October 5, 2023

Inchcape Tuntaskan Akuisisi Mercedes-Benz Indonesia, Operasi Distribusi dan Perakitan Kini Diambil Indomobil

Penulis: Rizki R
Inchcape Tuntaskan Akuisisi Mercedes-Benz Indonesia, Operasi Distribusi dan Perakitan Kini Diambil Indomobil  

Mobitekno – Inchcape Plc (Inchcape), distributor otomotif terdepan di dunia, belum lama ini mengumumkan bahwa akuisisi operasi perakitan dan distribusi Mercedes-Benz Indonesia sudah diselesaikan. Mulai 2 Oktober 2023, operasi PT Mercedes-Benz Indonesia (produsen kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia) dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (importir kendaraan CBU dan distributor kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia) telah dialihkan ke Inchcape Indonesia.

Operasi akan dikelola Inchcape dalam usaha patungan (joint­ venture) bersama mitra lokalnya, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil). Usaha patungan ini menggabungkan keahlian global terdepan Inchcape dalam keunggulan distribusi serta kapabilitas digital dan data dengan keahlian lokal Indomobil.

Amanda Zhang, CEO & President Mercedes-Benz and Head of Region SEA II, menerangkan, “Pasar Indonesia tetap menjadi pasar yang penting bagi kami, dan kami menargetkan perkembangan yang semakin besar dengan memprioritaskan pengalaman pelanggan yang mewah pada masa transformasi dengan elektrifikasi dan digitalisasi,”

“Bersama Inchcape Indonesia dan Indomobil, kami memiliki mitra berpengalaman untuk melampaui harapan pelanggan kami dan membantu kami dalam melanjutkan perjalanan Mercedes-Benz Indonesia yang penuh keberhasilan,” ujar Amanda.

Mercedes-benz Indonesia

Inchcape memiliki saham 70% dan Indomobil 30%. Perjanjian ini akan memperluas kerja sama distribusi Inchcape dan Indomobil di Indonesia, terus membangun kehadiran Inchcape yang kuat dan senantiasa berkembang di Indonesia.

Setelah Akuisisi Mercedes-Benz Indonesia

Inchcape berkomitmen untuk melanjutkan operasi Mercedes-Benz di Indonesia. Pelanggan akan terus mendapatkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik sebagaimana telah diberikan oleh Mercedes-Benz selama bertahun-tahun.

Kegiatan produksi di pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor akan terus berjalan tanpa gangguan. Karyawan akan tetap bekerja dan diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaannya saat ini di bawah kepemilikan baru; semua kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku.

Mercedes Benz 00

Ruslan Kinebas, Inchcape’s APAC CEO, mengatakan, “Kami senang bisa menyelesaikan akuisisi Mercedes-Benz Indonesia, memperluas kemitraan global kami dengan Mercedes-Benz. Kami telah meraih keberhasilan bersama Mercedes-Benz sebagai mitra di wilayah Amerika dan yang terbaru di Filipina. Indonesia adalah pasar prioritas bagi Inchcape dan saya semangat akan kesuksesan bersama Mercedes-Benz ke depannya di Indonesia,”

Sementara itu, Khoo Shao Tze, President Director of Inchcape Indonesia, menjelaskan, “Mercedes-Benz telah menjadi merek kendaraan mewah nomor satu di Indonesia selama bertahun-tahun. Inchcape bersemangat untuk melanjutkan keberhasilan ini dan juga mengembangkan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia,”

“Penambahan Mercedes-Benz ke dalam portofolio merek kami di Indonesia adalah langkah penting dalam mencapai ambisi kami untuk menjadi mitra utama dalam perjalanan Indonesia ke era energi baru dan menjadi pemain penting dalam segmen premium mass to luxury,” ujar Shao Tze.

Mercedes-Benz Dealer PT. Thamrin CItra Abadi

Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur Indomobil, menambahkan, “Kami bangga bisa memiliki Mercedes-Benz sebagai bagian dari portofolio merek otomotif kami. Dengan menggabungkan pengalaman dan keahlian kami di pasar Indonesia dengan kapabilitas global milik Inchcape, kami yakin merek Mercedes-Benz akan berkembang dan menjadi semakin besar di Indonesia,”

Tags: , , , ,


COMMENTS