May 8, 2023

Pandemi Berakhir, WFH Tetap Populer, Apakah Anda Sudah Siap Kerja WFH Tapi Tetap Produktif?

Penulis: Desmal Andi
Pandemi Berakhir, WFH Tetap Populer, Apakah Anda Sudah Siap Kerja WFH Tapi Tetap Produktif?  

Mobitekno – Pandemi Covid-19 ternyata membuka mata banyak pihak bahwa bekerja itu tidak selalu dilakukan dari kantor yang tertutup. Dengan teknologi internet yang semakin kencang, pilihan bekerja secara online menjadi hal menarik. Saat ini, banyak perusahaan di Indonesia yang sudah menerapkan sistem WFH atau hybrid working untuk mempermudah pekerja mereka dalam bekerja. Hal ini membuat pekerja bisa lebih fleksibel dan bekerja dari mana saja sesuai dengan kenyamanan mereka.

Menjalani pekerjaan dari rumah atau WFH memang sedang populer saat ini. Ada banyak keuntungan dalam bekerja dari rumah, seperti fleksibilitas waktu dan mengurangi biaya transportasi dari rumah ke kantor. Namun, ekosistem pekerjaan seperti ini memiliki tantangan sendiri agar karyawan di Indonesia tetap bisa bekerja lebih efisien dan produktif tanpa harus ke kantor.

Mengenal Apa Itu WFH?

Work from home atau WFH adalah suatu sistem di mana para karyawan bisa bekerja secara online dan menyelesaikan pekerjaan mereka dari rumah tanpa harus datang ke kantor. Sementara hybrid working adalah sistem di mana pekerja bisa memilih untuk bekerja baik dari rumah atau kantor.

Kedua sistem kerja ini tentunya sangat membantu bagi karyawan yang memiliki kebutuhan untuk bekerja dari rumah, misalnya supaya bisa sambil menjaga anak yang masih butuh bimbingan orangtua. Namun, di sisi lain ada juga pekerja yang lebih nyaman bekerja di kantor, sehingga mereka bisa memilih sistem hybrid working.

Daftar Perusahaan yang Menerapkan WFH

Mungkin kamu sudah sering mendengar jika industri teknologi dan start-up adalah 2 jenis perusahaan yang cukup gencar menerapkan WFH maupun hybrid working. Bukan hanya itu, perusahaan yang bergerak di bidang kreatif seperti desain dan produksi juga banyak yang mengaplikasikan sistem ini. Beberapa perusahaan dalam bidang pendidikan dan customer services juga mulai menggunakan sistem ini untuk mempermudah para pekerja mereka.

Tantangan Ketika Harus Kerja Online

Sebagaimana yang kita tahu, WFH memberikan kebebasan bagi para pekerja untuk bekerja dari mana saja, selama masih bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Namun, ada juga hal yang bisa membuat pekerjaan dari rumah jadi sedikit sulit, seperti kegiatan yang mungkin mengharuskan karyawan untuk ke luar rumah, ataupun urusan cetak-mencetak dokumen. Tapi, tenang saja, karena semua pasti ada solusinya.

Dengan adanya sistem kerja WFH, tentunya membuat perusahaan teknologi dan start-up harus beradaptasi dan meningkatkan kapasitas mereka dalam menyediakan perangkat yang memenuhi kebutuhan para pekerja. Bahkan, sudah umum jika ada perusahaan yang memberikan laptop untuk digunakan karyawannya di rumah. Intinya, mereka berusaha untuk membuat perangkat-perangkat kerja dari rumah lebih mudah digunakan dan efisien, sehingga para pekerja dapat bekerja dengan nyaman dan produktif meski dari rumah.

Tips Agar Kerja Online Tidak Terhambat

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu karyawan tetap produktif saat bekerja dari rumah:

  1. Buat jadwal kerja yang teratur. Mentang-mentang WFH, jangan sampai telat hadir ke online meeting ya. Tentukan waktu mulai dan selesai bekerja, serta waktu untuk istirahat dan makan. Hindari kerja bersamaan dengan aktivitas lain, seperti nonton televisi, berkomunikasi dengan teman, atau memasak. Supaya lebih fokus, gunakan ruang kerja khusus yang terpisah dari ruang tamu atau tempat tidur, agar tidak terganggu dan lebih fokus bekerja. Jangan lupa untuk beristirahat dan melakukan olahraga secara teratur, untuk menjaga kesehatan dan konsentrasi.
  2. Atur pembagian tugas dan tanggung jawab
    Ingat, karena kamu tidak datang ke kantor, otomatis semua komunikasi hanya dijalankan melalui email, aplikasi pemantau kerja (seperti Trello atau Slack), dan group chat seperti Whatsapp. Jadi, pastikan semua perintah dan koordinasi benar-benar tersampaikan dengan jelas, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan efisien dan tepat waktu. Jangan lewatkan kesempatan untuk bersosialisasi dan berkoordinasi dengan rekan kerja dan atasan, untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar dan target tercapai. Selain itu, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan kalau kamu menemui kendala atau masalah saat bekerja.
  3. Gunakan peralatan kerja khusus WFH. Sudah pasti, bekerja online dari rumah kamu akan membutuhkan device seperti komputer atau laptop, printer, dan juga sambungan internet yang stabil. Misalnya, jika di kantor kamu harus mencetak berkas penting seperti proposal, laporan, dan dokumen lain, kini ketika bekerja dari rumah, kamu mungkin tidak memiliki akses ke printer di kantor. Dalam situasi ini, printer wireless sangat berguna karena kamu juga bisa mencetak dari ruangan yang berbeda. Apalagi, printer wireless zaman sekarang sudah bisa tersambung dengan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.
printer
Printer, salah satu produk penunjang sistem kerja WFH dan Hybrid

Menjalankan pekerjaan dari rumah (WFH) memang sangat menguntungkan bagi banyak orang di Indonesia. Namun, untuk memastikan kerja online-mu dapat berjalan dengan lancar, penting untuk diingat agar kamu selalu memastikan bahwa perangkat-perangkat yang digunakan seperti laptop, webcam, printer, dan router atau modem internet berfungsi dengan baik. Dengan begitu, sebagai karyawan kamu tetap bisa menjalani pekerjaan dengan produktif dan efisien meski tidak perlu ke kantor setiap hari. Semangat kejar cuan dari rumah!

 

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS