May 2, 2023

Pamer Sistem e-Corner, Mobil Hyundai Dapat Berputar 180 Derajat dan Bergeser Menyamping

Penulis: Iwan RS
Pamer Sistem e-Corner, Mobil Hyundai Dapat Berputar 180 Derajat dan Bergeser Menyamping  

Mobitekno – Pada ajang Consumer Electronic Show 2023 di Las Vegas, Hyundai melalui sub divisinya, Hyundai Mobility Beyond Integrated Solution (MOBIS) memamerkan teknologi kemudi canggih yang disebut e-Corner System. Dengan e-Corner, pengemudi mobil dapat melakukan manuver mobil dengan mudah tanpa harus memiliki kecapakan mumpuni.

Menurut Hyundai, MOBIS e-Corner System ini merupakan gabungan beberapa fitur dalam modul paket all-in-one yang terdiri dari electric damper, brake by wire, steer by wire, dan in-wheel motor yang dipasangkan pada setiap roda.

Hyundai e corner system 05

Anak perusahaan Hyundai Motor Group tersebut memasangkan e-Corner pada Hyundai Ioniq 5 yang sudah dimodifikasi untuk mendemonstrasikan fiturnya, seperti parkir paralel di ruang sempit hingga membuat mobil dapat berputar sebanyak 180 derajat.

Penerapan lain dari Sistem e-Corner yang didemonstrasikan dalam video adalah “Diagonal Driving”, dimana keempat roda dapat berputar hingga 30 derajat. Sehingga, mobil bisa berpindah jalur dengan cepat secara lurus.

Hyundai e corner system 04

Hyundai e corner system 02

Fitur yang dianggap bakal banyak berguna adalah “Crab Driving”. Pasalnya pengemudi akan sangat memudahkan pengemudi saat parkir karena tinggal “menggeser” mobil masuk ke ruang parkir tanpa perlu repot melakukan manuver maju dan mundur. Disebut “Crab Driving” karena mobil dapat berjalan miring bagaikan kepiting.

Ada pula fitur “Zero Turn” dimana roda depan dan belakang akan berputar 45 derajat sehingga mobil mampu berputar 360 derajat, alias memiliki radius putar 0, cocok untuk di area yang sempit.

Terakhir, ada “Pivot Turn” yang memungkinkan pengemudi memilih titik poros tengah mana yang akan dipakai, seperti menggambar lingkaran menggunakan alat tulis jangkar.

Hyundai e corner system 01

Hyundai e corner system 03

“Kami ingin mengidealkan e-Corner system untuk memenuhi tuntutan mobilitas masa depan. Kami akan mengamankan berbagai jenis solusi mobilitas khusus yang dapat diterapkan dalam mengemudi otonom dan PBV untuk memperkuat visi kami dalam mencapai ketinggian baru sebagai penyedia platform mobilitas,” Cheon Jae-seung, kepala Future Technology Convergence Institute (FTCI) di Hyundai Mobis.

Meski baru berstatus prototipe, Hyundai berjanji akan menerapkan teknologi e-Corner system ini pada beberapa mobilnya mulai tahun 2025 mendatang.
Teknologi manuver roda yang fleksibel ini bukan pertama kali dibuat oleh Hyundai.

Beberapa pihak sudah menawarkan inovasi tersebut meski dengan cara berbeda, seperti di Paris, Prancis (1927) pada roda depan dan di Amerika Serikat (1930 dan 1950) untuk membantu pengemudi mobil saat ingin parkir.

Hyundai Mobis juga mengatakan bahwa mereka akan terus melakukan pengembangan berbagai komponen penting lainnya selain teknologi kemudi dan pengereman. Salah satu yang menjadi fokus adalah teknologi konektivitas dan elektrifikasi, agar semua fitur di dalam mobil mereka dapat terkoneksi satu sama lain.

Tags: , , , ,


COMMENTS