laptop berbasis sistem operasi WIndows. Di sisi performa, OPPO juga mengembangkan inovasi teknologi yang dapat membuat ColorOS 13 memperpanjang daya tahan baterai Reno8 Series.

Tags: , , ,


COMMENTS