November 10, 2023

Hands on Garmin Venu 3 dan Venu 3s: Bukan Sekadar Smartwatch ‘Biasa’, Tapi Juga Pendamping Gaya Hidup Sehat

Penulis: Rizki R
Hands on Garmin Venu 3 dan Venu 3s: Bukan Sekadar Smartwatch ‘Biasa’, Tapi Juga Pendamping Gaya Hidup Sehat  

Mobitekno – Garmin senantiasa menyajikan inovasi terbaru dari jajaran smartwatch-nya. Lewat dua seri anyar, Garmin Venu 3 dan Venu 3S, Garmin membawa konsep smartwatch ke tingkat baru dengan fokus pada pemahaman diri dan kesehatan. Berbekal sejumlah fitur canggih, keduanya bukan hanya sekadar smartwatch ‘biasa’, melainkan mitra sehat dan aktif untuk perjalanan self-discovery penggunanya.

Hands on Garmin Venu 3 dan Venu 3s

Redaksi Mobitekno berkesempatan untuk melakukan hands on kedua produk tersebut. Dari segi desain, Garmin Venu 3 dan Venu 3s membawa desain simple dengan bobot yang relatif ringan. Dengan bobot 42gr untuk Venu 3, membuat pemakainya terasa seperti tak memakai jam tangan.

Garmin Venu 3 dan Venu 3s

Dari sisi fitur, kedua smartwatch ini dibekali fitur melimpah dalam konteks mendukung kesehatan dan kebugaran. Garmin Venu 3 dan Venu 3s sangat bisa diandalkan untuk memantau tubuh penggunanya dengan lebih intensif. Tidak hanya sekadar menghitung durasi tidur, Venu 3 dan Venu 3S bahkan memahami tidur penggunanya.

“Kedua seri Garmin ini dapat melacak kualitas tidur dan memberikan informasi mengenai seberapa banyak tidur yang kita butuhkan. Dengan demikian, kita dapat mengoptimalkan waktu tidur dan meningkatkan energi tubuh,” ungkap Chandrawidhi Desideriani, Marketing Communication Manager Garmin Indonesia kepada awak media dalam kesempatan hands-on Garmin Venu 3 Series, Kamis (9/11).

Selain pemantauan tidur, kedua smartwatch tersebut juga telah disematkan fitur-fitur 30+ aplikasi olahraga, latihan animasi, dan panduan Garmin Coach, yang sangat membantu penggunanya dapat berlatih secara terarah dan efektif. Dari semua fitur tersebut, Garmin membenamkan Descriptive Training Effect yang memberikan penjelasan detail mengenai dampak olahraga pada tubuh.

IMG 20231109 150215 scaled

Tak hanya mengoptimalkan kesehatan lahiriah, namun Garmin juga memperhatikan soal kesehatan batiniah (mental/psikis). Maka, fitur meditasi pada Venu 3 dan Venu 3S membimbing penggunanya dalam meditasi dengan suara menenangkan. Sambil meditasi, smartwatch memantau detak jantung, tingkat stres, dan pernapasan, memberikan gambaran komprehensif mengenai kesehatan tubuh.

Baik Garmin Venu 3 maupun Venu 3s juga memberikan kemudahan panggilan dan membalas pesan singkat. Itu berkat built-in speaker dan mikrofon yang telah terpasang sehingga memungkinkan penggunanya menerima dan melakukan panggilan langsung dari pergelangan tangan.

“Panggilan dapat dilakukan dengan mudah melalui dial pad yang muncul di layar smartwatch, menambah kenyamanan pengguna,” terang Chandrawidhi.

Satu hal yang menarik, Venu 3 dan Venu 3S melacak gerakan dan menawarkan latihan bawaan khusus bagi pengguna kursi roda, yang disebut wheelchair mode. Dengan memilih user profile demikian, maka jam tangan pintar ini akan menyesuaikan menu latihan dan pelacakan gerakan yang berbeda.

“Dengan segudang fitur yang ada pada Venu 3 Venu 3s membuat jam tangan ini lebih mengenal atau memahami apa yang dibutuhkan diri kita, daripada diri kita sendiri,” ucap Chandrawidhi.

Dari sisi daya tahan baterai, Venu 3 sanggup bertahan hingga 14 hari, sedangkan Venu 3s bisa bertahan selama 11 hari. Keduanya siap menemani berbagai aktivitas harian Anda.

IMG 20231109 153743 scaled

Fitur Unggulan yang Membuat Beda

1. Sensor OHR Generasi 5

Dengan Garmin Elevate Gen 5, sensor ini memiliki lebih banyak green light channel, meningkatkan akurasi pengukuran. Sensor OHR Gen 5 memiliki 6 titik LED hijau, 2 titik LED orange, dan 4 reseptor, memberikan data lebih akurat.

2. Pemantauan Kualitas Tidur

Fitur Sleep HRV dan Sleep Result memberikan pemahaman lebih baik tentang kualitas tidur. Dukungan dari Sleep Coach membantu Anda meraih tidur berkualitas dengan saran yang dipersonalisasi.

3. Animasi Latihan

Pre-loaded workout animation memberikan gambaran gerakan latihan dengan jelas. Sementara Muscle Map memperlihatkan otot mana yang terlibat dalam latihan Strength.

4. Wheelchair Mode

Khusus untuk pengguna kursi roda, analisis dorongan dan aktivitas disesuaikan dengan mode ini. Ini termasuk pemantauan harian, peringatan perubahan berat badan, dan latihan yang sesuai.

Baterai Tahan Lama

Dengan masa pakai baterai hingga 14 hari pada Venu 3 dan 10 hari pada Venu 3S, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya. Ini membuatnya ideal untuk menemani gaya hidup sibuk.

Dengan Venu 3 dan Venu 3S, Garmin menetapkan standar baru untuk smartwatch yang bukan hanya alat teknologi, tetapi sahabat sehat dan penunjuk jalan menuju diri yang lebih baik. Anda bisa mengenal diri Anda dengan lebih baik dengan Garmin Venu 3 dan Venu 3S.

IMG 20231109 153649 scaled

Garmin vívoactive 5

Selain meluncurkan Venu 3 Series, Garmin juga meluncurkan vívoactive 5 sebagai jam tangan cerdas kesehatan dan kebugaran terlengkap di segmen harga Rp 4 jutaan. Namun berbeda dari Venu 3 Series, seri vívoactive 5 hanya memiliki satu ukuran, yakni 41mm.

Perbedaan dengan Venu 3 Series, adalah di vívoactive 5 belum tersedia fitur panggilan suara maupun asisten virtual. Material bezel vívoactive 5 juga terbuat dari anodized aluminum dan material fiber yang diperkuat polimer pada case-nya sehingga membuatnya sangat ringan, hanya 36 gram. 

Tags: , , , ,


COMMENTS