June 1, 2023

Dukung Platform Modern Saat Ini, MediaTek Kembangkan Dimensity 9200+, Genio,  dan Kompanio

Penulis: Desmal Andi
Dukung Platform Modern Saat Ini, MediaTek Kembangkan Dimensity 9200+, Genio,  dan Kompanio  

Mobitekno – Tantangan industri semikonduktor di zaman digital seperti saat ini kini semakin tinggi, mengingat semakin banyaknya perangkat mobile yang dikembangkan oleh banyak perusahaan. Berbagai aspek bisnis bahkan semakin mengandalkan perangkat mobile untuk menjalankan bisnisnya. Oleh sebab itu, MediaTek, perusahaan semikonduktor yang telah berpengalaman hingga saat ini terus berinovasi guna mengatasi tantangan ini. Untuk itulah, dalam sebuah acara media Gathering yang dilakukan pada akhir 25 Mei 2023, MediaTek menjelaskan tentang pertumbuhan bisnisnya yang cukup berkembang dan inovasi-inovasi yang telah dilakukannya untuk menjawab tantangan bisnis di era modern.

Pada tahun 2021 sendiri, MediaTek berhasil mempertahankan pangsa pasar di atas 35% dan tetap menjadi pemimpin pasar, meskipun mengalami penurunan sedikit dalam pangsa pasar akibat kelangkaan semikonduktor dalam teknologi 4G. MediaTek mencatat pertumbuhan pendapatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, yang didorong terutama oleh bisnis mobile dan 5G. Perusahaan ini berhasil mempertahankan posisi kepemimpinan pasar dan telah memperluas keberadaannya ke sektor-sektor baru, termasuk notebook, Chromebook, dan IoT.

“MediaTek dengan bangga menempati posisi sebagai pemasok nomor satu di dunia untuk SoC dan prosesor aplikasi telepon seluler. Perusahaan ini telah memegang posisi ini selama kurang lebih tiga tahun, yang menunjukkan keberhasilan dan dominasi pasar yang konsisten,” ujar Finbarr Moynihan, Vice President, Corporate Marketing, MediaTek.

WhatsApp Image 2023 05 25 at 10.43.04 PM
MediaTek Media Gathering

MediaTek Genio dan Kompanio

Salah satu inovasi yang dikembangkan MediaTek adalah menyediakan platform untuk kebutuhan perangkat IoT. Sejak beberapa bulan lalu, MediaTek pun terus mengembangkan SoC mereka yang didesain untuk perangkat IoT melalui MediaTek Genio. Chipset ini didesain memiliki banyak fitur berperforma tinggi untuk kebutuhan perangkat IoT yang keberadaannya semakin populer. Mulai dari fitur keamanan, koneksi Wi-Fi, hingga AI diterapkan dalam chipset ini.

Kompanio

Di dalam platform Genio ini, MediaTek sendiri menawarkan enam keunggulan yang sudah dikembangkannya selama ini. Keenam fitur unggulan ini adalah:

  1. High performance Low Power, yang dapat meningkatkan faktor efisiensi penggunaan daya tanpa mengurangi kinerja dalam multi-core di chipsetnya.
  2. Product Longebity, dimana MediaTek menyediakan dukungan yang lama untuk update produknya ini, termasuk juga patch keamanannya.
  3. Konektivitas, MediaTek menyediakan koneksi lebih luas melalui teknologi Wi-Fi dan 5G dalam platform Genia. Ini memungkinkan perangkat IoT bisa terhubung dimanapun ia berada tanpa ada halangan konektivitas.
  4. Dukungan AI dan Multimeria, MediaTek juga menyematkan core APU dan AI Accelerator guna meningkatkan kinerja perangkat terutama dalam pengembangan AI.
  5. Keamanan, Chipset (SoC) dari MediaTek ini juga didukung dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan faktor kepercayaan konsumen.
  6. Satu platform untuk banyak aplikasi, Walaupun dalam platform Genio, namun SoC ini juga mendukung banyak aplikasi sehingga bagi perusahaan perangkat IoT bisa lebih mengembangkan prduknya tanpa harus mengeluarkan biasa R&D yang besar. Ini juga bisa meluaskan pasar penjualannya di masyarakat.

Selain genio, mediaTek juga mengembangkan platform Kompanio untuk kebutuhan perangkat Chromebook yang keberadaannya juga semakin populer. Menyikapi keadaan pasar yang cukup beragam, untuk platform Kompanio ini, mediaTek membaginya dalam tiga segmen pasar, yaitu Premium, Mid-Tier, dan Entry Level. Untuk pasar Premium, Ada MediaTek 1200/1380 series. Sementara untuk paar menengah (Mid-Tier), MediaTek memiliki Kompanio 820/828 series. Dan terakhir untuk segmen entry, ada Kompanio 500 dan Kompanio 520/528 Series.

Kompanio 530/528 series sendiri, walaupun berada di entry level, memiliki kinerja yang tinggi. SoC ini bisa meningkatkan kinerjanya hingga 80% dalam mode single Core processing. Sementara untuk mode multi -core, kinerjanya meningkat 15% lebih cepat dari platform sebelumnya. Untuk GPU-nyajuga memiliki kinerjaa 20% lebih cepat dari sebelumnya.

Dimensity 9200+

Di kesempatan yang sama, MediaTek juga memperkenalkan chipset terbaru mereka yaitu MediaTek 9200+. Ini adalah pengembangan dari chipset MediaTek 9200 series yangf sudah dirilis pada tahun lalu. Berbagai perangkat terbaru pun sudah menggunakan chipset ini, seperti pada produk OPPO terbaru, yaitu OPPO Find N2 Flip.

MediaTek Dimensity 9200+ sendiri menggunakan fabrikasi 4nm generasi kedua dan juga dilengkapi dengan GPU Arm Immortalis G715 MC11.  Selengkapnya bisa dilihat pada detail berikut ini:

mediatek

MediaTek memang telah melakukan investasi besar-besaran di lini produk untuk mendukung telepon seluler, terutama yang mencakup teknologi 4G dan 5G. Bahkan, Di segmen 5G, produk Dimensity MediaTek telah mendapatkan perhatian, dengan produk flagship seperti Dimensity 9000 dan 9200 mencapai kesuksesan yang signifikan.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS